IPM Provinsi di Indonesia Tahun 2016, Daftar Provinsi Tertinggi

BPS INDONESIA

‘Sejak tahun 2010 hingga 2016, IPM Indonesia menunjukkan grafik positif. Setiap tahun selalu naik. Lantas di mana provinsi dengan IPM tertinggi di Indonesia?’

INDEKS Pembangunan Manusia (IPM) digunakan untuk menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses pembangunan. Baik dalam hal memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Angka IPM nasional hingga IPM provinsi, adalah indikator yang dipakai untuk mengukur keberhasilan pembangunan di berbagai negara dan daerah.

Bagi Indonesia, IPM adalah data strategis. Sebab, selain sebagai ukuran kinerja pemerintah, IPM juga merupakan faktor penentuan Dana Alokasi Umum (DAU).

BACA JUGAIndeks Pembangunan Manusia Indonesia Meningkat, Ini Datanya

Awalnya, IPM dibentuk oleh tiga dimensi dasar. Yaitu umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, dan standar hidup layak. Namun metodologi perhitungan IPM diubah baru-baru ini. Ini berdampak pada nilai IPM Indonesia dan urutan daerah dengan IPM tertinggi secara nasional.

Perubahan metodologi penghitungan IPM ini, yaitu karena beberapa indikator dianggap sudah tidak pas digunakan untuk menghitung IPM. Angka melek huruf misalnya sudah tidak relevan mengukur pendidikan secara utuh. Tak seperti dulu, saat ini angka melek huruf tidak dapat menggambarkan kualitas pendidikan.

BACA JUGA: Daftar IPM Kabupaten Kota di Indonesia Tahun 2016

Di samping itu, angka melek huruf di sebagian besar daerah sudah tinggi. Sehingga tidak dapat membedakan tingkat pendidikan antardaerah dengan tepat.

Angka melek huruf pada metode lama telah diganti dengan angka harapan lama sekolah. Sedangkan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita diganti dengan Produk Nasional Bruto (PNB) per kapita.

Keunggulan IPM dengan metode baru, yakni perhitungannya lebih tepat mengukur kualitas manusia saat ini. Angka lama sekolah dan harapan lama sekolah, dapat memberi gambaran lebih relevan dan tepat tentang perkembangan pendidikan maupun perubahannya.

BACA JUGAJumlah Penganut Agama di Indonesia Tiap Provinsi

Sedangkan PDB digantikan PNB. Sebab dianggap lebih menjelaskan dengan pas pendapatan masyarakat pada suatu wilayah.

Untuk mewujudkan pembangunan manusia yang baik, ketiga dimensi harus memperoleh perhatian yang sama besar karena sama pentingnya.

Nah, IPM Indonesia sesuai perhitungan metode terbaru pada tahun 2016, yaitu 70.18. Sejak tahun 2010 hingga 2016, IPM Indonesia menunjukkan grafik positif. Setiap tahun selalu naik. Lantas di mana provinsi dengan IPM tertinggi di Indonesia?

BPS INDONESIA

Di urutan nomor satu adalah DKI Jakarta. Ibu Kota Republik Indonesia ini menempati ranking satu nasional dengan indeks 79.6. Selanjutnya berturut DI Yogyakarta 78.38, Kalimantan Timur 74.59, Kepulauan Riau 73.99, Bali 73.65, Riau 71.2, dan Sulawesi Utara 71.05.

BACA JUGAJumlah Suku di Indonesia, Daftar Suku Terbesar

Di sisi berbeda, provinsi dengan IPM paling rendah yaitu Papua dengan indeks hanya sebesar 58.05, Papua Barat 62.21, Nusa Tenggara Timur 63.13, Sulawesi Barat 63.6, Nusa Tenggara Barat 65.81, dan Kalimantan Barat 65.88.(tmt)

DOWNLOAD DATA

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*