Jadwal Pelajaran TVRI 20 April 2020, Ringkasan & Soal Jawaban

Jadwal pelajaran TVRI 20 April 2020 lengkap dengan ringkasan dan soal jawaban

Program Belajar di Rumah seperti apa? Bagaimana saja soal jawaban materi siswa SD, SMP, SMA hari ini? Berikut jadwal pelajaran TVRI Senin 20 April 2020 lengkap dengan ringkasan materi.

Advertisement

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berkerja sama dengan Televisi Republik Indonesia (TVRI) kembali lagi akan menayangkan program Belajar dari Rumah pada Senin 20 April 2020 hari ini.

Program Belajar dari Rumah ini menjadi alternatif bagi para siswa, guru, maupun orang tua, untuk tetap belajar dari rumah di saat pandemi Covid-19 saat ini.

Banyak tayangan edukasi baik dari PAUD SD, SMP, hingga SMA yang telah disusun Kemendikbud untuk memberikan tontotan mendidik bagi siswa. Nantinya program iniakan berjalan selama tiga bulan sampai Juli 2020.

Total durasi tayangan belajar adalah tiga jam per hari dari hari Senin sampai Jumat. Jadwal belajar PAUD selama setengah jam yaitu pukul 08.00-08.30 WIB, setengah jam untuk kelas 1 sampai kelas 3 SD pukul 08.30-09.00.

Setengah jam untuk kelas 4 sampai kelas 6 SD jam 09.00-09.30, dan setengah jam SMP jam 09.30-10.00. Dan SMA sederajat pada jam 10.00-10.30.

Advertisement

Para guru dan orangtua juag diberikan tayangan keluarga Indonesia pada pukul 10.30 sampai 11.00. Selanjutnya hadir film anak pada jam 19.00-21.00.

Jadwal pelajaran TVRI 20 April 2020 lengkap dengan ringkasan dan soal jawaban
Jadwal pelajaran TVRI 20 April 2020 lengkap dengan ringkasan dan soal jawaban

Program ini sendiri tidak bersfat wajib. Hanya merupakan alternatif pembelajaran dari rumah. Walaupun begitu, para siswa sebaiknya harus menonton.

Jadwal Pelajaran TVRI 16 April 2020 Lengkap Soal Jawaban

Karena guru dan orangtua bisa saja memberikan tugas atau soal berdasarkan meteri pelajaran yang tayang di TVRI.

Lantas apa saja jadwal pelajaran di TVRI untuk SD, SMP, SMA dan sederajat pada Senin 20 April 2020?

Jadwal Pelajaran TVRI Senin 20 April 2020

08.00-08.30 Jalan Sesama (Paud dan sederajat)

08.30-09.00 Sahabat Pelangi: Kue Bolu (SD Kelas 1-3 dan sederajat)

09.00-09.30 Guru Matematika: Sudut (SD Kelas 4-6 dan sederajat)

Loading...

09.30-10.00 Tokoh-tokoh Indonesia (SMP dan sederajat)

10.00-10.30 Trigonometri: Sudut Istimewa dan Segitiga Siku-siku (SMA/SMK dan sederajat)

10.30-11.00 Keluarga Indonesia: Belajar di Rumah (Guru & Orangtua)

19.00-21.00 Film Anak: Tanah Cita-cita

Ringkasan Sahabat Pelangi: Kue Bolu (Paud dan sederajat)

Tayangan pertama yang akan tayang di TVRI untuk kelas 1 sampai kelas 3 SD dan sederajat pada jam 08.00-08.30 yaitu Sahabat Pelangi: Kue Bolu. Kue bolu pasti sudah banyak dikenal masyarakat.

Apalagi bagi anak-anak, pasti sangat suka makan Kue Bolu. Kue bolu merupakan kue berbahan dasar tepung, gula, dan telur.

Cara membuat kue bolu terbilang gampang-gampang saja. Yaitu dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven. Tetapi ada juga bolu yang dikukus loh. Misalnya bolu kukus atau brownies kukus.

Kue yang dihias dengan lapisan dari krim mentega, fondant, atau marzipan merupakan kue tart. Kue tart atau tanpa hiasan biasa digunakan sebagai makanan penutup atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pesta ulang tahun.

Nah, bagi anak-anak yang ulang sedang tahun, biasanya menjadikan kue tart menjadi hiasan di atas meja. Di mana di dalam kue tart diletakkan lilin angka ulang tahun.

Advertisement

Jadwal Pelajaran TVRI Rabu 15 April 2020 Buat Soal Jawaban

Ringkasan Materi Matematika: Sudut (SD Kelas 4-6 dan sederajat)

Tayangan selanjutnya dari TVRI pada pukul 08.30-09.00 adalah pelajaran matematika yang membahas mengenai ‘sudut’. Ini adalah jadwal belajar khusus kelas 4-6 SD.

