Jadwal Pelajaran TVRI Rabu 22 April 2020, Rangkuman Soal Jawaban

Jadwal pelajaran Rabu 22 April 2020 di TVRI lengkap dengan rangkuman dan soal jawaban

Berikut adalah jadwal pelajaran TVRI Rabu 22 April 2020 lengkap rangkuman soal dan jawaban materi dari program Belajar di Rumah Kemendikbud.

Advertisement

Program Belajar di Rumah adalah kerja sama Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Televisi Republik Indonesia (TVRI) untuk menghadirkan alternatif pembelajaran selama masa pandemic COVID-19.

Program Belajar di Rumah diisi oleh berbagai tayangan edukasi untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, serta SMA/SMK dan sederajat.

Tujuan program belajar di rumah ini yakni guna memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, serta membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua dengan anak, melalui kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Program ini akan berjalan selama tiga bulan sampai Juli 2020 degan total durasi tayangan belajar yaitu tiga jam per hari dari hari Senin sampai dengan Jumat.

Jadwal belajar PAUD selama setengah jam yaitu pukul 08.00-08.30 WIB, setengah jam untuk kelas 1 sampai kelas 3 SD pukul 08.30-09.00.

Advertisement

Setengah jam untuk kelas 4 sampai kelas 6 SD jam 09.00-09.30, dan setengah jam SMP jam 09.30-10.00. Dan SMA sederajat pada jam 10.00-10.30.

Para guru dan orangtua juga diberikan tayangan keluarga Indonesia pada pukul 10.30 sampai 11.00. Selanjutnya hadir film anak pada jam 19.00-21.00.

Jadwal pelajaran Rabu 22 April 2020 di TVRI lengkap dengan rangkuman dan soal jawaban
Jadwal pelajaran Rabu 22 April 2020 di TVRI lengkap dengan rangkuman dan soal jawaban

Program Belajar di Rumah ini sendiri tidak bersifat wajib. Tetapi merupakan alternatif pembelajaran dari rumah.

Meski begitu, siswa dianjurkan harus menonton karena guru dan orangtua memang ditugaskan untuk memberikan soal berdasarkan materi pelajaran yang tayang di TVRI.

Sehingga dari situ, siswa dapat menjawab pertannyaan yang diberikan. Oleh karena itu, apa jadwal pelajaran di TVRI untuk SD, SMP, SMA dan sederajat pada Rabu 22 April 2020?

Jadwal Pelajaran TVRI 21 April 2020, Rangkuman & Soal Jawaban

Jadwal Pelajaran TVRI Rabu 22 April 2020

08.00-08.30 Jalan Sesama (Paud dan sederajat)

08.30-09.00 Sahabat Pelangi: Puisi Nisa Juara (SD Kelas 1-3 dan sederajat)

Loading...

09.00-09.30 Sejarah dan Budaya Maluku (SD Kelas 4-6 dan sederajat)

09.30-10.00 Pelangi Nusantara: Tradisi Lenggang Nyai (SMP dan sederajat)

10.00-10.30 Negeriku Maritim: Potensi Sumber Daya (SMA/SMK dan sederajat)

10.30-11.00 Keluarga Indonesia: Menanankan Nilai-nilai pada Anak (Guru & Orangtua)

21.30.23.30 Film Nasional: Garasi

Panduan Orang Tua Jalan Sesama (Paud dan sederajat)

Tayangan pertama pada pukul 08.00-08.30 adalah program Jalan Sesama untuk Paud dan sederajat. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan ketika mendampingi anak melihat tayangan Jalan Sesama.

Tujuannya untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dengan anak melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, menumbuhkan karakter positif, dan dapat juga menguatkan konsep pengetahuan.

Tokoh-tokoh inti dalam Jalan Sesama yaitu seperti Elmo dan Tatan. Nah agar bisa efektif bagi anak, Kemendikbud memberikan panduan kepada orang tua sebagai berikut:

Kurang lebih 10 menit sebelum program ​Jalan Sesama ​ ditayangkan, orang tua mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks dan menjelaskan sekilas tentang tayangan ​Jalan Sesama​.

