Cara Pasang Baru PLN Online 2020 dan Biaya Pemasangan | PANDUAN LENGKAP

Cara Pasang Baru PLN Online 2020 & Biaya Pemasangan

Cara pasang baru PLN secara online tahun 2020 beserta biaya pemasangan dapat Anda baca dalam artikel ini. Berikut panduan lengkap petunjuk gambar.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus berupaya mewujudkan cita-cita pemerintah untuk memberikan layanan listrik yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia.

Masyarakat yang ingin melakukan sambungan baru, dapat memilih apakah hendak menggunakan listrik pascabayar atau prabayar.

Pascabayar artinya Anda membayar tagihan setelah pemakaian. Sementara prabayar mengharuskan Anda membeli token listrik terlebih dahulu sebelum menggunakan listrik.

Saat ini PLN mengarahkan semua pelanggan untuk menggunakan listrik prabayar. Listrik prabayar disebut PLN memiliki keuntungan dibandingkan dengan pascabayar.

Cara Pasang Baru PLN Online 2020 & Biaya Pemasangan

Cara Mendapatkan Listrik Gratis PLN 6 Bulan Sampai September | HAL ALL

Keunggulan Listrik Prabayar

– Pelanggan PLN tak perlu lagi antri panjang untuk membayar tagihan listrik perbulan di loket pembayaran PLN. Cukup membeli token listrik di minimarket terdekat atau berbagai loket pelayanan token listrik.

– Listrik prabayar disebut pihak PLN lebih hemat karena Anda bisa mengatur atau menyesuaikan pemakaian listrik. Misalnya dengan token listrik senilai Rp100.000, Anda bisa mengurangi penggunaan alat elektronik.

– Biaya instalasi listrik yang dikatakan relatif lebih murah. Untuk pemasangan baru, Anda hanya dikenakan biaya pemasangan saja dan uang jaminan langganan. Sesudah itu, hanya harus membeli token saja.

– Tidak ada lagi petugas PLN lagi yang datang ke rumah untuk mencatat pemakaian atau menagih setiap bulannya.

– Dengan sistem prabayar, Anda tidak perlu lagi takut terlambat membayar. Kalau listrik pascabayar, Anda harus membayar denda keterlambatan. Sedangkan listrik prabayar, tidak ada denda.

– Penggunaan listrik prabayar mengajarkan Anda untuk lebih hemat listrik. Sebab Anda harus mengontrol pemakaian listrik agar token tidak cepat habis.

– Sistem keamanan lebih bagus. Anda akan terhindar dari bahaya konsleting listrik hingga kebakaran.

Loading...

Berbagai keunggulan dan manfaat di atas membuat banyak pelanggan pascabayar sudah beralih menjadi pengguna listrik prabayar.

Nah bagaimana cara untuk mengajukan pemasangan sambungan listrik baru baik untuk daya 450 VA, 900 VA, 1300 VA, atau di atasnya secara online tahun 2020?

Pasang Baru PLN Online Login layanan.pln.co.id

  1. Siapkan komputer atau smarphone yang terkoneksi internet.
  2. Kunjungi website PLN layanan.pln.co.id klik di sini.
  3. Di samping kiri bagian Web Korporaasi PLN, klik ‘Pasang Baru’. Ikuti sesuai petunjuk gambar.
  4. Selanjutnya akan muncul dokumen syarat dan ketentuan pasang baru atau perubahan daya online. Silahkan baca dan pahami syarat dan ketentuan tersebut. Setelah itu klik ‘Setuju’.
  5. Akan muncul kemudian formulir pendaftaran sebagai berikut di bawah penjelasan ini:

* Jika Anda tidak mengetahui pengisian Latitude(X) / Longitude(Y), centang saja ‘Pilih Lokasi’. Lalu tandai atau tag lokasi yang ingin dipasang listrik baru. Jika sudah selesai, klik ‘simpan geotagging’.

* Jika Anda tak memiliki NPWP, maka bisa dikosongkan saja.

* Di bagian ‘Tafif/Daya Baru’, di bagian ‘keperluan’, klik cari lalu pilih untuk keperluan. Ingat pilih dengan klik dua kali agar berhasil.

* Dengan menekan menu Hitung Biaya, akan tertera berapa nominal yang harus Anda bayar untuk membuat sambungan baru. Anda bisa membayar tagihan tersebut langsung di kantor PLN atau melalui ATM.

  1. Centang bahwa Anda menyatakan data yang isi sudah benar dan bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku. Lalu masukkan kode captcha di samping dan simpan permohonan.
  2. Setelah Anda menekan tombol Simpan Permohonan, maka data-data akan diproses oleh pihak PLN.
  3. Selanjutnya pihak PLN akan membuat jadwal pemasangan di lokasi sesuai permohonan yang Anda isi. Anda juga akan dihubungi terlebih dahulu oleh PLN lewat nomor telepon atau email yang didaftarkan.

4 Cara Cek Tagihan Listrik PLN Terbaru

Biaya Pasang Sambungan Baru PLN

Bersumber dari laman resmi PLN, biaya pasang sambungan baru PLN, merujuk pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 31 dan 33 pada tahun 2014.

Terdapat biaya penyambungan, uang jaminan langganan, biaya lain-lain, dan ketentuan lainnya. Seperti Biaya Guna Penyambungan (BP), Uang Jaminan Sebagai Langganan (UJL), Biaya Materai, dan biaya membeli token listrik atau stroom perdana minimal Rp5.000.

Lantas berapa detail biaya yang perlu Anda siapkan?

Total biaya pasang sambungan listrik baru yang harus Anda bayarkan adalah sebesar Rp1.218.000. Pembayaran tersebut sudah meliputi BP, UJL, biaya materai, kecuali token listrik perdana.

Sementara biaya lain seperti bagian instalasi akan diserahkan kepada pihak PT Perintis Perlindungan Instalasi Listrik Nasional (PPILN).

Demikianlah informasi cara pasang baru PLN secara online tahun 2020 beserta biaya pemasangannya. Kiranya informasi ini membantu Anda.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*