Kesejahteraan Masyarakat Jawa Timur Makin Membaik

‘Meskipun indikator PDRB per kapita mempunyai kelemahan, setidaknya dengan adanya kenaikan PDRB per kapita ini mengindikasikan adanya perubahan kesejahteraan masyarakat ke arah yang lebih baik’

KESEJAHTERAAN masyarakat Jawa Timur makin membaik. Ini seiring meningkatnya PDRB Jawa Timur tiap tahun, PDRB per kapita juga mengalami kenaikan. Pada tahun 2010 PDRB per kapita Jawa Timur mencapai Rp.26,37 juta dan selanjutnya meningkat terus hingga melebihi dua kalinya di tahun 2016 atau menjadi Rp.47,47 juta.

BACA JUGAFasilitas Kesehatan di Jawa Timur Tahun 2016

Selama kurun waktu tersebut, PDRB per kapita Jawa Timur naik 80 persen. Dibanding tahun sebelumnya, PDRB per kapita 2016 naik 8,9 persen. Meskipun indikator PDRB per kapita mempunyai kelemahan, setidaknya dengan adanya kenaikan PDRB per kapita ini mengindikasikan adanya perubahan kesejahteraan masyarakat ke arah yang lebih baik.

BACA JUGAJumlah Pemeluk Agama di Jawa Timur Tahun 2016

Angka PDRB per kapita bukan pendapatan yang diterima per individu, tetapi besaran ekonomi yang dibangkitkan per individunya. Logikanya jika PDRB meningkat, maka geliat ekonomi semakin dinamis, dan kesempatan kerja semakin terbuka dan mendorong penambahan pendapatan masyarakat.

Dari sisi pengeluaran, 59,8 persen kue ekonomi dibangkitkan dari konsumsi rumah tangga (Rp. 1.108,3 triliun). Pada tahun 2016 konsumsi rumah tangga tumbuh 4,55 persen. Selain berasal dari pertumbuhan penduduk dan migrasi penduduk, sektor konsumsi rumah tangga dapat mengalami kenaikan karena factor musiman dan kondisi geopolitik domestik/luar negeri.

BACA JUGAPendidikan di Jawa Timur, Jumlah Sekolah, Murid, dan Guru Tahun 2016

Dampak  dari  penghematan  anggaran  di berbagai  instansi  pemerintah,  sektor  konsumsi pemerintah mengalami konstraksi hingga sebesar –7,01 persen. Sementara investasi dalam bentuk PMTB tumbuh 6,02 persen.(tmt)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*