Dalam geometri, sudut adalah besaran rotasi suatu ruas garis dari satu titik pangkalnya ke posisi yang lain.

Dalam bangun dua dimensi yang beraturan, sudut dapat diartikan sebagai ruang antara dua buah ruas garis lurus yang saling berpotongan.

Ada beberapa definisi sudut. Yaitu bentuknya terbuat dari 2 garis lurus yang bertemu disebuah titik. Membuat jarak di antara 2 garis tersebut. Jumlah ukuran 2 jarak pada busur. Dan titik sudut adalah ujung kedua garis itu akan membentuk sebuah sudut.

Ada beberapa nama sudut menurut ukuran. Yaitu:

– Sudut 0 dejarat tidak memiliki jarak antara kedua garis.

– Sudut lancip adalah sudut lebih dari 0 sampai tetapi tidak sama 90 derajat.

– Sudut siku-siku adalah sudut 90 derajat.

– Sudut tumpul lebih dari 90 sampai tetapi tidak sama 180 derajat.

– Sudut lurus adalah sudut yang besarnya 180 derajat.

Ringkasan Materi Tokoh-tokoh Indonesia (SMP dan sederajat)

Jadwal pelajaran selanjutnya pada jam 09.00-09.30 adalah meteri tentang tokoh-tokoh Indonesia. Materi belajar ini khusus kepada siswa SMP dan sederajat.

Sebetulnya ada banyak tokoh-tokoh asal Indonesia. Apakah tokoh kemerdekaan Indonesia maupun di berbagai bidang lainnya.

Yang akan disajikan di sini adalah tokoh-tokoh yang berperan dalam bidang Pendidikan di Indonesia. Yaitu sebagai berikut.

1. Kyai Haji Mohammad Hasjim Asy’arie

Pertama adalah Kyai Haji Mohammad Hasjim Asy’arie. Lahir di Desa Gedang, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, 10 April 1875 – meninggal di Jombang, Jawa Timur, 25 Juli 1947 pada umur 72 tahun; 4 Jumadil Awwal 1292 H- 6 Ramadhan 1366 H; dimakamkan di Tebu Ireng, Jombang).

Kyai Haji Mohammad Hasjim Asy’arie merupakan salah seorang Pahlawan Nasional Indonesia pendiri Nahdlatul Ulama (NU), organisasi massa Islam terbesar di Indonesia.

Di kalangan Nahdliyin dan ulama pesantren, ia dijuluki dengan sebutan ‘Hadratus Syeikh’ yang berarti Maha Guru.

2. Ki Hadjar Dewantara

Tokoh pendidikan Indonesia berikutnya adalah Raden Mas Soewardi Soerjaningrat. Atau lebih dikenal dengan nama Ki Hajar Dewantara.

Ki Hajar Dewantoro lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889 – meninggal di Yogyakarta, 26 April 1959 pada umur 69 tahun. Ia adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda.

Ki Hajar Dewantara mendirikan Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.

Tanggal kelahirannya sekarang diperingati di Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Bagian dari semboyan ciptaannya, TUT WURI HANDAYANI, menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia.

3. Kyai Haji Ahmad Dahlan

Di urutan ketiga adalah Kyai Haji Ahmad Dahlan atau Muhammad Darwis (lahir di Yogyakarta, 1 Agustus 1868 – meninggal di Yogyakarta, 23 Februari 1923 pada umur 54 tahun). Ia adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia.

Kyai Haji Ahmad Dahlan merupakan putera keempat dari tujuh bersaudara dari keluarga K.H. Abu Bakar.

Pada tahun 1912, Ahmad Dahlan mendirikan organisasi Muhammadiyah untuk melaksanakan cita-cita pembaruan Islam di bumi Nusantara.

Ahmad Dahlan ingin mengadakan suatu pembaruan dalam cara berpikir dan beramal menurut tuntunan agama Islam. la ingin mengajak umat Islam Indonesia untuk kembali hidup menurut tuntunan al-Qur’an dan al-Hadits. Perkumpulan ini berdiri bertepatan pada tanggal 18 November 1912.

Sejak awal Dahlan menetapkan bahwa Muhammadiyah bukan organisasi politik. Tetapi bersifat sosial dan bergerak di bidang pendidikan.

4. Raden Adjeng Kartini

Raden Adjeng Kartini disebut Raden Ayu Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 dan meninggal di Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904 pada umur 25 tahun.

R.A Kartini merupakan seorang tokoh pendidikan perempuan dari suku Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

5. Dewi Sartika

Selanjutnya Dewi Sartika, lahir di keluarga priyayi Sunda, Nyi Raden Rajapermas dengan Raden Somanagara. Meski bertentangan dengan adat waktu itu, ayah-ibunya bersikukuh menyekolahkan Dewi Sartika di sekolah Belanda.

