Inflasi DKI Jakarta Tahun 2017

Hal tersebut menunjukkan semakin murah dan efisiennya biaya transportasi di ibukota ditunjukkan dengan begitu maraknya tranportasi berbasis aplikasi serta subsidi yang cukup besar pada transportasi publik massal seperti Transiakarta dan Commuter Line’

BOBOT inflasi DKI Jakarta terhadap inflasi nasional paling besar dibandingkan dengan provinsi lain yaitu sekitar 20,16 persen. Kontribusi ini membuat pergerakan harga di DKI Jakarta bisa memberi andil yang cukup besar pada pergerakan harga pada level nasional.

Dalam beberapa tahun terakhir perubahan harga di Jakarta relatif terkendali, hanya pada tahun 2013 dan 2014 saja inflasi di DKI Jakarta sempat berada di kisaran 8 persen. Pada waktu itu terjadi penyesuian harga BBM yang dilakukan pemerintah sehingga mendorong terjadinya inflasi.

BACA JUGA: Perkembangan Industri Pengolahan DKI Jakarta

Sampai dengan bulan Agustus 2017 laju inflasi DKI Jakarta tahun 2017 sudah mencapai 2,86 persen. Angka ini sedikit lebih tinggi dibandingkan inflasi nasional yang mencapai 2,53 persen. Besaran inflasi tersebut masih cukup terkendali mengingat target yang ditetapkan pemerintah dalam APBNP 2017 yaitu sebesar 4,3 persen.

SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Secara year on year, inflasi Agustus 2017 (Persentase perubahan IHK Agustus 2017 terhadap IHK Agustus 2016) sebesar 3,82 persen. Bila keadaan stabil, maka nilai tersebut mengindikasikan bahwa di akhir tahun kalender 2017 nanti, besaran inflasi akan berada di kisaran angka tersebut.

BACA JUGA: Impor DKI Jakarta Didominasi China dan Jepang

Kenaikan IHK paling besar ada pada kelompok transportasi yang selama 12 bulan terakhir telah terjadi inflasi sebesar 5,78 persen. Diikuti oleh kelompok pengeluaran perumahan dan kelompok pengeluaran makanan jadi yang masing-masing sebesar 4,83 persen dan 4,26 persen.

SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Ada satu fenomena menarik yang tampak yang terjadi di DKI Jakarta terlihat dalam tabel di atas. Pada kelompok pengeluaran untuk transportasi terjadi deflasi atau penurunan harga secara umum.

BACA JUGA: Ekspor DKI Jakarta, Singapura Tujuan Terbesar

Hal tersebut menunjukkan semakin murah dan efisiennya biaya transportasi di ibukota ditunjukkan dengan begitu maraknya tranportasi berbasis aplikasi serta subsidi yang cukup besar pada transportasi publik massal seperti Transiakarta dan Commuter Line.

SUMBER: BPS DKI JAKARTA

This website uses cookies.