Syarat Mendapatkan Kartu Prakerja Insentif 3,5 Juta

Syarat Mendapatkan Kartu Prakerja Insentif 3,5 Juta

Ada berbagai syarat yang perlu disiapkan untuk mendapatkan Kartu Prakerja. Jika semua syarat sudah terpenuhi, maka Anda akan memperoleh insentif sebesar 3,5 juta.

Advertisement

Kartu Prakerja merupakan program Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas Warga Negara Indonesia (WNI) melalui pelatihan. Biaya ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah.

Awalnya, pemerintah memplot Rp10 triliun Kartu Prakerja bagi pencari kerja. Namun imbas wabah Corona saat ini, anggaran Kartu Prakerja sudah ditingkatkan menjadi 20 triliun.

Kartu Prakerja ini diberikan khusus kepada pekerja yang terkena pemutusan kerja dan kepada pelaku usaha yang terdampak Corona.

“Pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp 20 triliun untuk hal ini, kami harap program ini dapat membantu daya beli para pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang mengalami penurunan pendapatan dan/atau kehilangan mata pencaharian,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Syarat Mendapatkan Kartu Prakerja Insentif 3,5 Juta
Syarat mendapat Kartu Prakerja dana 3,5 juta

Pendaftaran Kartu Prakerja sudah dilaksanakan sampai tiga gelombang sejak 11 April 2020 lalu. Pendaftaran gelombang ke 4 (empat) prakerja juga sudah dibuka pada 8 Agustus 2020 ini.

Advertisement

Cara Daftar Kartu Prakerja Online di www.prakerja.go.id Agustus 2020

Lantas bagaimana cara Anda bisa mendaftar dan apa saya yang menjadi persyaratannya?

Syarat Mendapat Kartu Prakerja

1. WNI berusia di atas 18 tahun

Syarat pertama adalah Anda haruslah merupakan warga negeri Indonesia yang berusia di atas 18 tahun. Jika Anda masih di bawah 17 tahun, maka pendaftaran Anda akan ditolak.

2. Tidak sedang menjalani pendidikan formal

Syaratnya kedua adalah Anda tidak sementara dalam proses menjalani pendidikan formal. Artinya Anda bukan dalam status pelajar atau mahasiswa.

3. Pekerja dan pelaku usaha terdampak Corona

Syarat selanjutnya Anda haruslah pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) atau pelaku usaha yang pendapatannya menurun akibat wabah virus Covid-19.

Loading...

Anda bisa mengisi informasi status pekerjaan atau usaha Anda ke laman pendaftaran di website www.prakerja.go.id.

4. Pekerja yang ingin meningkatkan keterampilan

Syarat selanjutnya yang akan dinilai adalah sejauh mana Anda ingin meningkatkan keterampilan Anda. Nantinya ini akan dinilai dalam ten online yang dilakukan pemerintah.

5. Diprioritaskan untuk pencari kerja usia muda

Seperti disebutkan di atas syarat pekerja haruslah minimal 18 tahun. Kendati begitu, Kartu Prakerja ini diprioritaskan kepada penduduk usia muda dalam rentang 20-an dan 30-an.

Kepada mereka yang berusia di atas 40 tahun, pemerintah juga memberikan kesempatan mendapatkan Kartu Prakerja.

Ketentuan

– Untuk dapat melakukan pendaftaran Kartu Prakerja, Anda harus melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu pada di situs https://www.prakerja.go.id/.

– Anda harus menggunakan email atau nomor ponsel yang masih aktif serta mengisi dan memberikan data atau informasi dengan benar. Anda harus menggunakan nama dan data diri sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk yang sah.

– Anda wajib mengikuti tes pada situs untuk memenuhi pendaftaran Kartu Prakerja. Lalu akan diseleksi sesuai data dan informasi yang Anda isi pada situs, hasil tes, dan kuota area yang tersedia.

Advertisement

– Manajemen memiliki kewenangan untuk memberikan persetujuan maupun penolakan atas pendaftaran Anda.

Manfaat

Dapat Ilmu Keterampilan

Anda akan mendapatkan pelatihan secara online maupun offline. Ilmu yang Anda peroleh melalui pelatihan, diharapkan bisa bermanfaat saat Anda mencari lapangan kerja atau menciptakan lapangan pekerjaan.

Terima Sertifikat

Selanjutnya Anda juga akan diberikan sertifikat pelatihan yang diakui baik oleh pemerintah maupun pihak swasta. Sertifikat itu berguna untuk Anda mencari pekerjaan atau membuka usaha.

Diberikan Uang

Anda akan memperoleh dana insentif langsung ke wallet Anda dan yang ditransfer dalam tiga tahap. Total bantuan insentif sebesar Rp3.550.000.

Rinciannya yaitu biaya pelatihan Rp. 1.000.000. Insentif pasca pelatihan Rp. 600.000 per bulan selama empat (4) bulan.

Insentif survei kebekerjaan sebesar Rp.50.000 per survey untuk tiga kali survey atau total Rp. 150.000 per peserta.

Nantinya insentif akan dibayar setelah A nda menyelesaikan minimal satu (1) kali pelatihan. Setiap peserta program hanya dapat mengikuti program sebanyak satu kali.

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4, Login dashboard.prakerja.go.id/daftar

Cara Pendaftaran

Untuk mendaftarkan diri di situs Kartu Prakerja, Anda perlu pengunjungi link www.prakerja.go.id. Lalu bagaimana cara mendapatkan Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id?

1. Siapkan komputer atau smartphone yang terhubung baik dengan internet.

2. Buka link website Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id. Anda akan masuk di laman utama.

3. Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Setelah akun dibuat, Anda dapat langsung mendaftar di www.prakerja.go.id. Silahkan isikan biodata lengkap Anda beserta dengan email dan nomor telepon yang aktif.

4. Tim Project Management Office (PMO) selanjutnya memberikan penilaian terhadap biodata dan pengalaman kerja Anda. Mereka akan menentukan Balai Latihan Kerja (BLK) apa menjadi tempat tes Anda.

5. Hasil tes kemudian Anda akan dikirimkan ke email yang Anda daftarkan. Jika Anda diterima, maka Anda akan diberikan akses ke akun Kartu Prakerja Anda yang sudah berisi saldo Prakerja.

Namun jika Anda tidak diterima, maka bisa mendaftar lagi menggunakan akun yang sudah ada. Anda tinggal mengikuti tahap tes selanjutnya dan menunggu pemberitahuan di email untuk hasilnya.

Nah, itulah berbagai syarat yang perlu disiapkan untuk mendapatkan Kartu Prakerja. Segera penuhi semua persyaratan supaya Anda bisa lolos mengikuti pelatihan dan mendapat insentif sebesar 3,5 juta. Semoga berguna.

Advertisement

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*