Penyebab Kemiskinan di Indonesia 2017, Rokok Urutan Dua

‘Komoditi makanan yang memberikan sumbangan terbesar pada garis kemiskinan baik di perkotaan maupun di perdesaan pada umumnya hampir sama. Rokok di urutan nomor dua penyebab kemiskinan di Indonesia’

JUMLAH penduduk miskin di Indonesia pada Maret 2017 menembus 27,77 juta orang. Data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia menunjukkan, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk miskin pada September 2016, maka selama enam bulan terjadi kenaikan jumlah penduduk miskin. Yaitu sebesar 6,90 ribu orang. Tentu, ada beragam penyebab kemiskinan di Indonesia.

Apabila dibandingkan pada Maret tahun sebelumnya, jumlah penduduk miskin mengalami penurunan sebanyak 234,19 ribu orang. Berdasarkan daerah tempat tinggal, pada periode September 2016—Maret 2017, jumlah penduduk miskin di daerah perkotaan mengalami kenaikan. Yaitu sebesar 188,19 ribu. Sedangkan perdesaan turun sebesar 181,29 ribu orang.

BPS INDONESIA

Nah, pada Maret 2017, komoditi makanan yang memberikan sumbangan terbesar pada garis kemiskinan pada umumnya hampir sama. Baik itu di perkotaan maupun di perdesaan. Beras memberi sumbangan sebesar 20,11 persen di perkotaan dan 26,46 persen di perdesaan.

BACA JUGA:

Rokok kretek filter memberikan sumbangan terbesar kedua terhadap kemiskinan (11,79 persen di perkotaan dan 11,53 persen di perdesaan). Komoditi lainnya adalah telur ayam ras (3,69 persen di perkotaan dan 3,13 persen di perdesaan). Kemudian daging ayam ras (3,61 persen di perkotaan dan 2,23 di pedesaan). Lalu mie instan (2,59 persen di perkotaan dan 2,31 di perdesaan), dan seterusnya.

Sejumlah komoditi bukan makanan juga memberikan sumbangan terbesar pada kemiskinan perkotaan dan perdesaan. Yaitu perumahan, bensin, listrik, pendidikan, angkutan, perlengkapan mandi, dan kesehatan.

Dari segi kewilayahan, persentase penduduk miskin terbesar berada di wilayah Pulau Maluku dan Papua, yaitu sebesar 21,45 persen. Sementara persentase penduduk miskin terendah berada di Pulau Kalimantan, yaitu 6,25 persen.

BACA JUGA:

Dari sisi jumlah, sebagian besar penduduk miskin masih berada di Pulau Jawa (14,79 juta orang). Sedangkan jumlah penduduk miskin terendah berada di Pulau Kalimantan (0,99 juta orang).

BPS INDONESIA

Menurut penjelasan BPS, garis kemiskinan dipergunakan sebagai suatu batas untuk mengelompokkan pcnduduk menjadi miskin atau tidak miskin. Penduduk miskin adalah penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran per kapita per bulan di bawah garis kemiskinan.

 Sumber: Rilis BPS Indonesia Tahun 2017

DOWNLOAD DATA 33

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*