Indeks Pembangunan Manusia IPM DKI Jakarta

IPM JAKARTA 4
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Dari tahun ke tahun, angka IPM Jakarta memang selalu berada di posisi teratas di antara seluruh provinsi Indonesia. Bahkan angka IPM Jakarta berada jauh di atas IPM nasional dengan selisih hampir 10 poin’

INDEKS Pembangunan Manusia (IPM) menjadi sebuah ukuran akurat untuk menilai perkembangan kemajuan suatu bangsa atau daerah. Nah lantas berapa IPM DKI Jakarta berdasarkan data terakhir BPS Indonesia?

Berdasarkan BPS Indonesia tahun 2016, IPM DKI Jakarta menempati ranking satu nasional dengan nilai 79,6. Sebagai ibukota negara, wajar DKI berada di posisi itu. Di posisi berturut-turut yaitu DI Yogyakarta, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Bali, dan Riau.

BACA JUGAInflasi DKI Jakarta Tahun 2017

IPM JAKARTA NASIONAL

Dari tahun ke tahun, angka IPM Jakarta memang selalu berada di posisi teratas di antara seluruh provinsi Indonesia. Bahkan angka IPM Jakarta berada jauh di atas IPM nasional dengan selisih hampir 10 poin.

BACA JUGAPerkembangan Industri Pengolahan DKI Jakarta

Komponen pengeluaran menjadi variabel terbesar yang menjadikan IPM DKI Jakarta begitu jauh mencolok dibanding provinsi lain. Rata-rata pengeluaran perkapita penduduk DKI Jakarta selama tahun 2016 mencapai 17,5juta rupiah, jauh di atas angka nasional yang hanya sebesar 1 0,4 juta rupiah.

IPM JAKARTA 2
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Komponen terbesar kedua yang membuat IPM Jakarta meningkat adalah angka rata—rata lama sekolah (RLS). Angka RLS DKI Jakarta tahun 2016 mencapai 10,88 tahun. Angka ini jauh di atas RLS nasional yaitu 7,95 tahun. Angka RLS DKI Jakarta merupakan yang tertinggi di antara 33 provinsi Iainnya di Indonesia.

Pada tahun 2016, pencapaian pembangunan manusia di tingkat kabupaten kota cukup bervariasi. IPM pada level kabupaten/kota berkisar antara 69,52 (Kepulauan Seribu) hingga 83,94 (Jakarta Selatan).

BACA JUGAImpor DKI Jakarta Didominasi China dan Jepang

AHH tertinggi di Jakarta Timur (74,14 tahun). HLS tertinggi di Jakarta Selatan (13,22 tahun),dan RLS tertinggi di Jakarta Timur (11,52 tahun). Pengeluaran perkapita (disesuaikan) tertinggi di Jakarta Selatan (22,9 juta rupiah per tahun).

IPM JAKARTA 3

IPM JAKARTA 4
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Keberhasilan pembangunan suatu wilayah tidak semata hanya dilihat dan angka pertumbuhan ekonomi saja, melainkan dan peningkatan kualitas manusianya yang diukur melalui angka IPM. Kualitas penduduk DKI Jakarta mengalami peningkatan dari waktu ke waktu yang tercermin dan pertumbuhan IPM terutama pada kurun waktu 6 tahun terakhir.

BACA JUGAJumlah Penduduk DKI Jakarta Tahun 2017

Pertumbuhan IPM tersebut menunjukkan bahwa pembangunan manusia di DKI Jakarta telah membuahkan hasil. Pada tahun 2016, IPM Jakarta telah mencapai level 79,60 atau meningkat sebesar 0,77% dibandingkan tahun 2015. Peningkatan ini di atas rata—rata pertumbuhan IPM DKI Jakarta periode 2010—2016 yang mencapai 0,70% per tahun.(tmt)

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*