Advertisement
  • Gerak dan Lagu

Orang tua mengajak anak bernyanyi dan mengikuti gerakan tokoh atau lagu-lagu seperti yang dicontohkan di tayangan ​Jalan Sesama. Gerak dan lagu dilakukan secara santai dan menyenangkan, tidak harus sama persis, yang penting anak senang dan berlatih motorik kasar.

  • Berdialog dengan Anak

Kembangkan dialog interaktif dengan anak tentang topik yang sedang dibahas di tayangan ​Jalan Sesama, misal (saat melihat tayangan tentang sayuran sehat):

“Wah, ternyata wortel itu enak dan sehat, ya.  Bagaimana menurut kamu?”

Selain itu, orang tua juga dapat mengajak anak bermain peran mengikuti tokoh yang dicontohkan dalam tayangan.

Misal: “Nah, sekarang Mama yang jadi dokter seperti dokter Susan. Coba beritahu, terlihat atau tidak huruf dan angka yang mama tunjuk, dan sebutkan namanya ya!” (sambil menunjukan  kalender dalam jarak yang agak jauh).

Setelah ​selesai melihat tayangan ​Jalan Sesama ​ , orang tua dapat mengajak anak melakukan aktivitas alternatif sebagai berikut:

  • Membacakan Buku Cerita ke Anak

Kegiatan membacakan buku cerita dapat menggunakan buku cerita anak apa saja yang menarik dan mengandung pesan moral positif.

Selesai membacakan cerita, orang tua dapat berdialog dengan dengan anak tentang tokoh-tokoh yang ada dalam buku cerita yang dibacakan.

  • Anak Menggambar

orang tua menyediakan kertas kosong atau dapat menggunakan bagian belakang kalender bekas dan pensil atau krayon, kemudian mengajak anak untuk menggambar bebas yang dia suka.

Setelah menggambar, tanyakan apa yang digambar oleh anak dan tuliskan apa yang diceritakan anak pada bagian atas kertas. Dokumentasikan gambar tersebut.

Jadwal Pelajaran TVRI 20 April 2020, Ringkasan & Soal Jawaban

Sahabat Pelangi: Puisi Nisa Juara (SD Kelas 1-3 dan sederajat)

Pada pukul 08.30-09.00 WIB, TVRI akan menayangkan Sahabat Pelangi: Puisi Nisa Juara untuk SD Kelas 1-3 dan sederajat.

Dalam tayangan ini, anak akan disuguhkan video pembelajaran dengan tema video animasi tersebut. Inti dari video tersebut adalah mengenai sikap kejujuran, tidak boleh curang dan berbohong.

Diceritakan sebuah anak bernama Nisa yang berhasil menjuarai lomba puisi tentang “Pemandangan Desa yang Indah”.

Marta menanyakan kepada nisa kok bisa membuat puisi sebagus itu? Nisa menjawab berhasil membuat puisi sebagus itu dengan menuangkan apa yang kita lihat dan rasakan melalui tulisan.

Kemudian Marta meminta kepada Nisa untuk mengajarinya membuat puisi. Nisa pun menjelaskan membuat puisi itu kadang susah, kadang gampang aja dan harus sering latihan menulis.

Nisa menyuruh Marta untuk menggambarkan tentang Nisa dengan menjelaskan dengan kata-kata. Dan Nisa memberikan contoh menggambarkan Marta dalam sebuah puisi.

  1. Bagaimana teman yang baik menurutmu?

Jawaban: Menurut saya, teman yang baik adalah teman yang selalu membantu dan mendukung saya baik dalam suka maupun duka.

  1. Bagaimana pendapatmu tentang sikap Wayan terhadap Nisa?

Jawaban: Menurut saya, sikap Wayan terhadap Nisa tidak baik. Karena Wayan merendahkan Nisa yang kalah lomba puisi. Seharusnya Wayan memberikan dukungan kepada Nisa.

