Sulawesi dan Maluku Diguncang Gempa Bumi Ribuan Kali

‘Dari data itu diketahui, rupanya Maluku dan Sulawesi adalah pulau yang paling kerap disapu gempa bumi. Sepanjang 2016, terjadi 955 kali gempa di kedalaman dangkal di Maluku, 457 kali di kedalaman menengah, dan 61 kali di kedalaman lebih dari 300 km’

GEMPA bumi adalah momok menakutkan bagi masyarakat dunia terlebih Indonesia. Pada 2004 lalu, Banda Aceh, Sumatera, diguncang gempa disusul tsunami yang menewaskan ratusan ribu manusia.

Tak heran hingga saat ini, muncul rasa traumatis mendalam ketika gempa terjadi. Apalagi banyak pulau Indonesia yang memang posisinya berada dalam jalur ring of fire (jalur cincin api). Sehingga memang sering diguncang gempa.

Dari fakta itulah, pemerintah Indonesia kemudian menyeriusi berbagai upaya mempelajari dan mendeteksi gempa melalui para ilmuannya. Nah, dikutip dari http://dataonline.bmkg.go.id, pada tahun 2016 Indonesia ternyata diguncang ribuan kali gempa bumi.

Dari data itu diketahui, rupanya Maluku dan Sulawesi adalah pulau yang paling kerap disapu gempa. Sepanjang 2016, terjadi 955 kali gempa di kedalaman dangkal di Maluku, 457 kali di kedalaman menengah, dan 61 kali di kedalaman lebih dari 300 km.

BACA JUGA:

Di Sulawesi 879 kali dangkal, 477 menengah, dan 28 kali dalam. Artinya terjadi ribuan kali gempa di kedua pulau tetangga ini. Kalimantan paling sedikit tanah goyang, yaitu hanya 21 kali di area dangkal dan nol menengah dan dalam.

BACA JUGA:

Sulawesi tercatat paling sering diguncang gempa kecil di bawah 4 skala richter. Sedangkan gempa dengan kekuatan besar di atas 5 skala richter, paling banyak menghantam Maluku yaitu sebanyak 44 kali diikuti dengan Sumatera 24 kali.(red)

DOWNLOAD DATA 5

This website uses cookies.