Perkembangan Sektor Pendidikan DKI Jakarta Tahun 2017

RASIO MURID GURU JAKARTA
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Beban yang semakin besar menggambarkan kurangnya jumlah tenaga pendidik yang berdampak pada ketidakefektifan proses belajar mengajar’

SEKTOR pendidikan memegang peranan penting dalam memajukan suatu negara atau daerah. Nah lantas bagaimana perkembangan sektor pendidikan DKI Jakarta pada tahun 2017?

Pada tahun 2017, jumlah murid yang bersekolah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di DKI Jakarta (TK sampai dengan SLTA) mencapai 1,5 juta siswa. Lebih dan setengahnya adalah murid SD yang mencapal 779 ribu siswa.

BACA JUGAInflasi DKI Jakarta Tahun 2017

PENDIDIKAN DKI JAKARTA 1

PENDIDIKAN DKI JAKARTA 1
SUMBER: BPS DKI JKARTA

Di antara 1,5 juta siswa tersebut, sebagian besar bersekolah pada sekolah negeri yaitu sebanyak 57,6 persen. Sementara sisanya yaitu 42,4 persen mengenyam pendidikan pada sekolah swasta.

Indikator yang dapat menggambarkan ketersediaan dan kelayakan sarana pendidikan antara lain rasio murid-guru. Rasio murid-guru menggambarkan beban seorang tenaga pendidik dalam mengajar beberapa orang murid.

BACA JUGAPerkembangan Industri Pengolahan DKI Jakarta

Beban yang semakin besar menggambarkan kurangnya jumlah tenaga pendidik yang berdampak pada ketidakefektifan proses belajar mengajar.

Menurut data dan Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta, pada tahun 2017, tercatat rasio murid-guru secara total adalah sebesar 1:14 yang artinya setiap satu guru di Jakarta mengajar sekitar 14 orang siswa.

RASIO MURID GURU JAKARTA
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Angka ini sekaligus mengindikasikan bahwa ketersediaan atau kecukupan jumlah tenaga pendidik di DKI Jakarta cukup baik. Rasio murid guru paling banyak ada pada jenjang pendidikan Sekolah Luar Biasa yaitu 1:4 atau satu orang guru mengajar sekitar 4 siswa SLB.

BACA JUGAIndeks Pembangunan Manusia IPM DKI Jakarta

 Sementara, yang paling kecil rasionya adalah pada jenjang SD yaitu sebesar 1:19. Bila dibedakan menurut status pengelolaan sekolah, maka sekolah swasta memiliki rasio yang lebih baik yaitu 1 guru mendampingi 11 orang siswa.

Jumlah guru yang mengajar pada jenjang pendidikan dasar dan menengah pada tahun 2017 di DKI Jakarta mencapai 105 ribu orang di mana 44 persennya mengajar di sekolah negeri.

PENDIDIKAN DKI JAKARTA
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Status kepegawaian guru-guru di sekolah negeri didominasi oleh PNS yaitu sebesar 62,52 persen. Namun angka tersebut juga bermakna bahwa masih banyak guru-guru di sekolah negeri yang belum berstatus PNS.

Sedangkan menurut data dan Dinas Pendidikan, hampir 3 persen guru yang mengajar di sekolah swasta ternyata berstatus PNS.

SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*