Panduan Tips Sukses GO-FOOD, Untung Puluhan Ratusan Juta

RAJA DELIVERY SERVICE
RAJA DELIVERY SERVICE

Rumah makan/merchant dengan nama atau brand sudah terkenal, memang tak heran jika mereka bisa sukses dengan GO-FOOD. Tapi tak sedikit juga merchant dengan brand tidak popular atau baru, bisa dengan secepat kilat menghasilkan omzet luar biasa. Apa rahasianya? Berikut panduan atau tips sukses GO-FOOD, bisa untung puluhan hingga ratusan juta.

Banyak pengusaha skala besar bahkan kecil yang telah untung besar dengan berjualan lewat GO-FOOD. Tak mengherankan, karena GO-FOOD merupakan layanan pesan-antar makanan terbesar di dunia setelah Cina.

RAJA DELIVERY SERVICE
RAJA DELIVERY SERVICE: Anda bisa sukses besar dengan cara cerdas berjualan lewat GO-FOOD.

Banyak pengusaha kecil yang telah terbantu oleh Gojek. Hal ini sejalan dengan pilar Go-Jek yaitu social impact. Salah satu pengusaha yang sukses bersama GO-FOOD dapat Anda baca lewat kisah berikut ini.

BACA JUGA: Kisah Sukses GO-FOOD, Merchant Banjir Orderan

Nah bagaimana cara bisa berhasil jualan di GO-FOOD dan menghasilkan omzet puluhan hingga ratusan juta. Berikut panduan dan tips-tipsnya:

  1. Nama Rumah Makan

Merchant yang sudah memiliki nama besar atau brand terkenal, memang akan lebih mudah jualan karena sudah diketahui banyak orang. Tapi apabila Anda pengusaha skala menengah atau kecil jangan berkecil hati. Walaupun usaha Anda belum terkenal, Anda bisa sukses jualan melalui GO-FOOD dalam jangka waktu singkat.

Jika Anda belum memiliki nama merchant, sebaiknya Anda mencari nama yang berkaitan dengan nama menu andalan Anda. Misalnya jika menu andalan Anda Ayam Geprek, maka bisa Ayam Geprek Bandung, Ayam Geprek Anisa atau sejenisnya. Mengapa?

Karena ketika konsumen mencari makanan, mereka biasanya langsung mengetik nama menu. Sehingga saat konsumen mengetik Ayam Geprek, maka resto Anda akan muncul di list atas pencarian merchant dan list pencarian menu. Apalagi untuk rumah makan baru, strategi ini rasanya bisa dicoba agar rumah makan Anda bisa muncul di list pencarian konsumen.

  1. Letak Rumah Makan

BERPENGARUH: Anda harus mengenal letak posisi rumah makan untuk sukses dengan GO-FOOD.

Nah Anda juga harus paham siapa saja masyarakat yang ada di sekitar Anda. Apabila Anda berdekatan dengan kampus dan kos-kosan, jualah menu yang cocok dan harganya terjangkau oleh mahasiswa terutama.

Loading...

Anda juga sebaiknya membuka usaha di tempat padat penduduk bagian perkotaan. Karena semakin banyak masyarakat, maka potensi order semakin tinggi. Di pedesaan sendiri, diperkirakan pengguna smarthphone tidak sebanyak di daerah perkotaan.

Konsumen GO-FOOD banyak yang mencari makanan dengan memilih fitur Near Me atau yang terdekat. Jadi pembeli Anda dipastikan paling banyak adalah mereka yang berjarak 1 (satu) sampai 5 (lima) kilometer jaraknya dari lokasi usaha Anda.

  1. Paham Kompetitor

KENALI LAWAN ANDA: Anda harus mengetahui siapa saja lawan di sekeliling rumah makan Anda untuk berhasil berjualan di GO-FOOD.

