Lowongan Kerja di Jakarta 2018, Tips Memilih Kerja yang Tepat

Tinggal di Jakarta tidak menjamin Anda akan mudah mendapatkan pekerjaan. Buktinya, pengangguran DKI Jakarta pada Agustus 2017 mencapai 346.940 ribu jiwa. Mungkin Anda salah satu penduduk yang masih nganggur dan sementara mencari pekerjaan. Berikut lowongan kerja di Jakarta 2018 beserta tips memilih kerja yang tepat.

Lowongan Kerja di Jakarta 2018-Ada berbagai penyebab mengapa Anda belum atau sulit mendapatkan pekerjaan hingga saat ini. Salah satu penyebab utama adalah jumlah pencari kerja yang makin membludak, tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan pekerjaan yang cukup. Hal ini memicu angka pengangguran naik.

Jakarta sendiri sebagai ibu kota Negara, lapangan pekerjaannya yang tersedia boleh dikata cukup banyak. Hanya saja, jumlah pencari kerja di Jakarta juga terus bertambah. Tak heran, jumlah masyarakat yang menganggur masih tinggi.

Buktinya, angka pengangguran di Jakarta menurut data terakhir BPS DKI Jakarta pada tahun 2017 sebesar 7,14 persen dari total angkatan kerja. Tingkat pengangguran di Jakarta itu pun jauh di atas angka pengangguran nasional, yaitu 5,5 persen.

Angka pengangguran di DKI Jakarta Agustus tahun 2017. Sumber: databoks.katadata.co.id

Tingkat pengangguran paling tinggi di DKI berada di Jakarta Timur, yakni menembus 7,8 persen atau sebanyak 99 ribu jiwa. Lalu Jakarta Utara 7,67 persen dengan jumlah penganggur lebih dari 69 ribu jiwa. Serta Kepulauan Seribu dengan pengangguran sebesar 7,33 persen dengan jumlah penganggur 66 ribu jiwa. Pengangguran ketiga wilayah tersebut merupakan yang tertinggi di DKI Jakarta.

Cara Agar Anda Mendapatkan Pekerjaan

Pencari kerja di Jakarta sangat banyak sementara lapangan pekerjaan yang tersedia tidak cukup. Karena itu, apabila Anda tidak ingin kalah bersaing dalam perburuan mencari kursi pekerjaan, maka Anda wajib menunjukkan skill Anda yang lebih unggul daripada yang lain.

Bila lapangan pekerjaan sudah tersedia lalu kualifikasi ijazah dan kemampuan Anda telah memenuhi syarat, maka itulah peluang Anda. Hanya saja, saat ini masih banyak mereka yang berkualitas tapi menganggur karena tidak memanfaatkan berbagai akses untuk mencari pekerjaan.

Oleh karena itu, Anda wajib secara rutin dan berkala mengecek lowongan pekerjaan baik di media cetak maupun media online.

Bila Anda penduduk DKI Jakarta, silahkan klik link di bawah yang menyajikan berbagai lowongan pekerjaan yang update dan lengkap di daerah. Tapi sebelumnya, sebaiknya Anda membaca lebih lanjut tips memilih kerja yang tepat. Sebab, banyak yang akhirnya gagal masuk kerja dan pupus bekerja karena mengabaikan tips-tips di bawah.

Lowongan Kerja di Jakarta Tahun 2018

Tips Memilih Kerja yang Tepat

Banyak orang terburu-buru dan tanpa pertimbangan matang ketika memilih pekerjaan. Akibatnya, hanya beberapa tahun bahkan bulan kemudian, mereka memutuskan berhenti dari pekerjaannya. Ada pula yang tetap bertahan walaupun mereka tidak bahagia dengan pekerjaannya.

Karena itu, sebelum Anda memutuskan memilih pekerjaan, ada baiknya Anda membaca tips-tips berikut agar Anda mendapatkan pekerjaan yang tepat demi masa depan Anda.

