Cara Mengatasi Depresi Setelah Melahirkan

Cara Mengatasi Depresi Setelah Melahirkan
Cara Mengatasi Depresi Setelah Melahirkan

Memiliki bayi adalah salah satu fase paling penting dalam hidup. Tetapi masa itu dapat menyebabkan kekhawatiran, kelelahan dan kesedihan. Biasanya perasaan-perasaan ini tidak bertahan lama. Tetapi jika bertahan, Anda mungkin menderita depresi. Untuk informasi lebih lanjut, berikut cara mengatasi depresi setelah melahirkan.

Apa yang seharusnya kamu ketahui?
Depresi setelah persalinan sangat umum terjadi. Mempengaruhi 1 dari 6 wanita yang telah melahirkan. Depresi adalah penyakit yang ditandai dengan kesedihan terus-menerus dan kehilangan minat beraktivitas, disertai ketidakmampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari, setidaknya selama dua minggu.

Selain itu, orang dengan depresi biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut: kehilangan energi; kurang selera; tidur lebih banyak atau lebih sedikit; kegelisahan; kurang konsentrasi; keraguan; kegelisahan; perasaan tidak berharga, rasa bersalah, atau keputusasaan; dan pikiran menyakiti diri hingga bunuh diri.

Gejala depresi setelah melahirkan juga meliputi: perasaan kewalahan; menangis terus-menerus tanpa alasan yang jelas; kurangnya ikatan dengan bayi Anda; dan ragu tentang bisa merawat diri sendiri dan bayi Anda.

Depresi setelah melahirkan dapat ditangani dengan bantuan profesional. Perawatan dan obat-obatan berbicara dapat membantu. Beberapa obat dapat diminum dengan aman saat menyusui.

Tanpa pengobatan, depresi setelah persalinan bisa berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Itu dapat mempengaruhi kesehatan Anda dan perkembangan bayi Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan jika Anda berpikir Anda mengalami depresi

• Diskusikan perasaan Anda dengan orang-orang yang dekat dengan Anda dan minta dukungan mereka. Mereka mungkin dapat membantu Anda menjaga bayi ketika Anda membutuhkan waktu untuk diri sendiri atau untuk beristirahat.

• Tetap terhubung dengan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

• Carilah tempat terbuka. Bawa bayi Anda berjalan keluar. Itu baik untuk Anda dan bayi.

• Bicarakan dengan ibu lain yang mungkin memiliki saran atau dapat berbagi pengalaman.

• Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Ia dapat membantu Anda menemukan perawatan yang paling sesuai dengan situasi Anda.

• Jika Anda punya pikiran untuk menyakiti diri sendiri atau bayi Anda, carilah bantuan dengan segera.

BACA JUGA: Orang Depresi, Ciri-ciri Depresi, dan Mengatasi Depresi

BACA JUGA: Tips Mengatasi Depresi (1): Dengarkan Jangan Hakimi!

BACA JUGA: Cara Mencegah dan Mengatasi Depresi di Usia Tua

Ingat: Depresi setelah persalinan sangat umum. Jika Anda berpikir Anda mungkin terpengaruh, carilah bantuan.(*)

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*