Awas Kekurangan Gizi! Ini Konsumsi Protein Penduduk Jawa Timur

Kebutuhan konsumsi protein dan kalori penduduk perlu menjadi perhatian bersama, guna menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Jangan sampai terjadi konsumsi protein dan kalori di bawah angka kecukupan gizi’

JUMLAH konsumsi protein penduduk Jawa Timur per kapita per hari berdasar data Susenas 2016 (September) tercatat sebesar 56,53 gram. Menurut kategori daerah, konsumsi kalori penduduk perkotaan (58,68 gram) lebih tinggi dibanding penduduk perdesaan (54,55 gram ) atau berselisih 4,13 gram.

Umumnya penduduk perdesaan memenuhi kebutuhan proteinnya dengan protein nabati, sedangkan penduduk perkotaan memenuhinya dengan protein hewani.

BACA JUGASektor Komunikasi di Jawa Timur, Pengguna HP Melejit

Menurut BPS Jawa Timur, pada September 2016, konsumsi protein di Jawa Timur lebih tinggi dari pada rata-rata nasional sebesar 55,97 gram per kapita per hari.

BACA JUGAJumlah Perusahaan Konstruksi di Jawa Timur

Konsumsi kalori per kapita per hari penduduk Jawa Timur sebesar 1.975,42 kkal. Konsumsi kalori per kapita per hari penduduk perkotaan sebesar 1.975,48 kkal. Konsumsi ini tidak begitu berbeda dengan penduduk perdesaan, atau hanya berbeda 0,11 kkal.

Berbeda dengan konsumsi protein, pada konsumsi kalori per kapita per hari ini lebih rendah dibanding rata-rata nasional yang mencapai 1.982,42 kkal.

Kebutuhan konsumsi protein dan kalori penduduk perlu menjadi perhatian bersama, guna menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Jangan sampai terjadi konsumsi protein dan kalori di bawah angka kecukupan gizi.

BACA JUGAJumlah Pemeluk Agama di Jawa Timur Tahun 2016

Beruntungnya, untuk capaian saat ini masih di garis aman sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Angka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan Bagi Bangsa Indonesia.(tmt)

SUMBER: BPS JAWA TIMUR

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*