Tips Mengatasi Depresi (2): Khawatir Anak Anda Depresi?

TIPS MENGATASI DEPRESI 2

Tumbuh dengan penuh tantangan dan peluang. Mulai dan pindah sekolah, teman baru, melalui masa pubertas, dan mempersiapkan ujian. Fase-fase itu bisa membuat anak Anda stress atau depresi. Nah berikut tips mengatasi depresi (2): khawatir anak anda depresi?

Beberapa anak mengambil perubahan dengan tenang. Bagi yang lain, adaptasi lebih sulit, menyebabkan stres dan bahkan depresi. Jika Anda khawatir anak Anda mungkin depresi, bacalah ini terus.

Apa yang seharusnya kamu ketahui

Depresi adalah penyakit yang ditandai dengan kesedihan terus-menerus. Anda kehilangan minat dalam kegiatan yang biasa Anda nikmati, disertai ketidakmampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari, setidaknya selama dua minggu.

Tanda-tanda tambahan dan gejala depresi selama masa kanak-kanak termasuk mengasingkan dari orang lain, lekas marah, menangis berlebihan, kesulitan berkonsentrasi di sekolah, perubahan nafsu makan atau tidur kurang lebih.

Anak-anak yang lebih muda mungkin kehilangan minat dalam bermain. Anak yang lebih tua bahkan dapat mengambil risiko yang tidak biasa mereka ambil. Tapi ingat depresi dapat dicegah dan diobati.

Apa yang bisa Anda lakukan jika Anda berpikir anak Anda mungkin depresi:

• Bicaralah padanya tentang hal-hal yang terjadi di rumah, di sekolah dan di luar sekolah. Cobalah untuk mencari tahu apakah ada sesuatu yang mengganggunya.
• Berbicaralah kepada orang yang Anda percaya yang mengenal anak Anda.
• Mintalah saran dari penyedia layanan kesehatan Anda.
• Lindungi anak Anda dari stres yang berlebihan, penganiayaan dan kekerasan.
• Berikan perhatian khusus pada kesejahteraan anak Anda selama perubahan kehidupan seperti memulai sekolah baru atau pubertas.
• Dorong anak Anda untuk cukup tidur, makan teratur, aktif secara fisik, dan melakukan hal-hal yang dia sukai.
• Luangkan waktu untuk menghabiskan waktu bersama anak Anda.
• Jika anak Anda memiliki pikiran untuk melukai dirinya sendiri, atau sudah melakukannya, carilah bantuan dari seorang profesional terlatih segera.

Ingat: Jika Anda berpikir anak Anda mungkin depresi, bicaralah padanya tentang kekhawatiran atau kekhawatiran, dan minta bantuan profesional jika diperlukan.

BACA JUGA: Orang Depresi, Ciri-ciri Depresi, dan Mengatasi Depresi

BACA JUGA: Tips Mengatasi Depresi (1): Dengarkan Jangan Hakimi!

BACA JUGA: Tips Mengatasi Depresi (3): Khawatir Tentang Masa Depan

Demikianlah tips mengatasi depresi (2): khawatir anak anda depresi? Mudah-mudahan berfaedah.(*)

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*