Jumlah Penduduk Dunia Tahun 2018

Berapakah jumlah penduduk dunia tahun 2018? Di manakah Negara dengan jumlah penduduk terbanyak dunia. Lantas posisi Indonesia berada di urutan berapa? Berikut sajian datanya.

Jumlah penduduk dunia tahun 2018 berkisar hingga 7,5 miliar jiwa. China atau populer saat ini disebut Tiongkok, merupakan Negara dengan jumlah penduduk terbanyak dunia. Penduduk Tiongkok menembus 1,38 miliar lebih.

Data tersebut berasal dari situs statistik resmi pemerintah masing-masing negara. Perlu diketahui, jumlah penduduk dalam tabel yang disajikan didasarkan pada perhitungan tahun 2018. Namun ada Negara yang jumlah penduduknya bukan tahun 2018 karena statistik pemerintah belum menyajikan data terbaru.

BACA JUGA: Jumlah Suku di Indonesia, Daftar Suku Terbesar

Walaupun seperti itu, data jumlah penduduk setiap negara tersebut boleh dikata cukup akurat. Tidak hanya negara induk, tetapi wilayah yang memiliki ketergantungan terhadap suatu negara juga masuk dalam tabel. Jumlah penduduknya dituliskan.

Nah, setelah Tiongkok, negara dengan jumlah penduduk paling banyak di dunia adalah India. Jumlah penduduk India mencapai 1,32 miliar lebih. Jumlah penduduk India sendiri diproyeksikan akan melampaui penduduk Tingkok beberapa tahun mendatang.

Di urutan ketiga, yaitu Amerika Serikat. Jumlah penduduk negara super power itu mencapai 328 juta lebih. Bila dibandingkan dengan Tiongkok, jumlah penduduk Amerika Serikat kurang satu juta penduduk.

BACA JUGA: Jumlah Penganut Agama di Indonesia Tiap Provinsi

Selanjutnya di urutan empat, siapa lagi kalau bukan tanah air kita, Bangsa Indonesia. Jumlah penduduk Indonesia diproyeksikan mencapai 255 juta lebih. Indonesia menjadi basis terbesar penduduk Muslim dunia. Sebab jumlah penduduk Muslim di Indonesia adalah ytang terbanyak di dunia.

Setelah Indonesia, berturut-turut yang masuk sepuluh besar yaitu Brasil yang jumlah penduduknya 209 juta jiwa, Pakistan 188 juta jiwa, Nigeria 182 juta jiwa, Bangladesh 164 juta jiwa. Disusul Rusia 147 juta jiwa serta Jepang 126 juta jiwa.

Di Asia Tenggara, penduduk Indonesia jelas adalah paling banyak. Tapi siapa sangka kalau sesudah Indonesia, jumlah penduduk Asia Tenggara terbanyak bukan Thailand, Malaysia, atau Vietnam? Ya, penduduk terbanyak setelah Indonesia adalah Filipina.

BACA JUGA: Jumlah Pemeluk Agama Terbanyak di Dunia

Negara yang letaknya berbatasan langsung dengan Indonesia di bagian utara ini jumlah penduduknya mencapai 106 juta jiwa. Filipina berada di urutan 12 dunia. Setelah Filipina ada Vietnam 90 juta jiwa, Thailand 65 juta jiwa, Nyanmar 53 juta jiwa, Malaysia 31 juta jiwa, dan seterusnya.

Sementara itu, berdasarkan perhitungan Badan Statistik Amerika Serikat, jumlah penduduk di dunia sebanyak 7,53 miliar jiwa pada Januari 2018. Penduduk terbanyak didominasi oleh kelompok umur anak 0-4 tahun. Yaitu 662 juta jiwa atau 8,7% dari total populasi.

Penduduk yang berusia di atas 100 tahun hanya mencapai 500 ribu jiwa atau sekitar 0,01% dari total populasi. Jumlah penduduk dunia usia 15-64 tahun atau penduduk usia produktif sebanyak 4,99 miliar atau 66% dari populasi dunia.

Sedangkan mereka yang berusia 0-14 tahun mencapai 1,93 miliar jiwa. Populasi di atas 65 tahun ke atas berjumlah 681 juta jiwa.(*)

 

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*