Jumlah PNS DKI Jakarta Tahun 2016

PNS JAKARTA 3
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Pelayanan di bidang pendidikan merupakan sektor paling serius yang diurus oleh Pemprov DKI Jakarta. Dari sekitar 71 ribu pegawainya, 44,28 persennya terlibat dalam hal mengurus masalah pendidikan di ibukota’

BERAPAKAH jumlah PNS DKI Jakarta? Nah berdasarkan data Badan Kepegawalan Daerah, jumlah PNS DKI Jakarta sebanyak 71.218 orang.

PNS DKI Jakarta paling banyak terdapat pada kelompok umur 50 tahun ke atas yaitu mencapai 5 1,72 persen (laki-laki dan perempuan). Sementara untuk kelompok umur di bawah 30 tahun hanya sebesar 3,82 persen.

PNS DKI JAKARTA

PNS DKI JAKARTA
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Kondisi ini menggambarkan sangat perlunya regenerasi aparatur pemerintah daerah terutama dalam hal kurangnya tenaga kreatif dan profesional yang melek teknologi serta awam dengan perkembangan globalisasi.

Dalam 5-10 tahun ke depan Pemprov DKI Jakarta akan kehilangan setengah dan aparaturnya karena akan memasuki masa purna bhakti.

PNS DKI JAKARTA 2
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Pelayanan di bidang pendidikan merupakan sektor paling serius yang diurus oleh Pemprov DKI Jakarta. Dari sekitar 71 ribu pegawainya, 44,28 persennya terlibat dalam hal mengurus masalah pendidikan di ibukota.

Hal ini sejalan dengan besarnya anggaran Pemprov DKI Jakarta pada sektor tersebut. Tiga sektor lainnya yang juga mendapatkan perhatian yang cukup penting dalam hal melayani kebutuhan masyarakat di ibukota adalah Aparatur Pemerintah (BKD), Kesehatan, dan Keamanan (Satpol PP).

PNS JAKARTA 3
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Selain itu pelayanan terkait penanggulangan bencana, transportasi, dan perizinan juga menjadi fokus dalam hal kebutuhan pegawai.

Berbagai inovasi pelayanan dan kinerja yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta selama ini nampaknya berdampak positif. Sampai dengan akhir tahun 2016, realisasi pendapatan daerah mencapai 95,06 persen dan target atau sebesar Rp 54,34 triliun.

APBD JAKARTA
SUMBER:l BPS DKI JAKARTA

Sumber terbesar dan pendapatan tersebut berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang mencapai Rp 39,05 triliun (realisasi 101,43 persen) dan Dana Perimbangan yang mencapai Rp 12,40 triliun (realisasi 77,53 persen).

Sementara itu realisasi belanja daerah mencapai Rp 47,93 triliun atau 83,56 persen dan yang dianggarkan. Sebagian besar belanja digunakan untuk belanja langsung barang dan jasa, barang modal, dll.

Ini secara signifikan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jakarta daham hal investasi daerah.

SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*