Daerah Dengan Jumlah Hari Hujan Terbanyak di Indonesia

‘Berdasarkan amatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Indonesia, wilayah atau daerah dengan jumlah hari hujan terbanyak di Indonesia bukanlah di Bogor, tetapi di provinsi bagian timur Indonesia, yaitu Papua Barat’

SEBAGAI negara dengan iklim tropis, tidak heran bila Indonesia kerap diguyur hujan. Selama ini, banyak masyarakat Indonesia mengira, Bogor adalah wilayah paling sering hujan terbanyak di Indonesia.

Advertisement

Rupanya anggapan itu salah. Sebab berdasarkan amatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Indonesia, wilayah atau daerah dengan jumlah hari hujan terbanyak di Indonesia bukanlah di Bogor, tetapi di provinsi bagian timur Indonesia, yaitu Papua Barat.

BACA JUGA:

Pengamatan itu dilakukan sepanjang setahun pada 2015. Dari 365 hari di tahun itu, Papua Barat diguyur hujan selama 218 hari. Artinya masyarakat Papua Barat kerap disapu hujan setiap dua hari, bahkan beberapa saat hujan terjadi berturut dua hari.

Advertisement

Selanjutnya provinsi yang hari-harinya banyak dihiasi hujan adalah Kalimantan Barat yang diguyur hujan selama 215 hari selama tahun 2015. Kemudian Kalimantan Utara 202 hari hujan, Kalimantan Timur 186, dan Sumatera Barat 186.

BACA JUGA:

Sementara provinsi dengan hari paling sedikit hujan sepanjang 2015 adalah Provinsi Gorontalo yang hanya 76 hari hujan. Lalu NTT 82 hari hujan, NTB 91 hari hujan, Sulawesi Barat 93 hari hujan, kemudian Sumatera Utara 105 hari hujan.

Jumlah hari hujan ini juga ada kaitannya dengan kekeringan di sejumlah wilayah. Akibat hujan jarang, maka masyarakat sulit mencari air bersih.(red)

DOWNLOAD DATA 6

Advertisement

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*