Jumlah Penduduk Sulut Tidak Sampai Satu Persen Populasi Indonesia

‘Walaupun terus bertumbuh, laju pertumbuhan penduduk di Sulut juga tidak secepat provinsi lain. Bahkan pada tahun 2035, diproyeksikan jumlah penduduk Sulut akan dilampaui Kepulauan Riau’

PROYEKSI Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, tahun 2017 ini jumlah penduduk Sulut (Sulawesi Utara) sebanyak 2,4 juta lebih. Angka ini rupanya tidak sampai satu persen dari total populasi Indonesia yang berjumlah 261 juta jiwa.

Penduduk Sulut hanya sebesar 0,94 persen dan berada di urutan 25 provinsi dengan populasi terbanyak se-Indonesia. Bila dipetakan, Bumi Nyiur Melambai bukanlah basis suara strategis partai politik. Tidak seperti di wilayah padat penduduk seperti Jawa dan Sumatera.

BACA JUGA:

Jumlah Penduduk Indonesia 2017 Terbaru

78 Persen Penduduk Indonesia Terpusat di Jawa-Sumatera

Alokasi anggaran pemerintah juga pasti mempertimbangkan jumlah populasi wilayah. Sehingga tidak mengherankan daerah dengan padat penduduk, memperoleh kucuran dana yang lebih besar.

Walaupun terus bertumbuh, laju pertumbuhan penduduk di Sulut juga tidak secepat provinsi lain. Bahkan pada tahun 2035, diproyeksikan jumlah penduduk Sulut akan dilampaui Kepulauan Riau.

Sementara itu, Jawa Barat adalah provinsi paling padat penduduk di Indonesia. Penduduk Jawa Barat mencapai 48 juta jiwa atau 18,34 persen.

BACA JUGA:

Penduduk Terbanyak Dunia, Negara Ini Bakal Kalahkan Cina. Posisi Indonesia?

Berapa Jumlah Total Manusia yang Pernah Hidup di Bumi?

Disusul Jawa Timur dan Jawa Tengah di urutan dua dan tiga, masing-masing dengan 39 dan 34 juta jiwa. Papua Barat adalah provinsi paling sedikit penduduknya, yakni sebanyak 900 ribu lebih.

Proyeksi BPS memperkirakan populasi Indonesia pada 2035 akan mencapai 305 juta jiwa. Penduduk masih terkonsentrasi di Jawa.(red)

DOWNLOAD DATA 30

This website uses cookies.