Ekspor DKI Jakarta, Singapura Tujuan Terbesar

EKSPOR DKI JAKARTA 1

‘Singapura tetap menjadi negara tujuan ekspor produk Jakarta terbesar tahun 2016. Ekspor produk Jakarta telah dikapalkan ke Singapura sebanyak US$ 1,64 Billion (15 persen), diikuti Filipina, USA, Thailand, dan Tiongkok’

KEGIATAN ekspor barang mempunyai pengaruh langsung terhadap perekonomian DKI Jakarta khususnya ekspor produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Lantas bagaimana ekspor DKI Jakarta tahun 2016?

Advertisement

EKSPOR DKI JAKARTA 1

Negara tujuan ekspor terbesar produk yang dihasilkan di DKI Jakarta pada tahun 2016 adalah negara Singapura yang mencapai US$1,64 miliar atau hampir 15 persen dari total ekspor produk DKI Jakarta yang mencapai US$11,03 miliar.

BACA JUGAJumlah Penduduk DKI Jakarta Tahun 2017

Dua negara lainnya yang juga merupakan negara tujuan ekspor yang cukup besar adalah Filipina dan Amerika Serikat yang nilainya masing-masing US$ 1,47 miliar dan US$ 0,95 miliar. Negara mitra dagang DKI Jakarta tersebut menyumbangkan 37 persen dan total ekspor produk dan DKI Jakarta.

EKSPOR DKI JAKARTA 2

Advertisement

Selama periode Januari-Juli 2017, ekspor produk DKI Jakarta menyumbang 6,05 persen total ekspor nasional. Kinerja ekspor produk DKI Jakarta pada periode tersebut menunjukkan penurunan yang cukup signifikan yaitu dan US$ 6,32 miliar pada periode Januari-Juli 2016 menjadi US$ 5,13 miliar pada tahun 2017 (turun 19 persen).

EKSPOR DKI JAKARTA3

Produk ekspor kendaraan dan bagiannya mengalami penurunan sampal 50 persen. Penurunan juga terjadi pada dua komoditas utama lainnya.

SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Advertisement

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*