  1. Menurutmu, bagaimana cara membuat puisi? Buatlah sebuah puisi tentang keindahan alam Indonesia!

Jawaban: Cara membuat puisi yaitu pertama-tama buat dulu kerangka karangan. Setelah itu tentukan judul dan buat puisi dengan bahasa dan kalimat yang baku.

Contoh Puisi:

Biarlah Alam Menjadi Kawan

Jutaan kehidupan berjuang mendapatkan kehidupan

Para rusa kecil yang berkeliaran

Bersemangat mengejar para dedaunan

Kumpulan semak-semak yang bergerumul itu adalah surge

Mulai dari si kepik yang berterbangan

Sampai si kelinci yang berloncatan kesana kemari menggantungkan hidup padanya

Aliran sungai jernih nan murni

Sebagai sumber pelepas dahaga

Tingginya barisan para pohon tua

Entah berapa puluh tahun usianya

Atau mungkin ratusan

Disanalah rumah sekawanan monyet riang

Bergelantungan dari dahan ke dahan

Mencari buah yang dihasilkan oleh si pohon yang maha bijaksana

Indah..

Sungguhlah indah..

Biarkanlah tetap berjalan semestinya

Keindahan yang terukir alami

Tapa sedikitpun tersentuh kepalsuan

Biarlah alam menjadi kawan

Biarlah alam menjadi rumah

Rangkuman Soal Jawaban Sejarah dan Budaya Maluku (SD Kelas 4-6 dan sederajat)

Pada jam 09.00-09.30 WIB, TVRI akan menayangkan Sejarah dan Budaya Maluku untuk SD Kelas 4-6 dan sederajat.

Para siswa diajak untuk memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya.

Berikut soal jawaban dari Sejarah dan Budaya Maluku

  1. Bagaimana cara membudidayakan tanaman buah pala?

Jawaban:

– Persiapan Lahan

– Persiapan Benih

– Penanaman Bibit

– Perawatan dan Pemeliharaan

– Penyulaman

– Penyiraman

– Penyiangan dan Penggemburan

– Pemupukan

– Panen Pala

  1. Soya-Soya merupakan salah satu tarian yang berasal dari daerah Maluku Utara. Apa yang harus kamu lakukan untuk melestarikan budaya nasional seperti tari Soya- Soya?

Cara melestasikan budaya nasional seperti Tari Soya-Soya adalah dengan mempelajari dan berlatih tarian ini. Serta mengajak orang tua, teman-teman, dan semua orang untuk menyukai tarian daerah ini.

  1. Apa nasihat yang terdapat dalam lagu “Rasa Sayange”?

Lagu ini merupakan lagu anak-anak yang selalu dinyanyikan secara turun-temurun sejak dahulu oleh masyarakat Maluku untuk mengungkapkan rasa sayang mereka terhadap lingkungan dan sosialisasi di antara masyarakat.

Lirik Lagu “Rasa Sayange”

Refrain:

Rasa sayang e… rasa sayang sayang e…

Eee liat Ambon jauh rasa sayang sayang ee

Bait:

Mana kancil akan dikejar, kedalam pasar cobalah cari…

Masih kecil rajin belajar, sudah besar senanglah diri

Si Amat mengaji tamat, mengaji Qur’an di waktu fajar…

Biar lambat asal selamat, tak kan lari gunung dikejar

Kalau ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi

Kalau ada umurku panjang, boleh kita berjumpa lagi

Ringkasan Soal Jawaban Pelangi Nusantara: Tradisi Lenggang Nyai (SMP dan sederajat)

Program selanjutnya pada jam 09.30-10.00 adalah Pelangi Nusantara: Tradisi Lenggang Nyai untuk SMP dan sederajat. Berikut ringkasan soal jawaban Tari Lenggang Nyai.

