Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4, Login dashboard.prakerja.go.id/daftar

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Login dashboard.prakerja.go.id daftar

Cara daftar kartu prakerja gelombang 4 melalui login ke dashboard.prakerja.go.id/daftar cukup mudah dilakukan. Berikut cara pendaftaran prakerja di akhir Juli 2020.

Advertisement

Apa Itu Kartu Prakerja

Kartu Prakerja adalah program Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan kompetensi Warga Negara Indonesia (WNI) dengan biaya pelatihan ditanggung pemerintah.

Program ini ditujukan kepada WNI berusia 18 tahun ke atas yang tidak sementara sekolah atau kuliah, dan khusus bagi mereka yang terkena dampak wabah COVID-19.

Metode pelatihan yang dilaksanakan berbasis online ini, memberikan pilihan pelatihan dari sejumlah platfrom digital. Yaitu Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu dan Sisnaker.

Program Kartu Prakerja membuka pendaftaran dengan kuota 164 ribu orang per-minggunya. Dengan target sekitar 5.6 juta pendaftar selama tahun 2020.

Daftar Kartu Prakerja Login dashboard.prakerja.go.id daftar
Daftar Kartu Prakerja Login dashboard.prakerja.go.id daftar

Dari website resmi Kartu Prakerja disebutkan, syarat pendaftaran yaitu harus WNI dengan usia minimal 18 tahun serta sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Advertisement

Manfaat Kartu Prakerja ini yaitu Anda akan mendapatkan pelatihan secara online maupun offline yang biaya pelatihan ditanggung oleh pemerintah. Ilmu yang Anda peroleh, bisa bermanfaat ketika mencari kerja atau menciptakan lapangan pekerjaan.

Syarat Mendapatkan Kartu Prakerja Insentif 3,5 Juta

Anda juga akan diberikan sertifikat yang diakui oleh Lembaga pemerintah atau pihak swasta yang bermanfaat untuk mencari pekerjaan atau membuka usaha.

Manfaat selanjutnya yaitu Anda akan mendapatkan insentif sebesar Rp3.550.000 dengan rincian biaya pelatihan Rp. 1.000.000, insentif pasca pelatihan Rp. 600.000 selama 4 bulan.

Ada juga insentif survei kebekerjaan Rp150.000 untuk tiga kali survey. Insentif akan dikirim setelah Anda menyelesaikan minimal satu (1) kali pelatihan.

Cara Login dashboard.prakerja.go.id/daftar 

Pendaftaran Kartu Prakerja sudah dibuka sejak April 2020. Sejauh ini sudah dilaksanakan 3 gelombamg. Pendaftaran gelombang 4 akan dibuka di akhir Juli 2020 ini.

Nah, sebelum Anda melakukan pendaftaran, berikut sejumlah hal yang perlu Anda siapkan.

– Foto KTP

Loading...

– Foto selfie diri yang memegang KTP

– Siapkan email

– Nomor telepon

Pastikan foto KTP dan foto selfie tidak melebihi 5 MB. Jika lebih, maka silahkan kompres atau kecilkan foto terlebih dahulu. Anda bisa screenshoot foto saja agar langsung otomatis ukuran gambar menyusut.

Jika semua persiapan di atas sudah dilakukan, berikut tahapan pendaftaran yang harus Anda ikuti:

  1. Siapkan HP atau komputer yang terhubung baik dengan internet.
  2. Login ke dashboard.prakerja.go.id/daftar.
  3. Karena Anda belum pernah mendaftar sebelumnya, maka klik Daftar.
  4. Masukkan alamat email, password dan konfirmasi password. Centang bahwa Anda menyetujui syarat dan ketentuan. Lalu klik daftar.
  5. Link verifikasi akun telah dikirimkan ke email Anda. Segera buka email Anda.
  6. Link verifikasi akan masuk ke kotak masuk email Anda. Klik verifikasi email sekarang.
  7. Email Anda kemudian tertulis sudah terverifikasi di platform Kartu Prakerja. Klik tombol lihat dashboard.
  8. Langkah selanjutnya adalah Anda harus memverifikasi KTP Anda. Masukkan nomor induk penduduk dan tanggal, bulan, tahun lahir Anda.
  9. Isi data diri Anda. Masukkan email, nama lengkap, alamat sesuai KTP, jenis kelamin, pendidikan terakhir, dan status sedang bekerja/tidak bekerja.
  10. Pilih foto KTP dan foto selfie Anda dengan KTP. Lalu klik lanjutkan.
  11. Masukkan nomor telepon Anda yang sedang aktif.

Daftar Kartu Prakerja Lewat Login www.prakerja.go.id, Dapat 3,5 Juta

Ikut Tes Prakerja

Nah, setelah semua langkah pendaftaran di atas sudah selesai dibuat, maka artinya Anda sudah berhasil memiliki akun Kartu Prakerja.

Tahap selanjutnya adalah Anda harus mengikuti Tes Motivasi dan Matematika Dasar. Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang Anda miliki.

Penggunaan alat tulis seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal. Pastikan Anda mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang dipilih.

Advertisement

Sesudah itu, data dan hasil tes Anda akan dinilai. Tim akan mengirim hasil penilaian ke email Anda. Apakah Anda berhasil lulus tes atau belum.

Jika Anda belum lolos, maka Anda bisa mengikuti tes kembali dengan akun yang telah Anda daftarkan.

Nah lantas tunggu apalagi? Ayo daftar sekarang! Anda bisa belajar gratis dan mendapatkan insentif.

Kartu Prakerja hanya menerima untuk kuota 164 ribu orang per-minggunya. Dengan sekitar 5.6 juta pendaftar selama tahun 2020.

Demikianlah informasi cara daftar kartu prakerja gelombang 4 melalui login ke dashboard.prakerja.go.id/daftar yang terbilang simpel. Semoga berguna.

Advertisement

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*