Produksi Air Bersih di DKI Jakarta

Kondisi dan kualitas air tanah di Jakarta yang kurang baik menyebabkan kebutuhan air bersih di Jakarta masih bergantung dari luar daerah Jakarta. Sumber air bersih di Jakarta di antaranya berasal dan Waduk Jatiluhur dan PDAM Tangerang’

PRODUKSI air bersih di DKI Jakarta pada tahun 2015 mencapai 560 juta m3 atau naik 2,19 persen dan 548 juta m3 di tahun 2014. Peningkatan produksi air bersih ini untuk menjawab jumlah pelanggan yang mengalami peningkatan sebesar 2,21 persen.

BACA JUGA: Jumlah Penduduk DKI Jakarta Tahun 2017

SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Yakni dari 813 ribu pelanggan menjadi 831 ribu sehingga ada kenaikan 17 ribu pelanggan baru. Masalah kebocoran pipa serta jebolnya pintu air masih menjadi tantangan utama operator air bersih di samping bahan baku air bersih yang terbatas.

Kondisi dan kualitas air tanah di Jakarta yang kurang baik menyebabkan kebutuhan air bersih di Jakarta masih bergantung dari luar daerah Jakarta. Sumber air bersih di Jakarta di antaranya berasal dan Waduk Jatiluhur dan PDAM Tangerang.

BACA JUGA: Ekspor DKI Jakarta, Singapura Tujuan Terbesar

SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Sementara Kali Krukut menyumbang sangat kecil kebutuhan air bersih Jakarta. Sumber ini harus dijaga dan dipelihara agar tidak terjadi defisit air bersih.(tmt)

SUIMBER: BPS DKI JAKARTA

This website uses cookies.