Nah ini faktor yang tak kalah penting. Bayangkan saja apabila Anda menjual makanan yang harganya lebih mahal dan rasanya tak lebih enak dari rumah makan di sekitar Anda. Bisa dipastikan Anda akan kalah bersaing.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui siapa saja lawan di sekeliling rumah makan Anda. Anda bisa mencari tahu dengan memanfaatkan aplikasi GOFOOD dan pilih Near Me. Bandingkan harga menu mereka dan kalau bisa Anda mencicipi makanan mereka buat perbandingan.

BACA JUGA: Kumpulan Resep Kue Basah Tradisional dan Praktis

Anda juga bisa membuat menu khusus yang tidak ada atau jarang dijual kompetitor Anda, waktu operasional mereka, dan lain sebagainya. Dengan menganalisis lawan, maka Anda bisa mengatur strategi berjualan agar bisa bersaing dan menang.

  1. Waktu Operasional

LIHAT PELUANG: Waktu operasional yang tepat akan membantu Anda mengembangkan usaha Anda di GO-FOOD.

Nah waktu oprasional ini sangat menentukan juga keberhasilan Anda. Anda harus dapat mengetahui, di hari dan jam apa saja pesanan biasanya meningkat. Apabila tempat usaha Anda di kawasan pekerja, maka waktu siang potensi akan banyak pelanggan. Tetapi jika Anda hanya membuka rumah makan Anda di sore hari, maka para pekerja sudah pulang.

Apabila memungkinkan, coba Anda membuka rumah makan Anda 24 jam. Dapat dipastikan omzet Anda akan meningkat tetapi Anda harus menghitung dengan waktu Anda atau pekerja Anda.

  1. Titik Lokasi Google Maps

HARUS PAS: Pastikan titik gps lokasi usaha Anda sudah tepat.

Nah ini juga penting, apabila titik lokasi GPS yang Anda berikan ke sales GO-FOOD tidak pas dengan seharusnya, maka bisa meningkatkan cancel pesanan. Karena itu, pastikan titik gps lokasi usaha Anda sudah tepat. Apabila ada kesalahan, Anda bisa langsung menghubungi sales GO-FOOD.

  1. Nomor Telepon Rumah Makan

Pastikan nomor telepon outlet yang Anda berikan ke sales GO-FOOD sudah benar. Karena nomor ini biasanya akan dihubungi driver sebelum menjemput makanan. Bila nomor tidak ada atau tidak aktif, maka driver berpotensi membatalkan pesanan.

  1. Daftar Menu Tersusun Rapi

Anda harus menempatkan menu-menu unggulan di urutan atas list menu Anda. Jangan sampai menu unggulan Anda malah tenggelam di bawah. Tidak sedikit konsumen yang enggan geser jauh ke bawah untuk mencari menu makanan. Karenanya, susunlah setiap menu berurutan sesuai kategori dan tempatkan menu terbaik di list menu paling atas.

  1. Kualitas Makanan

CIPTAKAN PELANGGAN SETIA: Faktor utama pembeli menjadi pelanggan di GO-FOOD adalah rasa makanan.

Ini paling penting. Faktor utama pembeli menjadi pelanggan di rumah makan Anda adalah kualitas atau rasa makanan. Ketika ada konsumen untuk pertama membeli dan kemudian dia balik lagi, maka bersenanglah. Kunci keberhasilan merchant/rumah makan adalah menciptakan pelanggan loyal dan setia.

Yang perlu diingat juga, Anda harus menjamin kebersihan makanan. Pastikan makanan yang disajikan melalui proses yang hiegenis. Selain itu, Anda juga bisa berinovasi dengan pembungkus makanan yang bisa membuat konsumen tertarik dan makin menyukai makanan Anda. Ingat kualitas nomor satu.

  1. Harga Terbaik

Seperti yang diketahui, Go-Jek menerapkan kebijakan bagi hasil 20 persen kepada setiap mitra usahanya untuk setiap makanan yang laku. Hal ini membuat banyak owner atau pemilik rumah makan menaikkan harga makanannya.

