Perkembangan Sektor Pendidikan di DKI Jakarta

INDIKATOR PENDIDIKAN JAKARTA
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Rata-rata lama sekolah di Provinsi DKI Jakarta tahun 2016 meningkat menjadi 10,88 yang artinya penduduk usia 25 tahun ke atas secara rata-rata telah menempuh pendidikan selama 11 tahun. Indikator pendidikan Iainnya yaitu harapan lama sekolah yang mencapal angka 12,7’

TINGKAT pendidikan penduduk DKI Jakarta tidak akan lepas dan peraturan perundangan nasional yang lahir dari sistem politik. Kebijakan yang dicanangkan oleh pemerintah akan sangat memengaruhi proses serta output pendidikan. Lantas bagaimana perkembangan pendidikan di DKI Jakarta sekarang ini?

Dukungan yang besar dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta seperti pembangunan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan mutu dan kesejahteraan tenaga pendidikan serta bantuan operasional sekolah sangat dibutuhkan. Di samping itu Jakarta juga mempunyai program unggulan yaitu Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang diperuntukkan bagi siswa dan rumah tangga kurang mampu.

BACA JUGAPertumbuhan Ekonomi DKI Jakarta Tahun 2017

INDIKATOR PENDIDIKAN JAKARTA
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Rata-rata lama sekolah di Provinsi DKI Jakarta tahun 2016 meningkat menjadi 10,88 yang artinya penduduk usia 25 tahun ke atas secara rata-rata telah menempuh pendidikan selama 11 tahun. Indikator pendidikan Iainnya yaitu harapan lama sekolah yang mencapal angka 12,7.

BACA JUGAPerkembangan Sektor Konstruksi DKI Jakarta

Hal ini mengindikasikan bahwa anak usia 7 tahun memiliki peluang bersekolah hingga D-1. Rapor tersebut merupakan pencapalan yang memuaskan.  Walaupun tergolong balk, namun masih terdapat sebanyak 0,36 persen penduduk yang buta huruf.

PENDIDIKAN YANG DITAMATKAN
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Angka buta huruf penduduk perempuan lebih tinggi dibandingkan penduduk laki-laki. Demikian pula dengan pendidikan tertinggi yang ditamatkan. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan pendidikan menurut gender. Pembangunan di bidang pendidikan ke depannya harus memperhatikan keseimbangan gender.

BACA JUGAPerkembangan Sektor Kesehatan DKI Jakarta

Angka Partisipasi Sekolah (APS) menunjukkan perkembangan yang terus membaik untuk setiap kelompok umur. APS digunakan untuk mengetahui cakupan pelayanan pendidikan untuk setiap kelompok usia sekolah dan menggambarkan jumlah anak kelompok usia tertentu yang sedang sekolah tanpa membedakan jenjang pendidikan yang ditempuh.

Pada tahun 2016, APS 7-12 tahun mencapai 99,6 1 persen, APS 13-15 tahun sebesar 97,47 persen, dan APS 16-18 tahun sebesar 70,83 persen. (tmt)

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*