Cara Menghemat Kuota Internet Telkomsel, 3, Smartfren, Indosat, XL

Cara menghemat kuota internet Telkomsel, Indosat, 3, XL, Smartfren
Cara menghemat kuota internet Telkomsel, Indosat, 3, XL, Smartfren

Cara menghemat kuota internet Telkomsel, Indosat, 3, Smartfren, atau XL sebetulnya mudah saja. Berikut berbagai tips supaya pengeluaran Anda tidak boros.

Kuota data internet seakan sudah menjadi kebutuhan pokok di era yang semakin canggih saat ini. Tanpa paket data internet, banyak yang merasa kurang lengkap menjalani keseharian.

Berbagai layanan jasa telekomunikasi berlomba-lomba menawarkan paket internet dengan harga yang murah. Tak heran, konsumsi data internet saat ini semakin tinggi.

Banyak masyarakat yang mengalami ketergantungan internet yang mereka pakai untuk main media sosial ataupun nonton video seperti youtube.

Untuk streaming dan mengakses sosial media, dibutuhkan banyak kuota. Dalam satu hari, Anda bisa menghabiskan kuota setidaknya 1 GB.

Apalagi jika Anda sering streaming video, Anda akan menghabiskan kuota lebih dari 1 GB per hari. Itu membuat pengeluaran paket data sangat besar tiap bulan.

Cara Mempercepat Jaringan Internet Smartfren 2020

Gaya hidup seperti ini ternyata tidak sehat dan tidak bagus apabila jika sudah berlebihan seperti di atas. Uang Anda habis untuk membeli kuota internet.

Anda menjadi boros. Banyak pengeluaran yang harus Anda keluarkan hanya untuk beli kuota sementara di satu sisi mengorbankan kebutuhan lainnya.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui trik bagaimana untuk menghemat pemakaian kuota internet supaya uang Anda boleh selamat dari tabungan.

Cara menghemat kuota internet Telkomsel, Indosat, 3, XL, Smartfren
Cara menghemat kuota internet Telkomsel, Indosat, 3, XL, Smartfren

Hemat Kuota Internet Telkomsel, Smarfren, 3, XL, Indosat

Nah, apapun layanan provider yang Anda gunakan, trik bagaimana cara menghemat kuota internet adalah sama. Apakah Anda pelanggan Telkomsel, Smarfren, 3, XL, atau Indosat.

Matikan Titik GPS

Nah ini yang kerap tidak diketahui banyak orang. Jika Anda terlalu sering mengaktifkan GPS, maka kuota Anda akan lumayan banyak terserap.

Oleh karena itu, disarankan Anda mematikan fitur tersebut. Meskipun Anda tidak sedang menggunakan HP, GPS tetap aktif mengupdate lokasi real time Anda yang tentu menghisap kuota Anda.

Atur pengaturan maps Anda. Silahkan matikan. Jikapun ada aplikasi yang mewajibkan lokasi aktif, maka aktifkan GPS sementara. Matikan jika aplikasi terkait sudah tidak digunakan.

Loading...

Kelebihan & Kekurangan Paket Kuota Ketengan Telkomsel

Atur Update Otomatis ke Mode WiFi

Nah ini yang juga tidak disadari banyak orang. Jika Anda mengaktifkan update otomatis di HP Android atau iOS, maka kuota ANda akan terkuras habis.

Bayangkan saja, dalam satu kali update satu aplikasi Anda menggunakan kuota dari puluhan sampai ratusan MB. Nah lalu bagaimana jika Anda HP mengupdate otomatis puluhan aplikasi, pasti kuota Anda terhisap habis.

Oleh karena itu, aturlah pengaturan update dari data ke WiFi Only. Jadi update otomatis akan aktif jika Anda menggunakan Wifi. Misalnya Wifi Telkom di rumah atau di kantor.

Caranya untuk mengatur ke mode Wifi sangat mudah. Bagi pengguna Android, silahkan buka aplikasi Google Play Store Anda. Pilih menu dan klik settings atau pengaturan. Klik auto-update apps lalu pilih hanya WiFi.

Untuk pengguna iOS, cukup klik settings lalu pilih iTunes & Apps Store. Selanjutnya matikan pilihan use cellular data.

Atur Mode Hemat Instagram dan Youtube

Selanjutnya adalah Anda bisa mengatur mode hemat ketika menggunakan aplikasi. Aplikasi yang disarankan supaya Anda mengaktifkan mode hemat adalah Instagram dan Youtube.

Diketahui kedua aplikasi tersebut memiliki pengguna yang banyak dan menyerap banyak kuota. Untuk pengguna Instagram, jika Anda tidak mengaktifkan data saver, maka video di Instagram akan terputar otomatis.

Anda bisa mengubah pengaturan pemutaran dengan klik settings, pilih account, klik mobile data use, lalu klik data saver. Dengan begitu, kuota internet akan lebih hemat.

Sementara jika Anda hobi nonton Youtube, maka cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat adalah dengan memilih menonton dengan resolusi sedang atau rendah.

Anda bisa membuka Youtube memilih pengaturan dan mengatur resolusi ke 360 pixel atau 240 pixel. Jika Anda menonton 720 atau 1080 pixel, memang Anda akan bisa menikmati kualitas gambar jernih namun sangat boros.

Cara Daftar Paket Unlimited Youtube Indosat 2020

Atur Notifikasi Pemakaian Data

Selain bisa langsung mengatur melalui aplikasi, Anda juga bosa mengatur notifikasi pemakaian penggunaan kuota internet melalui pengaturan HP.

Caranya terbilang mudah. Buka ke menu settings atau pengaturan di HP. Lalu pilih data usage dan klik celular data. Pilih set celluar data limit.

Dengan menggunakan fitur ini, maka Anda akan diberikan peringatan jika pemakaian data sudah melebihi batas.

Gunakan Browser Efisien

Ada sejumlah aplikasi browser yang bisa Anda pakai untuk internetan. Misalnya Opera Mini atau Google Chrome yang memang sudah ada di setiap smartphone Android.

Di Google Chrome dan Opera Mini jika Anda perhatikan memiliki fitur hemat internet. Anda bisa mengatur di pengaturan browser agar internet bisa hemat.

Misalnya setiap laman website yang Anda kunjungi harus meminta izin dulu sebelum menampilkan iklan atau video.

Nah demikianlah berbagai trik atau cara menghemat kuota internet Telkomsel, Indosat, 3, Smartfren, XL, atau operator seluler lainnya. Kiranya bisa bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*