Kontribusi Sektor Pertanian dan Perikanan di DKI Jakarta

PERIKANAN DKI JAKARTA
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

‘Luas lahan di Jakarta terus mengalami penurunan. Sebagian besar lahan yang ada di Jakarta merupakan milik pengembang property dan hanya ada satu kawasan lahan abadi di daerah Cakung’

SEKTOR pertanian dan perikanan di DKI Jakarta tidak memiliki andil besar dibanding sektor lainnya. Sektor agriculture misalnya, sangatlah kecil dibandingkan sektor lainnya.

Tercatat pada tahun 2016, kontribusi sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan ini hanya sebesar 0,09 persen dengan nilai tambah sebesar Rp 1,99 triliun.

BACA JUGAPengeluaran Penduduk dan Ketimpangan di DKI Jakarta

Walaupun memiliki sumbangsih yang cukup kecil, sektor ini tetap menjadi potensi besar. Salah satunya adalah urban farming (pertanian perkotaan) yang mampu menciptakan Iingkungan hijau untuk keseimbangan ekosistem Iingkungan.

Tambahkan Pos Baru ‹ TUMOUTOUNEWS — WordPress.html
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Usaha ini dapat menjadi usaha yang tidak lagi berbasis lahan, namun berbasis teknologi yang mempunyai nilai jual yang tinggi. Dan lahan yang ada di Jakarta yaitu seluas 1.002,3 ha, masih diperoleh produktivitas padi sebesar 5.432 ton.

Tentu saja jumlah tersebut tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh warga Jakarta. OIeh karena itu, pemenuhan kebutuhan mayoritas diperoleh dan kegiatan impor luar daerah Jakarta.

BACA JUGAKajian Pengangguran di DKI Jakarta

Selain sektor pertanian, pemerintah juga terus meningkatkan potensi sektor perikanan Jakarta. Pada tahun 2016, tercatat produksi perikanan budidaya yang terdiri dan budidaya laut, tambak, dan kolam sebesar 1.790.969 ton.

PERIKANAN DKI JAKARTA
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Angka ini meningkat tajam hingga mencapai lebih dan 22 ribu persen dan tahun lalu. Berbeda dengan perikanan budidaya, perikanan tangkap justru mengalami penurunan dalam produksinya.

BACA JUGAPerkembangan Sektor Pendidikan di DKI Jakarta

Tercatat produksi perikanan tangkap sebesar 143.143,3 ton pada tahun 2016, mengalami penurunan sebesar 50,5 1 persen dibandingkan tahun 2015.

Walaupun mengalami penurunan, namun nilai produksinya mendominasi dan memiliki sumbangsih tertinggi. Perikanan tangkap menyumbang 96,59 persen terhadap nilai produksi perikanan yaitu sebesar Rp3.450.562.355,2 ribu.

SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*