Rata-rata Gaji Pekerja Menurut Lapangan Pekerjaan Tahun 2017

SUMBER: BPS INDONESIA

‘Terdapat kesenjangan gaji sebesar sekitar 680 ribu rupiah antara buruh/karyawan/pegawai laki-laki dan perempuan. Jika ditelusuri lebih dalam, kesenjangan upah ini terjadi di antaranya karena perbedaan tingkat pendidikan, keterampilan, pengalaman kerja, dan jabatan dalam pekerjaan utama’

BERAPA gaji pekerja di Indonesia? Rupanya baik buruhkaryawan, pegawai di Indonesia memperoleh rata-rata gaji/upah sebulan sebesar 2,7 juta rupiah pada tahun 2017 (Februari). Buruh/karyawan/pegawai yang bekerja di sektor listrik, gas, dan air tercatat memperoleh rata-rata upah sebulan tertinggi dibanding delapan sektor lainnya. Yaitu sebesar 4,43 juta rupiah.

Selain itu, buruh/karyawan/pegawai di sektor pertambangan dan penggalian memperoleh rata-rata upah/gaji sebulan sedikit lebih rendah yaitu sebesar 4,42 juta rupiah.

SUMBER: BPS INDONESIA

Sementara itu, sektor pertanian memberikan rata-rata upah/gaji sebulan terendah, sebesar 1,75 juta rupiah. Jika dilihat menurut jenis kelamin, terdapat kesenjangan upah antara buruh/karyawan/pegawai laki-laki dan perempuan. Di mana secara umum laki-laki memperoleh rata-rata upah/gaji lebih tinggi daripada perempuan.

Seperti pada Februari 2017, buruh/karyawan/pegawai laki-laki memperoleh rata-rata upah/gaji sebulan sebesar 2,95 juta rupiah. Sedangkan buruh/karyawan/pegawai perempuan memperoleh 2,27 juta rupiah sebulan. Terdapat kesenjangan upah sebesar sekitar 680 ribu rupiah antara buruh/karyawan/pegawai laki-laki dan perempuan.

BACA JUGA:

Jika ditelusuri lebih dalam, kesenjangan upah ini terjadi di antaranya karena perbedaan tingkat pendidikan, keterampilan, pengalaman kerja, dan jabatan dalam pekerjaan utama. Menurut sektor dan jenis kelamin, rata-rata upah/gaji sebulan buruh/karyawan/pegawai laki-laki tertinggi terdapat pada sektor pertambangan. Yakni sebesar 4,51 juta rupiah sebulan.

Sedangkan rata-rata upah/gaji buruh/karyawan/pegawai perempuan tertinggi terdapat pada sektor listrik, gas, dan air yaitu sebesar 4,73 juta rupiah sebulan. Rata-rata upah/gaji terendah sebulan buruh/karyawan/pegawai laki-laki maupun perempuan terdapat pada sektor pertanian. Masing-masing sebesar 1,93 juta rupiah dan 1,14 juta rupiah.

BACA JUGA:

Secara sektoral rata-rata upah/gaji sebulan buruh/karyawan/pegawai laki-laki sebulan cenderung lebih tinggi dibanding perempuan. Kecuali pada sektor listrik, gas dan air dan juga sektor konstruksi. Pada sektor listrik, gas dan air, rata-rata upah/gaji sebulan buruh/karyawan/pegawai laki-laki sebesar 4,40 juta rupiah. Ini lebih rendah dibandingkan rata-rata upah/gaji sebulan buruh/karyawan/pegawai perempuan yaitu sebesar 4,73 juta rupiah.

Pada sektor konstruksi, rata-rata upah/gaji sebulan buruh/karyawan/pegawai laki-laki sebesar 2,48 juta rupiah. Lebih rendah dibanding rata-rata upah/gaji sebulan buruh/karyawan/pegawai perempuan yaitu sebesar 2,57 juta rupiah.

SUMBER: RILIS BPS INDONESIA 5 MEI 2017

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*