Kenapa Jaringan Indosat Lemot Hari Ini Desember 2022? Ini Cara Mudah Mengatasinya

5
(10000)

Banyak warganet mempertanyakan kenapa jaringan Indosat lemot hari ini Desember 2022? Padahal sudah jaringan 4G. Ini cara mudah mengatasinya.

Kenapa Jaringan Indosat Lemot Hari Ini 2022, Ini Cara Mudah Mengatasinya

Indosat adalah salah satu operator seluler terbesar di Indonesia. Apalagi setelah merger dengan Tri, perusahaan ini semakin mantap dalam persaingan pasar komunikasi dan internet di Indonesia.

Hanya saja seperti halnya provider seluler lain, kadang-kadang jaringan internet Indosat melambat atau lemot. Ini membuat para pelanggannya merasa kurang nyaman saat berselancar di dunia maya.

Nah perlu Sobat ketahui, sebetulnya ada sejumlah penyebab kenapa kecepatan internet Indosat menjadi lambat. Bisa saja masalah dari smartphone Sobat atau memang dari Indosat sendiri.

Nah berikut kami sajikan sejumlah penyebab dan solusinya bersumber langsung dari laman resmi Care Indosat Ooredoo.

Telkomsel Gangguan Hari Ini, Ini Solusinya

Kenapa Jaringan Indosat Lemot Hari Ini 2022?

Jaringan internet di HP Sobat mengalami masalah atau sangat lambat. Padahal Sobat berada dalam kawasan jaringan 4G Indosat.

Mungkin juga di hari ini tahun 2022 Sobat sudah menggunakan paket freedom internet Indosat. Namun tetap saja internetnya lemot bahkan tidak dapat mengakses internet.

Ini sejumlah penjelasan resmi dari pihak Indosat lengkap beserta cara mengatasinya.

1. Penyebab pertama bisa saja nomor yang Sobat gunakan sudah tidak aktif. Walaupun Sobat baru saja isi pulsa dan kuota, namun bila nomor sudah melewati masa aktif, maka internet pasti tidak akan jalan.

Oleh karena itu pastikan nomor Indosat Sobat masih dalam masa aktif. Pastikan juga masih memiliki pulsa yang cukup atau telah melakukan pembayaran tagihan (pascabayar).

2. Kuota internet sudah habis. Untuk memastikannya, silahkan Sobat cek sisa kuota Sobat melalui aplikasi myIM3, atau UMB *123#, dan bisa juga melalui SMS dengan mengetik ‘USAGE’ kirim ke 363.

3. HP Sobat mengalami gangguan. Jalan keluarnya dengan me-refresh jaringan pada HP / Device Sobat. Silahkan mengaktifkan mode pesawat (airplane mode) pada HP / Device Sobat selama 10-20 detik, kemudian matikan kembali modus pesawat tersebut.

4. Pastikan Sobat telah memilih mode jaringan yang single network 2G/3G/4G only. Cobalah di perangkat yang lain apabila ada.

Cara Transfer Kuota Internet Telkomsel Melalui MyTelkomsel 2022

Cara Mengatasi Jaringan Indosat Lemot dengan Setting APN

Selanjutnya adalah Sobat harus memastikan pengaturan APN pada ponsel Sobat sudah benar. Pengaturan APN dari laman resmi Indosat adalah sebagai berikut:

APN name: Indosatgprs
username: dikosongkan
password: dikosongkan.

Petunjuk pengaturan APN 4G Indosat.

Setting APN di ponsel Android:
Settings > Mobile Network Setting > Access Point Names > Isi pengaturan APN baru Sobat. Ketik ‘Internet’ dan kosongkan username serta password Sobat.

Setting APN di ponsel iOS:
Menu Settings > Cellular > Cellular Data Options > Cellular Data Network, lalu isi pengaturan APN Sobat.

Cara Menghemat Kuota Internet Indosat

Cari Area Terjangkau Jaringan 4G

Selanjutnya kenapa internet Indosat lambat adalah lantaran lokasi atau ruangan Sobat tak terjangkau jaringan Indosat. Misalnya Sobat lagi berada dalam ruangan tertutup.

Solusinya adalah dengan mencoba berpindah ke ruangan / lokasi yang memiliki koneksi jaringan lebih kuat. Misalnya, pindah dari basement ke area yang lebih terbuka.

Kemudian bisa juga karena gangguan pada aplikasi atau situs web. Cara mengatasinya adalah dengan mengecek dan pastikan apakah akses internet ini hanya terjadi di salah satu aplikasi / web saja atau ke semua layanan yang ada di ponsel.

Apabila akses internet yang terasa lambat ini hanya muncul ketika mengakses salah satu aplikasi atau situs web, maka cek kembali apakah ada pengumumuan resmi dari penyedia aplikasi atau web bahwa sedang ada perbaikan atau pemeliharaan.

Apabila Sobat masih sudah mengikuti petunjuk di atas namun masih mengalami kendala yang sama, maka kemungkinan masalah berada pada pemancar sinyal Indosat atau pada server pusat Indosat.

Cara agar internet normal kembali yakni tentu dengan menunggu sejenak sampai pihak Indosat memperbaiki gangguan atau error yang terjadi.

Cara Menggunakan Kuota Utama Indosat Unlimited

Hubungi Call Center Indosat

Sobat juga dapat menghubungi layanan Indosat melalui call atau contact center di bawah ini:

Situs Web: www.Indosatooredoo.com

myIM3: Indira on myIM3

Twitter: @Indosatcare

Email: cs@indosatooredoo.com

Telepon: 185 untuk pelanggan prabayar Rp. 1000 perpanggilan / pascabayar (gratis)

Jika Sobat memiliki pertanyaan atau informasi lainnya, silahkan tuliskan di kolom komentar untuk kita berdiskusi bersama

Demikianlah ulasan kami mengenai kenapa jaringan Indosat lemot hari ini Desember 2022, padahal sudah jaringan 4G. Mudah-mudahan solusi di atas bisa mengatasi masalah gangguan internet Indosat. Terima kasih.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Indosat itu lemot dari pertama saya menggunakan sampai sekarang…coba cek daerah parakan temanggung jateng….lemot gak ketulungan dr dulu bukan cuma sekarang paham….

  • Proses integrasi jaringan Indosat dan tri terlalu lambat, harusnya momen lebaran bisa buat menunjukkan kemampuan jaringan IOH, padahal dulu Indosat sudah punya pengalaman integrasi jaringan antara IM3 Smart dan Satelindo

  • Bukan cuma hari ini tp mulai awal ramdhan, bayangin paket 100 GB yg terpakai cuma sekitar 20 GB itupun pakenya seperti nungguin kaki 1.000 pakai sepatu.
    Lemot maxxx, kita lakukan pengaduan ke call center malah diarahkan ke Robot sok pintar…. Setelah masa paket betakhir sy putuskan bercerai dng indosat.

  • Dari dulu sebulan 2x aku lapor ke indosat karna jaringan sangat lemot padahal jarak bts cuma jauhnya 3km,, bertahun tahun,, karna nomor banyak terkoneksi ke akun2 malas untuk menggantinya ganti hp sudah? Restar hp sudah? Pengaturan apn aman,,? Lapor sampe malas ku,, bentar2 lapor,, tapi knapa tidak ada tindakanya,,,,apa mungkin karna asing yg punya,,,,,