Cara Kirim Foto Meteran Listrik Melalui Layanan WA PLN

Cara Kirim Foto Meteran Listrik Melalui Layanan WA PLN

Cara kirim foto meteran listrik melalui layanan WhatsUp (WA) PLN pada Mei 2020 terbilang simpel saja. Berikut penjelasan & panduannya.

Advertisement

Perusahaan Listrik Negara (PLN) sempat menangguhkan pencatatan meteran listrik pelanggan pascabayar pada Maret dan April lalu sebagai akibat pandemic Covid-19.

Nah, mulai bulan Mei 2020, PLN sudah kembali melaksanakan pembacaan meter secara langsung ke rumah pelanggan. Pembacaan meter oleh petugas pada Mei 2020 ini, adalah untuk mencatat tagihan rekening listrik pada Juni 2020 nanti.

PLN sudah kembali melaksanakan pembacaan meter secara langsung ke rumah pelanggan.
PLN sudah kembali melaksanakan pembacaan meter secara langsung ke rumah pelanggan.

Pelanggan pascabayar tak perlu khawatir. Sebab dalam melaksanakan tugasnya, petugas PLN menjalankan protokol kesehatan menggunakan standar alat pelindung diri sesuai arahah Kementerian Kesehatan.

Kendati demikian, PLN tetap mengajak masyarakat untuk melakukan pembacaan meter secara mandiri. Dengan begitu, maka tak perlu lagi dikunjungi petugas PLN.

Layanan baca meter mandiri PLN ini dapat dipilih pelanggan pascabayar. Caranya adalah dengan mengirim foto meteran melalui aplikasi WhatsApp Messenger PLN 123 dengan nomor 08122 123 123.

Advertisement

Foto meteran berguna sebagai bukti pemakaian listrik kepada pihak PLN melalui foto angka di stand meter. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

LOGIN www.pln.co.id Dapat Token Listrik Gratis Sampai September

Cara Kirim Foto Meteran Listrik

– Siapkan smartphone yang kameranya yang relatif bagus. Saat ini hampir semua kamera smartphone sudah memiliki resolusi tinggi.

– Berjalanlah ke tempat alat meteran Anda berada. Ambil kursi dan arahkan kamera ke angka pemakaian di stand meter. Pastikan angka terlihat dengan jelas. Tidak kabur. Jangan sampai kamera tergoyang.

– Usai memotret, periksalah hasil foto apakah angka meter bisa terbacar atau dilihat dengan jelas.

– Jika gambar sudah okey, bukalah aplikasi WA.

Cara Mencegah Tagihan Listrik Naik Terbaru Mei 2020

Cara Kirim Foto Meteran Listrik

Loading...

– Selanjutnya kirimkan foto stand meter tersebut ke nomor WA layanan PLN yaitu 08122123123. (Baiknya Anda menyimpan nomor WA PLN dulu dalam kontak telepon Anda).

– Setelah pesan terkirim, PLN lalu akan mengecek angka pemakaian dalam foto tersebut. Lalu PLN akan mengirimkan detail pemakaian listrik ke nomor WA Anda yang harus dibayarkan.

– Silahkan pilih cara pembayaran. Apakah Anda hendak membayar tagihan di loket pembayaran, ATM, atau melalui mobile banking atau e-wallet. Selesai.

Nah patut Anda ingat, pelaporan baca meter mandiri ini hanya bisa dilakukan pada tanggal 24 sampai dengan 27 setiap bulannya.

Jadi bila Anda mengirim foto meteran listrik di luar tanggal tersebut, maka pelaporan Anda tidak akan diproses.

4 Cara Cek Tagihan Listrik PLN Terbaru Mei 2020

Bagaimana bila Anda tidak melakukan pelaporan mandiri dan rumah Anda belum didatangi petugas penagih listrik?

Jika seperti itu, maka sesuai keterangan resmi dari pihak PLN, maka tagihan listrik Anda akan dihitung berdasarkan pemakaian rata-rata dalam 3 bulan terakhir.

Nah bagi Anda pelanggan pascabayar yang mendapatkan stimulus listrik gratis atau diskon 50 persen, maka tidak perlu pergi membayar tagihan Anda karena sudah otomatis gratis.

Advertisement

Pelanggan yang mendapatkan listrik gratis dan diskon adalah pengguna 450 VA dan 900 VA yang tercatat kurang mampu.

Nah, begitulah cara kirim foto meteran listrik melalui layanan WhatsUp (WA) PLN pada Mei 2020. Kiranya informasi di atas memberi manfaat.

Advertisement

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*