Cara Registrasi Kartu SIM Tanpa KTP

Kartu SIM

PEMERINTAH secara bertahap mulai menghapus kartu SIM prabayar yang tidak teregistrasi sejak Kamis 1 Maret 2018. Jika hingga kini Anda belum registrasi tapi nomor Anda masih aktif, jangan senang dulu. Badai nonaktif kartu akan segera menghampiri Anda. Karena itu, ayo cepat daftar! Berikut cara registrasi kartu SIM tanpa harus menggunakan KTP.

Pengguna kartu SIM wajib meregistrasi dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) KTP dan Kartu Keluarga (KK). Hanya saja, ternyata ada cara registrasi kartu SIM tanpa memakai KTP. Masa sich? Ya ternyata cara ini diperbolehkan kepada pengguna kartu yang usianya masih di bawah 17 tahun.

Ini karena masyarakat yang berusia di bawah 17 tahun, sesuai ketentuan pemerintah, mereka belum bisa memiliki KTP. Caranya dengan menggunakan NIK yang ada pada kartu keluarga.

“NIK diberikan sejak bayi lahir, jadi semua penduduk punya NIK dan tertera di dalam Kartu Keluarga,” kata Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh.

Sehingga dengan begitu, penduduk yang usianya belum 17 tahun dan belum memiliki KTP tak perlu berkecil hati. Kalian tetap bisa meregistrasi kartu SIM prabayar dan berselancar di dunia maya.

BACA JUGAJumlah Pengguna Laptop dan Telepon Seluler di DKI Jakarta

Adapun format registrasi sesuai ketentuan Kominfo yaitu: NIK#NomorKK#.

Khusus untuk pelanggan lama, registrasi ulang dilakukan dengan cara ULANG#NIK#NomorKK lalu kirim lewat SMS ke 4444.

Yang harus dicermati adalah perbedaan format registrasi masing-masing operator seluler. Untuk kartu SIM perdana Indosat Ooredoo, Smartfren, dan Tri menggunakan format NIK#NomorKK#.

Format pengguna XL Axiata adalahDaftar#NIK#Nomor KK dan format Telkomsel adalah Reg (spasi) NIK#NomorKK.

Sedangkan registrasi ulang pelanggan lama, Indosat, Smartfren, dan Tri menggunakan format ULANG#NIK#NomorKK#.

XL Axiata menggunakan format ULANG#NIK#NomorKK dan Telkomsel memakai format ULANG (spasi) NIK#NomorKK#.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*