DATA TERBARU, Jumlah Penganut Agama di Dunia

Jumlah penduduk dunia tahun 2018 diperkirakan 7,5 miliar. Dibagi menurut jumlah penganut agama di dunia, Kristen yang terbanyak, yaitu 2 miliar lebih. Kedua Islam berkisar 1,5 miliar. Urutan tiga, pasti kamu tak sangka.

Ini adalah daftar lengkap jumlah penganut agama di dunia terbaru tahun 2018 diurutkan dari yang terbanyak mengacu pada www.religionfacts.com. Daftar jumlah pemeluk agama di dunia ini terdiri dari berbagai agama.

Jumlah Pemeluk Kristen Berjumlah 2 Miliar Lebih

www.religionfacts.com

Agama Kristen adalah salah satu agama Abrahamik. Agama ini didasarkan dari ajaran Yesus Kristus. Merupakan agama terbesar di dunia dengan lebih dari 2 miliar penganut atau 33 persen dari populasi penduduk dunia. Pemeluk Kristen disebut juga umat Kristiani. Orang Kristen menyakini bahwa Yesus adalah Anak Allah dan Juru Selamat manusia. Berdasar nubuat dalam Alkitab Perjanjian Lama, Yesus diyakini datang sebagai Mesias.

Jumlah Penganut Islam 1,5 Miliar Lebih

www.religionfacts.com

Islam adalah agama yang mengimani satu Tuhan, yaitu Allah. Sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah Kristenm pemeluk Islam saat ini lebih dari 1,5 miliar di seluruh dunia. Islam punya arti penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan.
Muslim yang artinya “seorang yang tunduk kepada Tuhan” adalah pengikut ajaran Islam. Islam meyakini bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul-Nya. Meyakini dengan sangat bahwa Muhammad adalah nabi yang diutus ke dunia oleh Allah.

Jumlah Penganut Sekuler, Atheis, Tidak Beragama, Agnostik 1,1 Miliar

www.religionfacts.com

Jumlah penganut agama atau kepercayaan terbanyak di dunia di urutan tiga tidak disangka-sangka. Jumlahnya bahkan mencapai lebih dari 1,1 miliar. Merekla adalah penganut sekuler, ateis, tidak beragama, juga agnostik.
Penganut kepercayaan ini disebut Non-Adherent (Tanpa-Pemeluk). Ini adalah sebutan bagi manusia yang berpaham sama dengan paham atheis. Tidak mempercayai adanya tuhan. Kelompok ini banyak berpusat di negara-negara maju berpaham sekuler seperti Amerika Serikat dan Inggris.

Jumlah Pemeluk Hindu 828 Juta Sampai 1 Miliar

www.religionfacts.com

Agama Hindu adalah agama dominan di Asia Selatan. Utamanya di India dan Nepal. Agama ini terdiri dari berbagai aliran, seperti Saiwa, Waisnawa, dan Sakta. Agama Hindu adalah agama tertua dunia yang masih bertahan hingga kini. Dalam ajarannya, Hindu mewajibkan seluruh umatnya untuk hidup tanpa memandang strata, kasta, juga sekte. Mengajarkan kejujuran, pengendalian diri, apalagi kesucian.

Jumlah Penganut Budha 450 Juta Sampai 1 Miliar

www.religionfacts.com

Agama Budha adalah sebuah agama nonteistik. Disebut merupakan filsafat yang berasal dari anak benua India. Sebagian besar tradisi, kepercayaan, dan praktik spiritual didasarkan pada ajaran Siddhartha Gautama. Dikenal secara umum sebagai Sang Budha.

Jumlah Penganuit Kepercayaan Tradisional Tionghoa 400 Sampai 500 Juta

www.religionfacts.com

Kebanyakan penduduk Tionghoa dari suku Han memeluk kepercayaan tradisional. Kepercayaan ini merupakan sinkretisme beberapa kepercayaan atau filsafat di antaranya Konfusianisme, Taoisme, dan Buddhisme. Menariknya kepercayaan ini tidak memiliki kitab suci resmi.

Pemeluk Sikhisme Sekitar 23 juta

www.religionfacts.com

Sikhisme merupakan salah satu agama besar di dunia. Pada abad ke-16 dan 17 agama ini berkembang terutama di India. Sikhisme asalnya dari kata Sikh. Artinya murid atau pelajar. Agama ini percaya satu Tuhan yang pantheistik. Agama ini dibangun dari tradisi-tradisi sosial dan struktur dari agama Hindu serta Islam.

Pemeluk Agama Yahudi Capai 14 juta

www.religionfacts.com

Agama Yahudi adalah kepercayaan yang meyakini wujud Tuhan yang Maha Esa, pencipta dunia. Tuhan yang dipercayai menyelamatkan bangsa Israel dari penindasan di Mesir. Tuhan yang memilih mereka sebagai bangsa terpilih dan cahaya bagi manusia sedunia.
Pemeluk Yahudi dipilih untuk melakukan berbagai tugas dan tanggung jawab. Misalnya mewujudkan masyarakat adil dan makmur serta beriman kepada Tuhan.

