Ranking Universitas di Indonesia Terbaru

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenrisetdikti) telah mengumumkan ranking universitas di Indonesia pada 21 Agustus 2017. Universitas Gadjah Mada menempati peringkat satu sebagai universitas terbaik. Di urutan dua Institut Teknologi Bandung dan ketiga Institut Pertanian Bogor. Lantas Universitas Indonesia di posisi berapa?

RUPANYA Kampus Kuning berada di ranking universitas empat nasional. Kemudian berturut Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Negeri Yogyakarta (selengkapnya lihat tabel).

Sementara itu, Kemenrisetdikti juga mengumumkan peringkat perguruan tinggi politeknik se-Indonesia. Dalam daftar tersebut, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya berada di peringkat pertama. Disusul Politeknik Negeri Sriwijaya, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Jember, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Negeri Lampung, Politeknik Negeri Medan, Politeknik Negeri Pontianak dan seterusnya.

Pengelompokan ini adalah upaya untuk memetakan mutu perguruan tinggi. Performa universitas di Indonesia dinilai dari empat komponen utama. Yaitu kualitas SDM, kualitas kelembagaan, kualitas kegiatan kemahasiswaan, serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

“Daftar klasterisasi perguruan tinggi ini merupakan data resmi dari Kemenristekdikti yang dapat digunakan sebagai informasi valid bagi masyarakat, jangan percaya data hoax  yang tidak sesuai dengan daftar yang dikeluarkan kementerian,” kata Menristekdikti Mohamad Nasir.

Tidak hanya untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi, tetapi juga klasterisasi ini dilakukan untuk kesehatan organisasi. Sehingga kemenrisetdikti dapat menyusun formula yang tepat dalam melakukan pembinaan perguruan tinggi di Indonesia.

“Klasterisasi ini dapat digunakan setiap perguruan tinggi sebagai refleksi dan motivasi bagi peningkatan kualitas perguruan tingginya, baik dari segi kualitas sumber daya manusia, kurikulum, manajemen organisasi, riset, publikasi, pengabdian kepada masyarakat dan aspek lainnya,” imbuh Nasir.

Indeks Pembangunan Manusia Indonesia Meningkat, Ini Datanya

Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti Patdono Suwignjo menambahkan, pada tahun ini telah dilakukan penyempurnaan indikator dibanding tahun sebelumnya. Sehingga yang diharapkan dapat lebih mencerminkan kondisi perguruan tinggi Indonesia.

Untuk mendorong lebih lagi peningkatan kualitas pendidikan vokasi melalui revitalisasi politeknik, klasterisasi perguruan tinggi digolongkan dalam dua kelompok. Yakni kelompok Politeknik dan kelompok non-politeknik (universitas, institut, dan lainnya).(tmt)

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*