1. Apakah keunikan Tari Lenggang Nyai?

Keunikannya yaitu Tari Lenggang Nyai terinspirasi dari cerita tentang Nyai Dasima. Jadi makna atau esensi makna sinopsis tari Lenggang Nyai adalah menceritakan bebasnya seseorang untuk menentukan pilihannya.

2. Apakah perbedaan pola lantai tari tradisional dan tari kreasi?

Pola lantai tradisional adalah tarian yang memnggunakan pola lantai mudah tapi kuat.

Sedangkan tari kreasi adalah tari yang terdiri dari gabungan tari yang dibuat oleh kita sendiri.

3. Ceritakan sinopsis dari Tari Lenggang Nyai?

Nyai Dasimah merupakan seorang wanita cantik dari Betawi yang berada dalam kebingungan untuk memilih pendamping hidupnya. Pada saat itu dia dihadapkan pada dua pilihan pria yang berbeda kebangsaan, yaitu pria Belanda dan pria Indonesia.

Setelah berpikir panjang, Nyai Dasimah pun memilih sorang pria belanda bernama Edward William. Setelah menikah, kehidupan Nyai Dasimah berubah. Adanya aturan – aturan yang di buat suaminya membuat Nyai Dasimah merasa terkekang.

Merasa hak – haknya sebagai perempuan di rampas, Nyai Dasimah memutuskan untuk memberontak dan memperjuangkan kebebasannya.

Jadwal Pelajaran TVRI Jumat 17 April 2020 Lengkap Soal Jawaban

Rangkuman Soal Jawaban Negeriku Maritim: Potensi Sumber Daya (SMA/SMK dan sederajat)

Pada jam 10.00-10.30 WIB, TVRI akan menayangkan Negeriku Maritim: Potensi Sumber Daya untuk SMA/SMK dan sederajat. Berikut ringkasan soal jawaban materi pelajaran ini.

  1. Dari tayangan tersebut, apakah jenis ikan yang memiliki nilai ekonomis dan gizi tinggi?

Jenis ikan yang memiliki nilai ekonomis dan gizi yang tinggi dibagi menjadi dua, yaitu kelompok ikan pelagis dan demersal. Contoh ikan pealgis seperti ikan tuna, madidihang, dan albakora, sedangkan contoh ikan demersal seperti ikan kakap merah, kakap putih, dan kerapu.

Mengapa ikan-ikan tersebut dianggap memiliki nilai ekonomis tinggi? Tuliskan alasannya!

Karena ikan-ikan tersebut dianggap memiliki nilai ekonomis tinggi karena memiliki harga tinggi, memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat, dan juga menjadi bahan baku produk olahan perikanan.

  1. Bagaimana cara membudidayakan rumput laut? Kamu bisa bertanya kepada orang tua, guru, petani rumput laut, atau mencari informasi dari sumber lainnya.

Cara budidaya rumput laut bisa menggunakan 3 cara, yaitu metode rakit apung, metode lepas dasar, dan metode long line atau tali gantung.

  1. Dari tayangan tersebut, mengapa keramba jaring apung merupakan cara yang sangat baik untuk budidaya atau domestikasi ikan?

Karena budidaya dengan keramba jaring apung lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. Menggunakan keramba jaring apung dapat memberikan efek multiplier terhadap penyerapan tenaga kerja baik langsung maupun tidak langsung, dari hulu ke hilir.

Apa saja kegiatan yang dapat dilakukan di keramba jaring apung?

Pembudidayaan ikan

Ikan apa yang akan kamu pilih jika ingin melakukan budidaya ikan? Berikan alasanmu!

Ikan Kakap Merah, Kakap Putih, Kerapu, Bawal Hitam, Bawal Putih. Alasannya karena memiliki nilai ekonomi dan gizi yang tinggi.

Nah demikianlah jadwal pelajaran TVRI Rabu 22 April 2020 program Belajar di Rumah Kemendikbud lengkap rangkuman soal dan jawaban pelajaran. Semoga membantu.

Advertisement

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*