Jumlah Suku di Indonesia, Daftar Suku Terbesar

‘Suku Jawa adalah kelompok suku bangsa terbesar di Indonesia. Dengan populasi sebanyak 95,2 juta jiwa atau 40,2 persen dari populasi Indonesia. Sementara Papua, walau jumlah suku lebih dari 466, namun populasinya hanya sebanyak 2,7 juta jiwa (1,14 persen)’

INDONESIA adalah negeri majemuk. Kaya akan berbagai ragam suku, bahasa, agama, kepercayaan, dan adat istiadat. Untuk kekayaan suku bangsa, Indonesia memiliki ratusan nama suku bahkan ribuan jika dirinci hingga subsukunya. Lantas berapa jumlah suku di Indonesia? Suku apa yang terbesar?

Nah, secara resmi, data suku di Indonesia pertama kali dihasilkan melalui Sensus Penduduk (SP) 1930 oleh Pemerintah Belanda. Saat Orde Baru, pengumpulan data ini terhenti. Karena dianggap bahwa membahas suku adalah upaya yang dapat mengancam keutuhan bangsa (political taboo).

Namun, tujuh puluh tahun kemudian, masuk di era Reformasi, data suku mulai dikumpulkan. BPS menggelar sensus penduduk pada 2010.

BACA JUGAJumlah Pemeluk Agama Terbanyak di Dunia

Mengumpulkan data suku tidaklah mudah. Bauman (2004) mengatakan sulit mendefinisikan suku. Pada umumnya, seseorang mengidentifikasi dirinya pada suku tertentu berdasar keturunan, kebiasaan hidup, bahasa, hubungan kekerabatan, atau bahkan unsur politik.

Dalam SP2010, terdapat 1331 kategori suku. Mencakup nama suku, nama subsuku, nama sub dari subsuku, hingga nama lain atau nama alias suatu suku. Karena itu, untuk menganalisis suku, dilakukan  pengelompokan.

Suku bangsa adalah kelompok etnis dan budaya masyarakat yang terbentuk turun-temurun. Sebagai budaya masyarakat, identitas kesukuan dari kelompok masyarakat diwariskan pada generasi setelahnya. Identitas atau atribut suku bangsa langsung melekat pada setiap orang, sesuai suku bangsa kedua orang tuanya.

Suku bangsa penduduk Indonesia mayoritas ditentukan mengikuti garis paternalistik (ayah/laki-laki). Contohnya Suku Jawa dan Suku Batak. Laki-laki Batak memberikan keturunan yang juga disebut bersuku Batak.

Meski begitu, ada beberapa suku bangsa yang mengikuti garis maternalistik (ibu/perempuan). Adalah Suku Minangkabau.

BACA JUGAJumlah Penduduk Indonesia Tahun 2017

Seperti disebutkan, suku bangsa di Indonesia secara total berjumlah lebih dari 1.300 suku bangsa. Selain beragam, jumlah atau besaran populasi setiap jenis suku bangsa juga bervariasi.

Suku Jawa adalah kelompok suku bangsa terbesar di Indonesia. Dengan populasi sebanyak 95,2 juta jiwa atau 40,2 persen dari populasi Indonesia. Suku Jawa ini adalah gabungan dari Suku Jawa, Tengger, Samin, Osing Bawean/Boyan, Nagaring, Naga dan suku lainnya di Jawa.

Suku bangsa terbesar kedua adalah Suku Sunda dengan jumlah sebanyak 36,7 juta jiwa (15,5 persen), kemudian Suku Batak sebanyak 8,5 juta (3,6 persen), dan keempat Suku asal Sulawesi sebanyak 7,6 juta jiwa (3,2 persen).

BACA JUGAJumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Luar Negeri

Suku Batak adalah gabungan Suku Batak Angkola, Batak Mandailing, Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Pakpak Dairi, Batak Tapanuli, Batak Toba dan Dairi. Sementara suku bangsa asal Sulawesi lainnya mencakup 208 jenis suku bangsa asal Sulawesi. Tidak termasuk Makassar, Bugis, Minahasa dan Gorontalo.

Di paling timur Indonesia, suku Papua jumlahnya mencapai lebih dari 466 suku bangsa. Tersebar di seluruh wilayah Papua dan Papua Barat. Akan tetapi, populasinya secara keseluruhan hanya sebanyak 2,7 juta jiwa (1,14 persen). Suku-suku Papua berperingkat ke 19 dari 31 kelompok suku bangsa.

Sama dengan Suku Dayak di Pulau Kalimantan. Suku Dayak adalah kumpulan dari 268 jenis suku bangsa. Populasinya hanya sebanyak 3 juta jiwa (1,3 persen) pada tahun 2010 dan berada di peringkat 17 dari 31 kelompok suku bangsa.

BACA JUGAPenduduk Miskin Tertinggi di Indonesia Tahun 2017

Selanjutnya, Suku Madura. Awalnya suku ini berasal dari Pulau Madura, pulau kecil di sebelah timur Pulau Jawa. Namun selama beberapa dua dekade terakhir ini, Suku Madura berdiaspora cepat di berbagai tempat di nusantara. Pada tahun 2010, populasi Suku Madura sekitar 7,18 juta jiwa atau 3,03 persen dari populasi penduduk Indonesia. Peringkat ke 5 dari 31 kelompok suku bangsa.

Nah, suku bangsa di Indonesia yang populasinya paling sedikit adalah Suku Nias. Populasinya hanya 1,04 juta jiwa (0,44 persen). Lalu Suku Minahasa berjumlah 1,24 juta jiwa (0,52 persen). Suku Gorontalo sebanyak 1,25 juta jiwa (0,53 persen). Suku Minahasa terdiri dari Suku Toulour, Tombulu, Toutemboan, Tonsea, Bantik, Pasan/Ratahan, Ponosakan, dan Tonsawang.

BPS INDONESIA

Adapun, pada tahun 2010, status kewarganegaraan penduduk Indonesia sebanyak 236.728 ribu jiwa atau 99,6 persen. Sedangkan penduduk Indonesia berstatus WNA mencapai 73 ribu jiwa atau sekitar 0,03 persen.(*)

Sumber: Sensus Penduduk 2010 BPS Indonesia

DOWNLOAD DATA

Loading...

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*