Inia adalah sesuatu yang wajar. Tapi ingat, hal ini jangan sampai membuat Anda salah mematok harga makanan. Anda bisa menaikkan harga tinggi dan untung banyak untuk satu pesanan, tetapi jumlah pesanan di rumah makan Anda bisa jadi jelek. Lebih baik Anda memasang harga yang pas tetap menguntungkan tetapi orderan tinggi.

Anda harus menganalisis harga kompetitor di sekeliling tempat usaha Anda. Apabila ada rumah makan yang harganya jauh di bawah harga Anda dengan rasa dan porsi relatif sama, maka itu bisa menghambat usaha Anda berkembang memperolrh profit. Makanya, Anda harus memasang harga yang terbaik.

  1. Gambar Foto Menu Sangat Menentukan

PENTING: Banyak konsumen yang memutuskan membeli karena melihat produk Anda melalui gambar menu.

Banyak konsumen yang memutuskan membeli bukan karena membaca daftar menu Anda, tetapi mereka membeli karena melihat produk Anda melalui gambar menu. Nah di apliksi GO-FOOD, cukup banyak rumah makan yang tak melengkapi foto menunya. Ini adalah peluang Anda.

Lengkapi setiap menu dengan foto terbaik. Anda bisa mengambil gambar dengan menggunakan smartphone Anda. Ambillah gambar terbaik untuk ditampilkan dalam daftar menu. Anda juga harus menempatkan menu dan foto terbaik di bagian banner/foto utama Anda di aplikasi.

  1. Ketersediaan Menu

Apabila ada konsumen yang memesan di rumah makan Anda, tapi ternyata setelah dijemput driver, ternyata menu tersebut belum siap atau habis untuk menu tersebut, maka konsumen bisa kecewa. Karena pengalaman buruk itu, mereka tidak akan kembali membeli di rumah makan Anda. Anda gagal menggaet pelanggan.

Nah oleh karena itu, manfaatkan fitur aplikasi GO-RESTO/GOBIZ dengan baik. Anda bisa langsung menggeser menu yang telah habis agar tidak dipesan oleh konsumen. Dengan begitu Anda menghindari potensi konsumen kecewa.

  1. Ikut Promo GO-FOOD

TINGKATKAN ORDERAN: Dengan ikut promo promo GO-FOOD, tingkat pesanan di rumah makan Anda bisa bertambah.

Go-Jek atau Go-Food sendiri memiliki banyak program untuk meningkatkan penjualan rumah makan. Anda bisa berkonsultasi dengan sales Go-Food untuk menanyakan promo apa saja yang sementara dijalankan. Dengan ikut promo ini, tingkat pesanan di rumah makan Anda bisa meningkat dan omzet Anda semakin bertambah.

Kecepatan Makanan Selesai Dibuat

SPEED GOFOOD GOJEK
TUNTASKAN CEPAT: Pastikan ketika sudah ada pesanan, buatlah dengan waktu seefisien dan secepat mungkin.

Satu hal penting yang perlu Anda ketahui. Walaupun makanan Anda enak dan bersih, tapi apabila pembuatannya memakan banyak waktu, maka konsumen bisa kecewa. Konsumen tidak ingin menunggu terlalu lama sejak pemesanan.

Jadi pastikan ketika sudah ada pesanan, buatlah dengan waktu seefisien dan secepat mungkin. Sehingga driver bisa mengantar makanan lebih cepat sampai ke konsumen.

Setelah membaca panduan ini apakah Anda tertarik bergabung dengan GO-FOOD? Apabila Anda ingin mendaftar GO-FOOD, berikut caranya.

Cara Daftar GO-FOOD dan Panduan Sukses Berjualan

Demikianlah panduan atau tips-tips bagaimana agar sukses berjualan melalui GO-FOOD yang merupakan raja delivery makanan terbesar di Indonesia dan kedua terbesar di dunia. Harapannya dengan membaca artikel ini, usaha Anda bisa lebih maju dan omzet Anda meningkat pesat.(*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*