Proyeksi Jumlah Pemeluk Agama di Dunia, Islam Tumbuh Pesat

Islam akan tumbuh lebih cepat daripada Kristen dan semua agama besar lainnya. Di Eropa, Islam akan menembus 10 persen. India akan memiliki populasi Muslim terbesar di dunia, menggeser Indonesia. Berikut proyeksi jumlah pemeluk agama di dunia pada tahun 2050.

Peta agama di dunia berubah dengan cepat. Terutama didorong oleh perbedaan dalam tingkat kesuburan tiap agama, proporsi pemuda agama-agama utama dunia, serta orang-orang yang pindah agama. Menurut Pew Research Center, dalam proyeksi jumlah pemeluk agama di dunia, pada tahun 2050, Kristen akan tetap menjadi agama dengan jumlah pemeluk terbesar dunia.

Akan tetapi Islam akan tumbuh lebih cepat daripada semua agama besar lainnya. Jika tren saat ini berlanjut, maka empat dekade ke depan atau pada tahun 2050, jumlah Muslim akan hampir sama dengan jumlah orang Kristen di seluruh dunia.

Proyeksi jumlah pemeluk agama di dunia pada dekade 2010-2050.

Ateis, agnostik, dan orang lain yang tidak berafiliasi dengan agama apa pun, meskipun meningkat di negara-negara seperti Amerika Serikat dan Prancis, jumlahnya akan merosot dari total penduduk dunia.

Populasi Budha secara global akan memiliki populasi yang sama pada tahun 2010. Sementara populasi Hindu dan Yahudi akan lebih besar daripada saat ini.

BACA JUGA: Jumlah Penganut Agama di Indonesia Tiap Provinsi

Di Eropa, umat Islam akan mencapai 10% dari keseluruhan populasi. India akan mempertahankan mayoritas Hindu tetapi juga akan memiliki populasi Muslim terbesar di negara manapun di dunia, melebihi Indonesia.

Di Amerika Serikat, umat Kristen akan menurun. Dari tiga perempat populasi pada tahun 2010 menjadi dua pertiga pada 2050. Sementara Yudaisme di Amerika tidak lagi menjadi agama non-Kristen terbesar. Muslim akan lebih banyak di AS daripada orang-orang yang mengidentifikasi sebagai Yahudi atas dasar agama.

Proyeksi jumlah pemeluk agama di dunia pada dekade 2010-2050.

Empat dari setiap 10 orang Kristen di dunia akan tinggal di Afrika sub-Sahara. Ini adalah salah satu tren agama global yang disorot dalam proyeksi demografi baru oleh Pew Research Center.

Diketahui, proyeksi ini memperhitungkan ukuran terkini dan distribusi geografis agama-agama utama dunia, perbedaan usia, tingkat kesuburan dan kematian, migrasi internasional dan pola dalam konversi.

Loading...

BACA JUGA: Perkembangan Islam di Eropa, Ini Fakta Terbaru

Pada 2010, Kristen adalah agama terbesar di dunia. Dengan perkiraan 2,2 miliar pengikut, hampir sepertiga (31%) dari semua 6,9 miliar orang di bumi. Islam kedua, dengan 1,6 miliar pengikut, atau 23% dari populasi global.

Jika tren demografi saat ini berlanjut, bagaimanapun, Islam akan menyusul Kristen pada pertengahan abad ke-21. Antara 2010 dan 2050, populasi total dunia diperkirakan akan meningkat menjadi 9,3 miliar, meningkat 35%.

Selama periode yang sama, Muslim sebagai populasi dengan tingkat kesuburan tinggi, diproyeksikan meningkat sebesar 73%. Jumlah orang Kristen juga diproyeksikan meningkat, tetapi lebih lambat 35%.

BACA JUGA: Jumlah Pemeluk Agama Terbanyak di Dunia

Akibatnya, menurut proyeksi Pew Research, pada tahun 2050 penduduk Muslim akan mencapai 2,8 miliar, atau 30% dari populasi. Hanya selisih sangat tipis dari Kristen yang berjumlah 2,9 miliar, atau 31%. Jaraknya yang sangat tipis ini adalah untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Proyeksni jumlah pemeluk agama di dunia dibuat oleh Pew Research Center. Lembaga berasal dari Amerika Serikat yang punya kredibilitas tinggi di mata publik. Riset-risetnya mengedepankan objektivitas dan tentu saja ilmiah.(*)

One thought on “Proyeksi Jumlah Pemeluk Agama di Dunia, Islam Tumbuh Pesat

  1. Tau dari mana islam pertumbuhan nya cepat ,dia kan cuma agama yg berkembang di asia timur tengah ,klo kristen kan di seluruh dunia eropa,amerika,sampai mediterania

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *