Peluang Usaha Sektor Pengolahan di Kota Bandung

Jumlah Industri menurut Golongan Pokok dan Skala Usaha di Kota Bandung, 2016 (Unit). Sumber : BPS Kota Bandung

Peluang usaha sektor pengolahan di Kota Bandung cukup menjanjikan. Anda bisa membuka industri skala usaha mikro kecil (UMK) seperti konveksi pakaian jadi, industri pengolahan makanan, produk dari kulit dan lain sebagainya.

Usaha Konveksi Pakaian Paling Kompetitif
Apabila Anda ingin memulai sebuah usaha di sektor pengolahan di Kota Bandung, ada baiknya Anda perlu mengetahui dan memetakan usaha apa saja yang sementara berlangsung di sana.

Nah, berdasarkan hasil listing SE2016 BPS Kota Bandung, jumlah industri pengolahan di Bandung tersebar dalam 24 golongan pokok.

Usaha konveksi pakaian adalah yang kompetitif. Anda harus mampu menghasilkan produk unggul apabila tidak ingin kalah bersaing. Sebab, jumlah usaha konveksi pakaian di Bandung adalah paling banyak, mencapai 10.109 usaha.

Jumlah industri menurut golongan pokok dan skala usaha di Kota Bandung, 2016 (unit).
Sumber : BPS Kota Bandung

Rinciannya, industri menengah besar (UMB) 333 usaha, dan industri pada usaha mikro kecil (UMK) 9.771 usaha. Dari total jumlah industri pengolahan di Bandung, industri konveksi ini mendominasi hingga 31,09 persen.

Pengolahan Makanan Bisa Jadi Pilihan

Selain industri konveksi pakaian, Anda juga bisa membuka usaha olahan makanan. Di Kota Bandung, industri pengolahan makanan cukup menjamur.

Berada urutan kedua industri pengolahan terbanyak setelah konveksi pakaian yaitu sebanyak 8.789 usaha atau sebesar 26,95 persen. Dilihat menurut skala usaha, 8.641 usaha pengolahan makanan adalah UMK. Sisanya sebanyak 148 usaha adalah UMB.

Industri Pengolahan Lainnya Juga Berpeluang
Selain konveksi pakaian dan olahan makanan, Anda juga bisa membuka usaha industri pengolahan lainnya. Seperti usaha pengolahan produk dari kulit, olahan minuman, dan lainnya.

Di Bandung sendiri, industri produk dari kulit ada sebanyak 2.439 usaha atau 7,50 persen. Industri percetakan sebanyak 2.074 usaha atau 6,38 persen. Industri minuman sebanyak 1.907 atau 5,87 persen.

Industri barang dari logam sebanyak 1.755 usaha atau 5,40.persen. Lalu industri tekstil sebanyak 1.167 usaha atau 3,59 persen. Serta pengolahan lainnya sebanyak 1.016 usaha atau 3,13 persen.

Anda Sebaiknya Mencoba Industri Kreatif
Apabila Anda ingin berhasil dalam usaha pengolahan di Kota Bandung, Anda wajib mengikuti tren perkembangan daerah. Ini karena perkembangan industri di Bandung telah makin bergeser menuju industri yang lebih kreatif.

BACA JUGA: Peluang Bisnis di Bandung Tahun 2018, Penginapan dan Kuliner

Ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah industri yang menopang sektor pariwisata seperti industri kuliner dan fashion yang sudah menjadi ikon Kota Bandung. Karena itu, melihat pergeseran ini tidak salah apabila Anda mempertimbangkan juga untuk mencoba membuka usaha industri kreatif.

Inovasi Unik Bisa Jadi Kunci Keberhasilan
Inovasi-inovasi yang Anda hasilkan bisa menjadi kunci keberhasilan usaha Anda. Karena Kota Bandung sebagai kota tujuan wisata, memang perlu didukung dengan usaha-usaha inovatif. Itulah yang mendukung peningkatan daya tarik wisata.

Menjamurnya wisata kuliner, tempat makan yang tertata menarik, menu kuliner yang beragam dan mungkin terlihat unik, serta inovasi-inovasi lain yang menarik.

Industri Kreatif Dibantu Pemerintah
Apabila Anda ingin membuka usaha di sektor industri kreatif, Anda bisa mengajukan proposal bantuan kepada pemerintah. Karena pemerintah Bandung sangat mendukung perkembangan industri kreatif dan industri mikro kecil.

Dibuktikan dengan gelontoran bantuan-bantuan baik dalam bentuk bantuan modal berupa kredit tanpa agunan dan tanpa bunga melalui Kredit Melati.

Pemerintah juga membantu promosi wirausaha mikro kecil dengan mengikuti ajang pameran, serta program mencetak wirausaha baru (WUB) melalui pelatihan.

Ada juga pemagangan dan pendampingan oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Kota Bandung yang saat ini fokus pada empat bidang yaitu kuliner, fashion, kerajinan tangan,dan manajemenusaha.

Persentase jumlah usaha per golongan pokok industri pengolahan di Kota Bandung. Sumber: BPS Kota Bandung.

