Tarif Listrik 2020 Dipastikan Tidak Naik

Listrik gratis atau diskon 50 persen hanya bagi pelanggan listrik subsidi.
Listrik gratis atau diskon 50 persen hanya bagi pelanggan listrik subsidi.

Tarif listrik tahun 2020 dipastikan tidak naik oleh pemerintah. Sebagaimana dalam keterangan resmi PLN, ditekankan bahwa harga tarif listrik masih tetap sama dengan periode tiga bulan sebelumnya.

Berdasarkan informasi resmi laman Facebook PLN.id, dipastikan bahwa saat ini tidak ada kenaikan listrik. Jumlah tagihan masih tetap sama dengan periode tiga bulan sebelumnya.

Hal ini menyusul sejumlah keluhan yang disampaikan masyarakat bahwa di saat pendemic Covid-19, justru pemerintah menaikkan tarif listrik.

Padahal justru saat ini pemerintah memberikan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu. Bahkan sejak tahun 2017, pihak PLN menyatakan bahwa tarif listrik ini tidak pernah mengalami kenaikan.

Adapun besaran tarif yang berlaku saat ini sebagai berikut:

  1. Tarif untuk tegangan rendah sebesar Rp 1.467/kWh
  2. Tarif untuk R-1/900 VA RTM sebesar Rp 1.352/kWh
  3. Tarif untuk tegangan menengah sebesar Rp 1.115/kWh
  4. Tarif untuk tegangan tinggi sebesar Rp 997/kWh

    Tarif listrik tahun 2020 dipastikan tidak naik
    Tarif listrik tahun 2020 dipastikan tidak naik

Terbaru! Dapatkan Token Listrik Gratis Enam Bulan Login www.pln.co.id

Penyebab Tagihan Rekening Listrik Meningkat

Menurut PLN, terjadinya peningkatan tagihan rekening listrik kepada pelanggan rumah tangga, karena lebih disebabkan meningkatnya penggunaan listrik oleh masyarakat di rumah.

Ini akibat adanya pandemi virus corona yang membuat masyarakat banyak melakukan aktifitas di rumah. Tidak heran jika tagihan meningkat.

Nah, untuk membantu masyarakat menghadapi pandemi COVID-19, PLN sebetulnya juga sudah menjalankan keputusan pemerintah untuk memberikan stimulus listrik kepada masyarakat.

Pelanggan rumah tangga diberikan token listrik gratis untuk daya 450VA. Hal yang juga kepada pelanggan bisnis dan industry kecil daya 450 VA. Sementara pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi, mendapat potongan tagihan sebesar 50 persen.

PLN Tangguhkan Pencatatan & Pemeriksaan Stand Meter

Untuk melumpuhkan penyebaran wabah Covid-19, PLN juga telah menangguhkan sementara proses pencatatan dan pemeriksaan stand meter bagi pelanggan pasca bayar.

PLN telah menyiapkan layanan melalui WhatsApp terpusat bagi pelanggan yang ingin melaporkan angka stan dan foto kWh meter mulai rekening bulan Mei 2020.

Pelanggan pascabayar dapat mengirimkan angka stan kWh meter melalui layanan WhatsApp terpusat PLN dengan nomor 08122 123 123.

Pelaporan angka stan meter ini bisa dilakukan pelanggan berdasarkan tanggal pencatatan meter masing-masing pelanggan. Ini akan diinformasikan pada awal proses pelaporan mandiri melalui WhatsApp.

Loading...

Laporan dari pelanggan tersebut akan menjadi sumber perhitungan tagihan listrik pelanggan setiap bulannya. Sedangkan untuk pelanggan yang tidak melaporkan angka kWh meter, tagihan listrik akan dihitung berdasar rata-rata pemakaian listrik sepanjang 3 bulan terakhir.

Link Kompensasi PLN Token Listrik Login pelayanan.pln.co.id

Cara Mendapatkan Keringanan Tagihan Listrik

Listrik gratis atau diskon 50 persen hanya bagi pelanggan listrik subsidi.
Listrik gratis atau diskon 50 persen hanya bagi pelanggan listrik subsidi.

Untuk bisa mendapatkan keringanan bahkan pembebasan tagihan listrik sendiri, maka status pelanggan harus merupakan penerima listrik subsidi.

Penerima listik subsidi ini adalah yang sesuai yang terdaftar dalam list Kementerian Sosial. Jika Anda hendak mendaftar pelanggan listrik subsidi, maka Anda perlu membawa KTP ke kantor PLN.

Nanti nomor induk kependudukan (NIK) Anda akan dicek apakah layan menjadi penerima subsidi atau tidak. Jika dicek tidak layak menerima tapi merasa berhak layak, maka Anda bisa mengajukan permohonan ke kepala lurah selanjutnya ke kecamatan sampai ddengan kementerian sosial.

Pihak kecamatan kemudian akan melakukan survei kondisi rumah tangga bersangkutan yang meminta subsidi listrik.

Bagi Anda yang sudah terlanjur menggunakan listrik non subsidi, misalnya 900va non subsidi, bisa mengajukan penurunan ke Kantor ULP terdekat untuk penurunan daya menjadi 450VA.

Itulah tarif listrik tahun 2020 yang dipastikan tidak naik oleh pemerintah. Semoga saja informasi ini memberikan pencerahan bagi Anda pelanggan PLN.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*