Cara Mendaftar Rumah Belajar Gratis Kemendikbud 2020

Cara mendaftar di Rumah Belajar Gratis dari Kemendikbud tahun 2020 terbilang gampang. Anda bisa registrasi melalui website atau aplikasi Rumah Belajar.

Cara mendaftar di Rumah Belajar Gratis dari Kemendikbud hanya simpel saja

Pemerintah telah menyusun kalender pendidikan Indonesia selama satu tahun atau dua semester. Para siswa pun sudah memiliki jadwal belajar di sekolah.

Hanya saja, akibat virus Korona, membuat banyak pemerintah daerah meliburkan sekolah pada bulan Maret 2020 ini. Imbasnya aktivitas belajar di sekolah pun terhenti.

Nah, agar siswa bisa mengisi hari libur di rumah dengan bermanfaat, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengajak semua siswa untuk belajar daring.

Yaitu dengan belajar di portal atau aplikasi Rumah Belajar yang bisa diakses secara GRATIS. Tidak kalah dengan pembelajaran di sekolah, portal Rumah Belajar memiliki banyak keunggulan.

Daftar IPM Kabupaten Kota di Indonesia

Keunggulan

1. Banyak fasilitas pembelajaran bagi para siswa.

2. Jika di sekolah, guru menggunakan berbagai media, di Rumah Belajar juga tidak kalah lengkap. Rumah belajar memiliki berbagai media pembelajaran multimedia berupa teks, grafis, foto, video, audio, hingga animasi. Menarik bukan!

3. Banyak kumpulan soal yang sangat lengkap dan baik untuk latihan maupun try out ujian. Ini cocok bagi siswa SMA, SMP, maupun SD yang akan mulai ujian di bulan Maret ini.

4. Semua dapat Anda akses secara gratis.

Nah selain itu, ada banyak juga manfaat yang bisa diperoleh siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Nah lantas bagaimana cara untuk mendaftar di Rumah Belajar Gratis dari Kemendikbud ini tahun 2020?

Cara Daftar Online

Via Website

  1. Siapkan HP atau laptop/computer.
  2. Pastikan perangkat di atas terhubung dengan internet.
  3. Kunjungi website rumah belajar Kemdikbud di sini.
  4. Ada dua pilihan yaitu guru atau siswa. Jika Anda pengajar silahkan pilih guru. Jika pelajar pilih siswa. (Apabila saat Anda mengklik tapi halaman error, silahkan coba terus sampai berhasil. Pastikan koneksi internet dalam keadaan baik).
  5. Setelah berhasil masuk di laman akun register, Anda harus mengisi formulir Daftar Baru Siswa.
  6. Di bagian Data Sekolah, pilih provinsi, kabupaten, jenjang pendidikan, dan nama sekolah. Anda bisa memilih atau menulis kata kunci untuk mencari sekolah secara otomatis.
  7. Di bagian Data Diri dan Akun, masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) atau bisa juga nomor KTP (jika sudah punya KTP).
  8. Isi juga nama depan dan belakang siswa, user name (diisi nama depan saja), password, konfirmasi password, serta email alternatif.
  9. Setelah formulir dilengkapi, tuliskan teks captcha yang muncul pada gambar. Silahkan perhatian baik-baik huruf apa yang tertulis. Jika kurang jelas silahkan klik tombol change atau ganti captcha.
  10. Terakhir klik daftar.

Setelah itu, Anda kemudian akan mendapatkan pemberitahuan bahwa proses registrasi sebagai siswa di Rumah Belajar sudah berhasil. Anda sudah bisa mengakses semua fitur di Rumah Belajar Kemendikbud secara gratis.

Cara kedua yaitu Anda melakukan registrasi melalui aplikasi Rumah Belajar.

Daftar Proyek Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta

Lewat Aplikasi

  1. Siapkan smartphone Anda. Pastikan terhubung internet dengan baik.
  2. Download aplikasi Rumah Belajar di google play store atau app store.
  3. Sesudah download, buka aplikasi tersebut.
  4. Klik akun. Lalu pilih daftar lanjutkan dengan Facebook atau login Google.
  5. Pendaftaran Anda berhasil. Selanjutnya Anda sudah bisa mulai belajar melalui aplikasi ini.

Ada banyak fitur yang bisa Anda pergunakan. Seperti sumber belajar, laboratorium maya, bank soal, kelas digital, buku sekolah elektronik, peta budaya, dan wahana jelajah angkasa.

Jika Anda menemukan kendala saat mendaftar, maka Anda bisa mencari informasi di laman bantuan pendaftaran di website Rumah Belajar Kemdikbud.

Demikianlah cara mendaftar Rumah Belajar Gratis Kemdikbud tahun 2020. Semoga artikel ini membantu Anda.

This website uses cookies.