Jangan Tergiur dengan Gaji Besar

Pilihlah pekerjaan dengan gaji besar namun jangan gampang tergiur dengannya. Cek dan ricek dahulu. Karena bisa saja pekerjaan bergaji besar, ternyata membuat Anda tidak nyaman bekerja. Contohnya harus berpisah dengan keluarga, jam kerja yang makan waktu, serta resiko pekerjaan untuk kesehatan Anda

Pilihlah yang Sesuai Minat dan Kemampuan Anda

Jangan hanya karena posisi bergengsi dan gaji yang tinggi, Anda kemudian memilih pekerjaan yang tidak sesuai minat dan kemampuan Anda. Percayalah, suatu kali keputusan Anda akan berdampak tidak baik bagi karir Anda.

Mungkin Anda sudah sangat berminat terhadap suatu lowongan kerja, tapi apabila itu bukan kemampuan Anda, sebaiknya dipikir-pikir lagi. Ada juga pekerjaan di mana kemampuan Anda cukup mumpuni untuk itu. Tetapi bisa jadi Anda tidak mmenyukai atau meminati pekerjaan itu.

Jika Anda tidak suka dengan apa yang Anda lakukan, maka pekerjaan Anda hanya menjadi beban dan tidak membawa sukacita. Pada akhirnya, Anda pasti akan berpikir untuk mundur dari pekerjaan Anda.

Pilihlah Perusahaan Dengan Reputasi Baik

Lowongan pekerjaan yang tersebar baik di media cetak maupun elektronik begitu banyak. Berbagai perusahaan memajang informasi membuka lowongan pekerjaan. Nah, Anda jangan sembarang memilih pekerjaan atau memilih perusahaan.

Karena sudah bukan rahasia lagi dan memang menjadi fakta bahwa ada beberapa perusahaan di Indonesia yang tidak memenuhi hak pekerjanya. Bahkan parahnya ada perusahaan yang membuka lowongan kerja tidak sesuai dengan realita kerja di lapangan. Tidak sedikit kasus yang berupa penipuan.

Oleh karena itu, sebelum memilih pekerjaan, sebaiknya Anda mencari tahu reputasi dari perusahaan bersangkutan. Semakin tinggi reputasi perusahaan tersebut, maka kredibilitas dan profesionalitas perusahaan makin terjamin pula.

Pertimbangkan Lokasi Perusahaan

Tidak sedikit orang yang memilih berpisah dari keluarga demi karir. Mereka memilih bekerja di lokasi yang jauh dari keluarga. Sepanjang kerja itu hanya sementara dan tidak dalam jangka waktu yang lama, mungkin tidak menjadi masalah.

Yang menjadi persoalan adalah tidak sedikit yang lebih memilih pekerjaan dan mengorbankan keluarga sendiri. Karena terlalu berambisi kerja, bahkan disebut gila kerja, mereka rela meninggalkan keluarga dalam waktu yang lama.

Padahal, seharusnya salah satu tujuan utama bekerja adalah untuk menyenangkan keluarga. Sehingga apabila kerja tidak lagi menyenangkan keluarga, lantas untuk apa kita kerja? Karena itu bijaksanalah dalam memilih lokasi pekerjaan.

Apabila keluar daerah sudah menjadi keharusan bagi pekerjaan Anda, maka bawalah keluarga bersama Anda. Namun bila Anda rasa hanya keluar daerah hanya sementara, Anda bisa memberi pengertian bagi keluarga bahwa Anda pasti kembali.

Perhitungkan Beban Kerja dan Kesehatan Anda

Sebelum memilih pekerjaan, Anda sebaiknya mengetahui beban kerja seperti apa yang nantinya akan dikerjakan. Berapa durasi waktu dan kerja seperti apa yang akan Anda lakoni.

Anda harus memperhatikan kesehatan diri. Bagaimana kemampuan diri Anda untuk mengikuti irama pekerjaan nanti. Karena bila tubuh Anda tidak mampu secara baik mengikuti beban kerja perusahaan, maka kesehatan Anda menjadi taruhan.

Untuk apa mendapatkan gaji bila karena pekerjaan kemudian kesehatan Anda terganggu atau sakit. Bukankah kesehatan Anda lebih mahal daripada uang?

Nah demikianlah sejumlah tips-tips sebelum Anda memilih pekerjaan. Mungkin masih ada banyak hal lagi yang perlu Anda perhitungkan. Tapi mudah-mudahan bisa melengkapi referensi Anda untuk berhasil di dunia pekerjaan. Salam.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*