Kajian Pengangguran di DKI Jakarta

PENGANGGURAN DKI JAKARTA 1
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Menggeliatnya berbagai moda transportasi online menjadi pemicu berkurangnya angka pengangguran di DKI Jakarta. Di samping penciptaan lapangan kerja yang didorong oleh kebijakan Pemprov DKI Jakarta dengan program padat karya berupa pasukan oranye. Yaitu Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU)’

TINGKAT pengangguran terbuka (TPT) di DKI Jakarta kondisi Februari 2016 menurut provinsi di wilayah Jawa, yang terbesar terdapat di Jawa Barat, yaitu 8,57 persen. Sementara tingkat pengangguran di DKI Jakarta mengalami perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya. Serta berada di posisi ketiga setelah Banten, yaitu sebesar 5,77 persen.

PENGANGGURAN DKI JAKARTA 1
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Daya tarik lain yang mengundang orang untuk datang dan mengadu nasib di Jakarta adalah nilai Upah Minimum Provinsi (UMP) Jakarta. UMP Jakarta lebih tinggi bila dibandingkan dengan provinsi lain di Jawa. Yaitu mencapai Rp 3,1 juta pada tahun 2015.

BACA JUGAPerkembangan Sektor Pendidikan di DKI Jakarta

Menggeliatnya berbagai moda transportasi online menjadi pemicu berkurangnya angka pengangguran di DKI Jakarta. Di samping penciptaan lapangan kerja yang didorong oleh kebijakan Pemprov DKI Jakarta dengan program padat karya berupa pasukan oranye. Yaitu Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU).

Mereka tersebar di seluruh kelurahan di DKI Jakarta dengan mempekerjakan penduduk sekitar. Selanjutnya, bila dilihat dan tingkat kemiskinan di wilayah Pulau Jawa, Provinsi DKI Jakarta selalu menduduki peringkat yang terendah. Meskipun garis kemiskinan DKl Jakarta berada jauh di atas garis kemiskinan provinsi lain.

BACA JUGAPertumbuhan Ekonomi DKI Jakarta Tahun 2017

Selain itu, kemiskinan di DKI Jakarta memiliki tipikal yang berbeda dengan provinsi lainnya. Karena kemiskinan di Jakarta adalah yang disebut sebagai masyarakat miskin kota, terdiri dan pendatang dengan keterbatasan kemampuan dan modal.

Sementara di provinsi lain, seperti yang terjadi di Provinsi Dl Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat, kemiskinan didominasi oleh kemiskinan di daerah pedesaan yang sebagian besar merupakan petani.

PENGANGGURAN DKI JAKARTA 2
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Keberhasilan suatu pembangunan bukan hanya terletak pada capaian di bidang ekonomi semata seperti misalnya angka pertumbuhan ekonomi. Akan tetapi manusia sebagai subjek sekaligus sebagai objek dan pembangunan itu sendiri perlu diukur tingkat kesejahteraannya.

BACA JUGAPerkembangan Sektor Kesehatan DKI Jakarta

Indeks pembangunan manusia (IPM) digunakan untuk mengukur keberhasilan pembangunan di suatu daerah. Pada tahun 2015, Jakarta menempati peringkat pertama di antara provinsi lainnya.

SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*