Daftar Kartu Prakerja Lewat Login www.prakerja.go.id, Dapat 3,5 Juta

Daftar Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id Mulai 11 April 2020

Pendaftaran Kartu Prakerja melalui login di website www.prakerja.go.id mulai dibuka 11 April 2020. Peserta diberikan pelatihan dan insentif sebesar Rp3.550.000. Lalu bagaimana cara registrasi, persyaratan, dan manfaat kartu pra kerja ini?

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kemampuan dan peningkatan produktivitas melalui pelatihan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) dengan bantuan biaya ditanggung pemerintah.

Kartu Prakerja ditujukan kepada WNI yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sementara sekolah atau kuliah, serta khusus bagi mereka yang terkena dampak langsung dari COVID-19.

Metode pelatihan dilaksanakan berbasis daring atau online. Jenis pelatihan yang dapat dipilih masyarakat dalam program Kartu Prakerja di masa wabah COVID-19 ini adalah pelatihan dari platfrom digital.

Yaitu Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu dan Sisnaker.

Program Kartu Prakerja membuka pendaftaran dengan kuota 164 ribu orang per-minggunya. Dengan target sekitar 5.6 juta pendaftar selama tahun 2020.

 Daftar Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id Mulai 11 April 2020
Daftar Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id Mulai 11 April 2020

Persyaratan

– WNI berusia di atas 18 tahun

– Tidak sedang menjalani pendidikan formal

– Korban pemutusan hubungan kerja (PHK)

– Pekerja yang ingin meningkatkan keterampilan

– Diprioritaskan untuk pencari kerja usia muda

Manfaat Kartu Prakerja

Ketua Komite Cipta Kerja Kemenko Perekonomian merupakan penanggungjawab program Kartu Prakerja. Mereka mempersiapkan Kartu Prakerja ini bagi pencari kerja dan pekerja formal atau informal yang terkena dampak langsung wabah COVID-19.

Kartu Prakerja memberikan perlindungan sosial dan menanggulangi dampak negatif dari wabah COVID-19 terhadap perekonomian nasional.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, program Kartu Prakerja kini telah sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Tidak hanya diutamakan bagi pekerja dan pencari kerja muda, tetapi juga kepada mereka yang terkena dampak langsung dari COVID-19.

Loading...

Indosat Berikan Beasiswa IDCamp 2020, Kuota 10.000 Pendaftar

“Pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp 20 triliun untuk hal ini, kami harap program ini dapat membantu daya beli para pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang mengalami penurunan pendapatan dan/atau kehilangan mata pencaharian,” katanya.

Manfaat yang bisa diperloleh melalui Kartu Prakerja ini antara lain:

Dapat Pelatihan: Anda akan mendapatkan pelatihan secara online maupun offline. Biaya sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah menggunakan kartu prakerja.

Diharapkan ilmu yang Anda peroleh lewat pelatihan, bisa berguna saat Anda mencari lapangan kerja atau menciptakan lapangan pekerjaan.

Dapat Sertifikat: Anda akan mendapatkan sertifikat pelatihan yang diakui baik oleh institusi pemerintah atau perusahaan swasta. Sertifikat itu berguna untuk Anda mencari pekerjaan atau membuka usaha.

Dapat Uang: Mendapatkan dana insentif langsung ke wallet Anda dan ditransfer dalam tiga tahap. Total bantuan insentif sebesar Rp3.550.000.

Bantuan Kartu Prakerja di tahun 2020 sebesar Rp. 3.550.000 terdiri dari:

– Biaya pelatihan Rp. 1.000.000

– Insentif pasca pelatihan Rp. 600.000 per bulan selama empat (4) bulan

– Insentif survey kebekerjaan sebesar Rp.50.000 per survey untuk tiga kali survey atau total Rp. 150.000 per peserta.

– Insentif dibayarkan setelah peserta menyelesaikan minimal satu (1) kali pelatihan. Setiap peserta program hanya dapat mengikuti program sebanyak satu kali.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Purbasari menyatakan, program Kartu Prakerja akan diberikan kepada sekitar 5,6 juta peserta di tahun 2020.

“Dengan besaran bantuan pelatihan dan insentif yang diterima oleh masing-masing peserta sebesar Rp 3.550.000. Pekerja formal/informal yang terdampak wabah COVID-19 dapat mendaftarkan diri mulai minggu kedua April,” katanya.

Dapatkan Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id

Untuk mendapatkan Kartu Prakerja, Anda harus melakukan pendaftaran melalui website www.prakerja.go.id. Sebetulnya jadwal registrasi awalnya dijadwalkan pada 9 April 2020.

Hanya saja, agar persiapan lebih matang, maka tanggal peluncuran berubah karena perlu memastikan situs memberikan layanan yang handal dan aman. Demi memitigasi adanya kendala-kendala teknis pada saat pendaftaran dimulai.

“Kami tidak ingin nantinya ada pendaftar yang kecewa karena kendala teknis. Kami saat ini juga aktif berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait di pemerintahan tentang perubahan jadwal ini,” ujar Panji Winanteya Ruky, Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja.

Lantas bagaimana langkah-langkah pendaftaran Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id?

1. Siapkan komputer atau smartphone yang terhubung dengan internet.

2. Selanjutnya buka link website Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id. Anda akan masuk di laman utama.

3. Dari situs resmi dijelaskan, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Silahkan buat akun di situs tersebut. Setelah membuat akun, Anda bisa langsung mendaftar secara online di www.prakerja.go.id.

4. Dari akun tersebut, Project Management Office (PMO) kemudian akan memberikan penilaian terhadap biodata dan pengalaman kerja di masing-masing akun yang sudah terdaftar.

PMO nantinya menjalankan program ini secara penuh, termasuk menentukan Balai Latihan Kerja (BLK) yang akan menjalankan pelatihan kerjanya.

5. Setelah hasil tes atau penilaian keluar, kemudian akan disampaikan melalui notifikasi ke email yang Anda daftarkan pada akun terkait. Jika Anda tidak diterima, bisa mendaftar kembali memakai akun yang sudah ada.

Pendaftar cukup memilih batch atau tahap selanjutnya, dan tinggal menunggu notifikasi di email untuk persetujuan mendapatkan Kartu Prakerja.

Pendaftaran sendiri akan dibuka pada 11 April 2020. Pada tahap awal ini, baru ada empat wilayah yang akan mengimplementasikan Kartu Prakerja, yaitu Bali, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, dan Surabaya.
Demikianlah informasi pendaftaran Kartu Prakerja di website www.prakerja.go.id. Semoga membantu.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*