Penganut Jainisme Sekitar 8 Sampai 12 juta

www.religionfacts.com

Jainisme adalah agama dharma. Maknanya penaklukan berbagai kodrat syahwati dalam hidup manusia. Agama Jaina didirikan Nataputta Vardhamana. Ia hidup sekitar tahun 559-527 SM. Ia juga disebut Mahavira artinya pahlawan besar.

Ada lebih dari 8 juta pemeluk agama ini, terutama di India. Biasanya secara sosial, penganut Jainisme termasuk masyarakat golongan menengah ke atas. Bangunan-bangunan kuil yang terkenal arsitekturnya dan banyak dikunjungi wisatawan adalah wariawan dari Agama Jaina.

Pemeluk Agama Bahai Sekitar 7,6 – 7,9 Juta

www.religionfacts.com

Bahai merupakan agama monoteistik. Agama ini menekankan kesatuan spiritual bagi seluruh umat manusia. Baha’i lahir di Persia atau sekarang Iran pada abad 19. Pendirinya adalah Bahá’u’lláh. Jumlah penganut Bahá’í, pada awal abad kedua puluh satu, diperkirakan mencapai enam juta orang di lebih dari dua ratus negara.

Penganut Agama Shinto Sekitar 27 Sampai 65 Juta

www.religionfacts.com

Shinto merupakan agama dari Jepang. Shinto adalah agama resmi Jepang sejak masa Restorasi Meiji sampai akhir Perang Dunia II. Shinto adalah agama asli Jepang. Agama ini memiliki sifat unik. Berbagai bentuk upacara agamanya dan ajarannya memperlihatkan banyak istilah yang sukar tepat dibahasakan ke dalam bahasa lain.

Penganut Agama Cao Dai 1 Sampai 3 juta

www.religionfacts.com

Cao Dai adalah agama sinkretis bari yang dibentuk pada tahun 1926 di Tây Ninh, Vietnam. Cao Dai artinya tempat tinggi atau tempat tinggi di mana Tuhan berada. Pengikut Cao Dai yakin berbagai pengajaran, simbolisme dan organisasi mereka ditunjukkan langsung oleh Tuhan. Uniknya mereka percaya ajaran Buddhisme, Taoisme, Konfusianisme dan Kristen. Jumlah pengikut ditaksir 2-3 juta jiwa di Vietnam dan negara lain.

Jumlah Penganut Spiritisme 2,5 juta

www.religionfacts.com

Spiritisme adalah usaha mendatangkan serta berkomunikasi dengan roh. Dalam bahasa Latin disebut spiritus. Para arwah orang mati, kemudian mengadakan pertemuan yang dikata seance. Dalam ritualnya, agama ini seringkali menggunakan seorang medium perantara sebagai media berkomunikasi dengan roh. Seperti kesurupan.
Kelompok yang menganut aliran ini telah terorganisasi dengan baik di kalangan masyarakat di Amerika Serikat, Filipina, Brazil serta Eropa.

Pemeluk Kepercayaan Tenrikyo 2 juta

Tenrikyo merupakan agama monoteisme di Jepang. Berkembang berdasar ajaran Miki Nakayama. Ia dikenal sebagai Oyasama oleh pengikutnya. Pengikut Tenrikyo yakin, Tuhan dikenal berbagai nama. Seperti Tenri-O-no-Mikoto. Dianggap telah menyatakan kehendak ilahi-Nya lewat Nakayama. Ia berperan sebagai “Kuil Suci Tuhan”.

Penganut Gerakan Kepercayaan Rastafari 700 ribu

www.religionfacts.com

Gerakan Rastafari adalah gerakan kepercayaan agama baru. Ia mengakui Haile Selassie I, bekas kaisar Ethiopia, sebagai raja. Nama Rastafari asalnya dari Ras Tafari. Merupakan nama Haile Selassie I sebelum dinobatkan kaisar. Gerakan ini muncul dari Jamaika di antara orang kulit hitam. Teruma di kalangan kelas pekerja dan petani pada tahun 1930-an.

Penganut Kepercayaan Unitarian Universalisme 630 ribu

www.religionfacts.com

Unitarian Universalisme merupakan gerakan agama yang teologinya liberal. Penganutnya menjunjung pencarian bebas dan bertanggung jawab akan kebenaran. Pandangan ini membuat kaum Unitarian Universalis memiliki keyakinan dan praktik yang beragam.
Perhimpunan Unitarian Universalis didirikan tahun 1961. Adalah penggabungan Perhimpunan Unitarian Amerika serta Gereja Universalis Amerika. Kantor pusat di Boston, Massachusetts, dan melayani gereja di Amerika Utara.

Penganut Kepercayaan Zoroastrianisme 145 Sampai 210 ribu

www.religionfacts.com

Zoroastrianisme adalah agama yang didasari ajaran Zarathustra. Dalam bahasa Yunani disebut Zoroaster. Dahulu kala, Zoroastrianisme adalah agama berasal dari Persia Kuno. Kini dikenal dengan Iran. Agama ini dikenal dengan sebutan Mazdayasna. Yakni kepercayaan yang menyembah Ahura Mazda atau Tuhan yang bijaksana.

Demikianlah data terbaru jumlah penganut agama di dunia. Masih banyak lagi agama-agama lain di dunia yang tidak tertulis di atas karena jumlah pemeluknya yang sedikit. Mudah-mudahan bisa menjadi sumber pengetahuan pembaca.(*)

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*