Pilihan-pilihan Usaha Industri Kreatif
Apabila Anda ingin berkecimpung dalam dunia usaha industri kreatif, ada banyak opsi yang bisa diambil. Tapi sesuaikanlah dengan minat dan bakat Anda. Atau Anda juga bisa membaca peluang di sektor apa dan membayar orang lain untuk bekerja bagi Anda.

Ada 15 sektor industri kreatif yang secara umum marak di Kota Bandung saat ini dan bisa menjadi pilihan Anda. Seperti industry kreatif periklanan, arsitektur, benda seni, kerajinan, desain, fashion, video, film dan fotografi.

BACA JUGA: Peluang Bisnis di Kota Bandung, Sektor Perdagangan

Bisa juga permainan interaktif, musik, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan piranti lunak, televisi dan radio, riset dan pengembangan, dan kuliner.

Dari 15 jenis industri kreatif di atas, yang paling menonjol di Bandung saat ini adalah industri desain, kerajinan tangan/kriya, arsitektur, musik, seni pertunjukan, serta riset dan pengembangan. Silahkan pilih yang Anda rasa pas.

Usaha Anda Bisa Membawa Berkah Bagi Orang Lain
Usaha Anda di sektor industri pengolahan bisa membawa berkah bagi orang lain. Karena usaha Anda bisa membantu pemerintah untuk mengurangi pengangguran. Lewat usaha Anda, bisa terserap tenaga-tenaga kerja.

Tidak dapat dipungkiri, sektor industri pengolahan menyerap tenaga kerja yang cukup banyak di Bandung. Selain industri padat karya, menjamurnya industri kreatif di Kota Bandung menyumbang penyerapan tenaga kerja terbanyak kedua setelah sektor perdagangan besar dan eceran reparasi perawatan mobil dan sepeda motor.

Jumlah tenaga kerja yang terserap di sektor industri pengolahan ada sebanyak 187.948 orang atau sebesar 18,43 persen dari seluruh jumlah tenaga kerja di Kota Bandung. Pekerja dimaksud termasuk juga pemilik yang pada usaha mikro kecil kadang termasuk ke dalam tenaga kerja tidak dibayar atau pekerja keluarga.

Ayo Ikuti Pelatihan Vokasi
Dari seluruh peluang usaha pengolahan di atas, mungkin Anda merasa tidak mudah memilih mana yang tepat. Anda mungkin merasa tidak memiliki keahlian tertentu. Nah, jika seperti itu, ikutilah macam-macam pelatihan vokasi di daerah Anda.

Sebab Pemerintah Kota Bandung dibantu Kementerian Perindustrian, saat ini sementara melakukan penguatan pendidikan vokasi industri yang tersertifikasi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), dan fasilitasi kemudahan pemberian kredit usaha rakyat (KUR).

BACA JUGA: Peluang Bisnis Informasi Komunikasi di Bandung Tahun 2018

Selain itu, dilaksanakan pula program restrukturisasi mesin dan peralatan, fasilitas promosi, pendampingan tenaga ahli desain, serta penguatan branding untuk meningkatkan kecintaan konsumen pada produk dalam negeri.

Anda juga bisa dibantu ketika ingin mempromosikan produk Anda. Untuk mendorong produk IKM agar bisa menembus pasar ekspor, pemerintah memberikan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) IKM serta fasilitasi pembiayaan melalui Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). Nah manfaatkanlah program pemerintah ini. Silahkan buka website lembaga terkait

Perluas Jaringan, Bergabunglah dengan Klub Pelaku Industri
Setelah Anda menceburkan diri dalam sektor pengolahan industri, sebaiknya Anda bergabung dengan klub-klub industri terkait. Dengan memperluas jejaring, Anda bisa saling berbagi informasi dan belajar bersama.

Kabar baiknya, Pemerintah Kota Bandung telah mendirikan Bandung Creative Hub yang menjadi tempat pusat berkumpulnya para pelaku industri kreatif untuk menciptakan gagasan dan menghasilkan berbagai kreasi.

Fasilitas yang dimiliki gedung ini, antara lain Studio Inovasi Foto/TV, Laser Cutting, dan Textile Printer, dan lain-lain), Studio Fashion, Studio ICT, Studio Foto/TV, Studio Musik, Studio Keramik, Design Museum, Design Store, Design/Art Library, Art Gallery, Design Studio, Bioskop untuk Film Eksperimental, Classroom, Café/Resto, Co-Working Space, dan tempat hang out/Study 24 jam.

Dengan potensi tersebut, Kota Bandung menjadi salah satu kota percontohan berbasis industri kreatif di Indonesia dengan sebutan Bandung Creative City. Perekonomian Kota Bandung secara signifikan dikontribusi oleh sektor ekonomi kreatif beserta sektor-sektor pendukung lainnya.

Industri kreatif ini diharapkan dapat terus meningkat dan menjadi salah satu lokomotif kemajuan ekonomi Kota Bandung.

Jangan pernah takut gagal untuk memulai usaha. Tapi tentu saja keberanian Anda harus dilandasi sebuah analisis kekuatan, kelemahan, tantangan, dan kesempatan. Jika dilandasi dengan doa, semangat, dan analisis cerdas, percayalah, Anda pasti sukses.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*