Setelah ayahnya wafat, Dewi Sartika diasuh oleh pamannya (kakah ibunya) yang menjadi patih di Cicalengka. Oleh pamannya itu, ia mendapatkan pengetahuan mengenai kebudayaan Sunda, sementara wawasan kebudayaan Barat didapatkannya dari seorang nyonya Asisten Residen berkebangsaan Belanda.

Sejak 1902, Dewi Sartika sudah merintis pendidikan bagi kaum perempuan. Di sebuah ruangan kecil, di belakang rumah ibunya di Bandung, Dewi Sartika mengajar di hadapan anggota keluarganya yang perempuan. Merenda, memasak, jahit-menjahit, membaca, menulis dan sebagainya, menjadi materi pelajaran saat itu

Dewi Sartika membuka Sakola Istri (Sekolah Perempuan) pertama se-Hindia-Belanda. Atas jasanya dalam bidang Pendidikan ini, Dewi Sartika dianugerahi bintang jasa oleh pemerintah Hindia-Belanda.

Jadwal Pelajaran TVRI Jumat 17 April 2020 Lengkap Soal Jawaban

Ringkasan Trigonometri: Sudut Istimewa & Segitiga Siku-siku (SMA/SMK sederajat)

Sudut istimewa adalah salah satu materi dalam ilmu matematika. Sudut ini dikatakan istimewa dengan alasan bisa diukur dengan mudah hanya dengan menggunakan perbandingan trigonometri saja.

Ada lima sudut yang istimewa dalam trigonometri, yaitu sudut 0°, 30°, 45°, 60°, dan 90°. Berikut adalah nilai sin, cos, dan tan untuk sudut istimewa.

Sementara itu, segitiga siku-siku adalah segitiga yang satu sudutnya tepat sebesar 90° (tegak lurus atau siku-siku).

Sisi yang berhadapan dengan sudut tegak lurus tersebut disebut hipotenusa, merupakan sisi terpanjang pada segitiga siku-siku. Sisi-sisi lainnya disebut kaki dari segitiga tersebut.

Materi Keluarga Indonesia: Belajar di Rumah (Guru & Orangtua)

Tayangan berikutnya di TVRI yakni program khusus untuk guru dan orangtua. Materi ini yaitu bagaimana agar anak bisa Belajar di Rumah dengan nyaman dan efektif.

Dilansir dari akun resmi Instagram Kemdikbud RI, berikut apa saja yang perlu dipersiapkan orangtua dan guru untuk pembelajaran online siswa atau anak.

– Bagi siswa, siapkan alat tulis menulis dan buku.

– Bisa mengajak ayah, ibu, dan kakak untuk membantu mencatat.

– Tayangan Belajar dari Rumah bagi siswa pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-14.30 WIB.

– Orangtua dan guru perlu membimbing anak menonton pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-14.30 WIB.

Ada banyak manfaat bisa didapat dengan Belajar dari Rumah di TVRI. Yakni:

– Siswa dapat tontonan informatif dan bisa terus aktif.

– Orang tua tidak bingung mencari kegiatan untuk anak, serta mampu menambah ilmu pengasuhan anak.

– Guru sangat terbantu, ada PR yang menyenangkan dan ringan, juga menambah wawasan.

– Semakin mengenal budaya Indonesia dan menyaksikan film-film terbaik Indonesia.

Soal Jawaban Film Anak: Tanah Cita-cita

Acara terakhir pada Senin hari ini dari Kemendikbud bagi anak-anak di rumah yaitu Film Anak: Tanah Cita-cita.

Ceritakan secara ringkas Film Anak: Tanah Cita-cita yang tayang di TVRI?

Film Anak: Tanah Cita-cita yang tayang di TVRI menceritakan peran tokoh Rayhan seorang kepala sekolah di Desa di Kabupaten Bima.

Dia berjuang mendidik anak-anak Sekolah Dasar dengan mencoba kembali ke kearifan lokal. Yakni belajar dengan alam dan masyarakat. Rayhan mengajari murid-muridnya dengan praktik langsung di lapangan mirip seperti sekolah alam.

Metode mengajar seperti itu rupanya mendapat tantangan dari masyarakat di sana. Termasuk sikap seorang kepala desa yang suka menghasut warganya kepada Rayhan seorang kepala sekolah.

Asta Cita seorang guru muda dari Jakarta juga belum siap dengan metode pembelajaran yang dilakukan oleh Rayhan.

Ia banyak menghambat dan menentang Rayhan. Namun seiring waktu, ia pun akhirnya luluh pada Rayhan hingga ia pun semakin kagum.

Nah itulah informasi jadwal pelajaran TVRI Senin 20 April 2020 lengkap dengan ringkasan materi pelajaran serta soal jawaban yang bermanfaat untuk guru, siswa, maupun orangtua. Semoga membantu.

Advertisement

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*