Jumlah Pemeluk Agama Terbanyak di Dunia

‘Melihat tren pertumbuhan ini, banyak pakar demografi memprediksi, dalam kurun waktu 50 sampai 100 tahun mendatang, jumlah pemeluk Islam Muslim akan melampaui Kristen’

KRISTEN masih menjadi agama dengan jumlah pemeluk agama terbanyak di dunia. Sementara India akan mengalahkan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk Islam terbanyak di dunia. Bagaimanakah angka sekarang dan nanti?

Jumlah penduduk dunia tumbuh pesat, demikian pula jumlah pemeluk agamanya. Kristen masih mendominasi sebagai agama dengan pemeluk terbanyak di dunia.

Walaupun jumlahnya terus tumbuh, tetapi banyak negara maju mayoritas Kristen telah tegas menerapkan kebijakan pembatasan anak. Seiring itu, masyarakat Kristen barat diserbu dengan ateisme. Banyak pemeluk agama yang akhirnya memutuskan tak bertuhan akibat dari berkembangnya paham liberal di sana.

BACA JUGA: Penduduk Terbanyak Dunia, Negara Ini Bakal Kalahkan Cina. Posisi Indonesia?

Di sisi lain, agama Islam tumbuh dengan pesat karena tingkat kelahiran yang tinggi. Rata-rata jumlah anak perempuan Islam adalah yang paling banyak dibanding agama lain. Persentase perempuan subur Islam juga akan lebih banyak dari Kristen.

Melihat tren pertumbuhan ini, banyak pakar demografi memprediksi, dalam kurun waktu 50 sampai 100 tahun mendatang, jumlah pemeluk Islam Muslim akan melampaui Kristen.

Hanya saja, negara dengan mayoritas Islam bakal menghadapi tantangan serius akibat peningkatan jumlah penduduk yang pesat ini.

Karena di saat jumlah penduduk terus tumbuh, sumber daya bumi malah kian terkuras. Negara atau wilayah mayoritas agama Islam harus berpikir bagaimana menyediakan sumber daya untuk menghidupi penduduk yang terus bertambah.

BACA JUGA:  Jumlah Penganut Agama di Indonesia Tiap Provinsi

Bila tidak, jumlah penduduk yang melimpah malah hanya akan menjadi musibah. Karena bisa memicu perang, kemiskinan, pengangguran, kekerasan, kelaparan dan berbagai akibat lain.

Berdasarkan data dari berbagai referensi, jumlah pemeluk agama pada tahun 2010 adalah Kristen 2,2 milyar (31,50 %), Islam 1,6 milyar (22,32 %), sekuler/ateis 1,1 milyar (15,35 %), Hindu 1 milyar (13,95 %), Tradisional China 39 juta (5,50 %), Buddha 376 juta (5,25 %), agama tradisi 300 juta (4,99 %), Yahudi 14 juta (0,20 %), dan lain-lain 100 juta (0,81 %). Total 7,167 milyar (100 %).

BACA JUGA: Jumlah Penduduk Indonesia 2017 Terbaru

Conrad Hackett dari Pew Research Center Amerika Serikat memperkirakan, selambat-lambatnya pada 2070, jumlah pemeluk Islam akan menyamai atau bahkan melampaui Kristen.

Menurutnya, kini Islam adalah agama yang paling cepat berkembang di dunia. Ini terutama karena tingginya angka kelahiran dan jumlah penduduk muda. Tapi bukan karena banyaknya orang yang pindah agama.

Survei itu juga menunjukkan, jumlah umat Kristen juga akan tetap meningkat. Sementara Budha, akan tetap konstan, yaitu sekitar setengah miliar orang.

Menurut pakar ilmu demografi Inggris, Prof David Voas, jumlah yang lebih besar tidak menjamin dominasi agama. “Terpenting adalah produktivitas ekonomi dan budaya. Apakah negara mampu memanfaatkan jumlah pemeluk agama menjadi kekuatan?” kata Voas.(red)

DOWNLOAD DATA 32

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*