Transportasi di DKI Jakarta, Macet Masih Jadi Kendala Utama

TRANSPORTASI DI DKI JAKARTA
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

‘Rasio jalan terhadap jumlah kendaraan terus mengecil. Di tahun 2014 jumlah kendaraan bermotor meningkat hampir 10 persen. Sebanyak 3 dari 4 kendaraan ber-plat B yang melintas jalan di Jakarta adalah sepeda motor’

TRANSPORTASI merupakan tulang punggung kegiatan ekonomi yang sangat berperan penting di Jakarta. Lantas bagaimana data transportasi di DKI Jakarta?

Pelayanan angkutan umum yang memadai dan mampu memenuhi harapan masyarakat masih belum sepenuhnya dapat terwujud. Kemacetan lalu lintas masih menjadi permasalahan utama transportasi di Jakarta.

BACA JUGAJumlah Pengguna Laptop dan Telepon Seluler di DKI Jakarta

Berbagai upaya yang telah dilakukan pemprov antara lain mempercepat pembangunan angkutan masal, membangun fly-over dan under-pass, penyesuaian jam masuk sekolah dan jam kerja, peningkatan sarana lalu lintas, jalur three-in-one dan sanksi bagi parkir liar.

TRANSPORTASI DI DKI JAKARTA
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Namun pembangunan infrastruktur yang dilakukan tidak berimbang dengan peningkatan jumlah kendaraan yang melintasi jalanan ibukota, karena terbatasnya ruang.

Dalam kurun waktu 2012-2014 panjang jalan yang ada belum mampu mengimbangi kenaikan jumlah kendaraan 19,88 persen. Sebagai perbandingan rasio jalan dengan luas wilayah di sejumlah kota di dunia di atas 12 persen. Namun untuk di DKI Jakarta pada tahun 2014 baru mencapai 7,16 persen.

BACA JUGATingkat Pengangguran di DKI Jakarta Tahun 2017

Alat transportasi masal Bus Trans Jakarta (melalui Busway) adalah salah satu Iayanan public yang disediakan oleh Pemerintah DKI Jakarta bagi warganya. Selama tahun 2014 jumlah bis bertambah menjadi 669 unit yang melayani 111,63 juta penumpang.

TRANSPORTASI DI DKI JAKARTA 1
SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Jumlah penumpang Bis Trans Jakarta menurun sebesar 0,79 persen dibandingkan tahun 2013 yang disebabkan oleh belum teraturnya jadwal keberangkatan Bus Trans Jakarta.

SUMBER: BPS DKI JAKARTA

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*