Pemilih Pemilu 185 Juta, Jawa 57 Persen

‘Walaupun seluruh pemilih pulau lain ditambahkan, tidak akan menandingi jumlah pemilih Jawa. Tahun 2014, jumlah pemilih di Jawa mencapai 110 juta lebih atau 57 persen dari seluruh pemilih Indonesia’

PEMILU tahun 2019 tidak sampai dua tahun lagi. Rakyat Indonesia kembali akan memilih siapa yang akan duduk di kursi legislatif dan eksekutif. Pada tahun 2014, jumlah pemilih pemilu terdaftar mencapai 185 juta masyarakat. Tahun 2019 mendatang diprediksi akan mengalami peningkatan.

BACA JUGA:

Namun begitu, persentase sebaran jumlah pemilih pada tahun 2019 tentu tidak akan berbeda jauh dengan tahun 2014. Persentase pemilih di Jawa jauh mendominasi dibanding pulau-pulau lain di Indonesia.

Walaupun seluruh pemilih pulau lain ditambahkan, tidak akan menandingi jumlah pemilih Jawa. Tahun 2014, jumlah pemilih di Jawa mencapai 110 juta lebih atau 57 persen dari seluruh pemilih Indonesia. Ini mencakup Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, DKI Jakarta, dan DI Yogyakarta.

BACA JUGA:

Tak heran, dikatakan Jawa adalah pusat pertarungan dan penentu kemenangan pemilu. Karena merupakan komunitas terbesar di Indonesia, kandidat presiden kebanyakan adalah dari Jawa. Fakta sejarah telah membuktikannya.

Sementara itu, daftar pemilih paling sedikit di Indonesia berada di Papua, Gorontalo, Maluku Utara, Sulawesi Barat, dan Bangka Belitung.(red)

DOWNLOAD DATA 24

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*