Cara Mengunduh Bukti Pengisian Sensus Penduduk Online

Cara download bukti pengisian sensus online cukup mudah

Cara mengunduh bukti pengisian sensus penduduk online terbilang mudah saja. Berikut panduan bagaimana men-download bukti data kependudukan dari website BPS Indonesia.

Advertisement

Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan sebanyak 32,4 juta rakyat atau 12,5 persen dari total penduduk Indonesia telah berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online yang dibuka sejak 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020.

Menyusul kebijakan pembatasan kegiatan di luar rumah dan tatap muka untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), maka BPS memutuskan memperpanjang masa pengisian Sensus Penduduk Online atau SP2020 sampai 29 Mei 2020.

Masyarakat Indonesia yang telah berpartisipasi dalam Sensus Penduduk 2020 terbilang sudah lumayan. Syarat dan caranya mudah. Hanya perlu KTP dan KK beserta mengisi sekitar 21 pertanyaan secara online.

Nah bagi masyarakat yang telah selesai mengisi dan data kependudukannya sudah update, maka bisa menyimpan bukti pengisiannya.

Cara download bukti pengisian sensus online cukup mudah
Cara download bukti pengisian sensus online

Tentu saja bukti pengisian ini penting untuk ditunjukkan kepada aparat pemerintah dan juga mengajak masyarakat lainnya untuk segera melakukan sensus online.

Advertisement

Jumlah Penduduk Indonesia Tahun 2020

Lantas bagaimana cara mengunduh bukti pengisian Sensus Penduduk Online?

Cara Unduh

– Siapkan HP atau laptop komputer Anda.

– Pastikan perangkat di atas terhubung dengan internet.

– Selanjutnya buka browser atau mesin pencari. Direkomendasikan menggunakan google chrome.

– Pergi ke laman resmi sensus BPS di sini.

– Nah ambil KTP dan KK Anda. Lalu isikan nomor Anda dalam kotak sesuai gambar di bawah ini. Isikankan juga kode lalu klik ‘cek keberadaan’.

– Jika Anda sudah selesai mengisi secara online sebelumnya, maka Anda tinggal diminta memasukkan password untuk login. Jangan salah input kode captcha.

Loading...

– Apabila password sudah benar, maka Anda akan masuk ke halaman akun kependudukan. Akan ditampilkan seluruh nama anggota dalam kartu keluarga sudah yang update.

– Nah bagi Anda yang memerlukan bukti pengisian, silahkan klik ‘unduh bukti pengisian’ sesuai petunjuk gambar.

– Google chrome kemudian akan otomatis mengunduh bukti pengisian sensus online Anda dalam bentuk PDF.

– Silahkan buka setelah selesai download. Jika Anda memerlukan dalam file gambar, maka silahkan screenshoot (tekan tombol power HP dan volume turun bersamaan).

Jika Password Salah atau Lupa

Nah apabila Anda sudah selesai melakukan pengisian sebelumnya, tapi Anda lupa password akun, maka tentu saja Anda tidak dapat mengunduh bukti pengisian.

Sebab Anda harus masuk ke dalam akun kependudukan Anda. Jika sudah seperti itu, maka ada dua langkah yang bisa Anda pilih.

Pertama dengan mengklik reset password, dan Anda akan diminta untuk menjawab pertanyaan verifikasi.

Jadi, Anda mau tidak mau harus mengingat pertanyaan dan jawaban verifikasi apa yang Anda buat ketika mengisi sensus online sebelumnya.

Jumlah Penduduk Jakarta Tahun 2020

Advertisement

Jika cara tersebut tidak berhasil juga, maka Anda bisa memilih cara kedua yakni dengan clear password. Hanya saja dengan clear password, Anda harus mengisi kembali data Anda di laman sensus online.

Tapi tentu ini tidak menjadi halangan sebab hanya butuh sekitar 5 menit saja untuk Anda mengisi dan menjawab kembali seluruh formulir serta pertanyaan sensus online tersebut.

Nah demikianlah informasi cara mengunduh bukti pengisian sensus penduduk online BPS Indonesia. Semoga bisa membantu Anda.

 

Advertisement

6 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*