Berapa Jumlah Manusia yang Pernah Hidup di Bumi?

‘Penghitungan dilakukan melalui estimasi jumlah penduduk sejak 50.000 tahun sebelum Masehi. Yaitu sejarah kemunculan manusia sejak Homo Sapiens. “Bila ditotal, didapat sekitar 108,2 miliar manusia yang pernah lahir di bumi sejak sejarah manusia,” beber Carl Haub dari PRB, tahun lalu.’

PENDUDUK dunia saat ini berjumlah sekitar 7,6 miliar. Jumlah itu adalah hitungan manusia yang hidup. Yang menarik, bagaimana bila jumlah total manusia yang sudah mati termasuk Adam, ikut juga dihitung. Berapakah jumlah manusia yang pernah hidup di bumi?

Suatu lembaga di Amerika Serikat, Population Reference Bureau (RPB), meyakini telah berhasil menemukan rumus untuk menghitung perkiraan total manusia yang pernah berdiam di bumi.

BACA JUGA:

Penghitungan dilakukan melalui estimasi jumlah penduduk sejak 50.000 tahun sebelum Masehi. Yaitu sejarah kemunculan manusia sejak Homo Sapiens. “Bila ditotal, didapat sekitar 108,2 miliar manusia yang pernah lahir di bumi sejak sejarah manusia,” beber Carl Haub dari PRB, tahun lalu.

Jika jumlah manusia yang sekarang masih hidup tidak dihitung, yakni 7,6 miliar, maka manusia yang sudah mati ditaksir mencapai 100 miliar lebih, atau 14 kali lipat orang yang masih hidup saat ini.

Dari tabel yang dipaparkan Haub, pertumbuhan penduduk menurun sejak tahun 1 setelah Masehi sampai 1659. Namun mulai tahun 1850, populasi manusia makin meningkat sampai 6 kali.

“Pada tahun 50.000 sebelum Masehi, hanya ada dua manusia. Kita tahu itu siapa (Adam dan Hawa). Pada 8000 sebelum Masehi, 5 juta populasi. Kemudian tahun pertama setelah Masehi, ada 300 juta penduduk. Seterusnya sampai 2011 dengan populasi berjumlah 6,9 miliar,” ujar Haub.

BACA JUGA:

Adapun, jumlah kelahiran di tahun 1 setelah Masehi mencapai 80 kelahiran untuk setiap 1.000 orang. Namun angka ini terus turun setiap periodenya. Kemudian 2011, angka kelahiran tinggal 23 orang per 1.000 orang. Perhitungan ini sendiri ia akui, memang menjadi perdebatan.(red)

DOWNLOAD DATA 29

This website uses cookies.