Pengeluaran Perkapita Jawa Timur Melonjak

‘Seiring dengan maraknya pertumbuhan restoran atau tempat makan siap saji, memberikan peluang kepada masyarakat mempunyai banyak pilihan terhadap konsumsi makanan minuman jadi’

RATA-rata pengeluaran perkapita Jawa Timur per bulan meningkat dalam dua tahun terakhir. Pada tahun 2015 pengeluaran perkapita penduduk per bulan tercatat sebesar Rp. 830.472, naik sekitar 4,6 persen pada tahun 2016 menjadi Rp. 870.412.

Pada komponen makanan, terdapat kenaikan sebesar 10,8 persen. Sebanyak 30 persen dari pengeluaran makanan digunakan untuk konsumsi makanan dan minuman jadi, merupakan terbanyak pada komponen ini.

Seiring dengan maraknya pertumbuhan restoran atau tempat makan siap saji, memberikan peluang kepada masyarakat mempunyai banyak pilihan terhadap konsumsi makanan minuman jadi.

BACA JUGAJumlah Pengangguran di Jawa Timur

Komponen terbanyak kedua yaitu pengeluaran untuk membeli beras atau sebesar 13,6 persen, dan terbanyak ketiga adalah 13,3 persen digunakan untuk membeli rokok.

Komponen nonmakanan tahun 2016 turun -1,4 persen dibanding tahun sebelumnya. Dari total pengeluaran untuk non makanan, 48,8 persennya digunakan untuk konsumsi perumahan dan fasilitas rumah tangga (Listrik, PLN, Gas dan Air Bersih).

BACA JUGAJumlah Pemeluk Agama di Jawa Timur Tahun 2016

Pengeluaran non makanan terbanyak kedua adalah pengeluaran untuk aneka barang dan jasa atau sebesar 25,5 persen, dan sekitar 11,5 persen untuk konsumsi barang tahan lama. Secara umum, pengeluaran non makanan penduduk Jawa Timur lebih tinggi dibanding pengeluaran makanan.(tmt)

SUMBER: BPS Jawa Timur

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*