Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Cara Daftar SBMPN Politeknik LOGIN sbmpn.politeknik.or.id

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk politeknik Negeri (SBMPN) 2020 resmi dibuka 19 Mei 2020. Sobat bisa daftar SBMPN Politeknik LOGIN sbmpn.politeknik.or.id.

SBMPN merupakan jalur seleksi bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi, khususnya Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Tahun 2020 ini, istilah UMPN berganti nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN). Seleksi ini dilaksanakan berdasarkan pada UU No. 12 Tahun 2012, PP No. 66 dan PP No. 34 Tahun 2010.

Meski terdapat perubahan penamaan, namun mekanisme dan proses seleksi jalur ini masih sama seperti UMPN yang diikuti oleh 42 politeknik negeri se-Indonesia.

Dari tahun ke tahun jumlah peserta jalur penerimaan ini meningkat. Pada tahun 2019, tercatat sejumlah 42 politeknik yang mengikuti seleksi ini.

Dilansir dari website Kemdikbud, SBMPN tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak untuk lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020.

Yang akan dinilai yaitu prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Madrasah Aliyah dan Kejar Paket C.

BACA JUGA!  BNI Prakerja Tidak Bisa Diakses, Ini Cara Mengatasinya

Hanya saja, akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, membuat tata cara pendaftaran dibuat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Mekanisme seleksi penerimaan mahasiswa baru di seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia mengalami perubahan. Termasuk jalur SBMPN.

Seleksi SBMPN Melalui Portofolio

Pada awalnya, seleksi direncanakan akan melalui mekanismen skema ujian. Hanya saja, di masa pandemi ini, seleksi berubah dan dilaksanakan berbasis portofolio.

Walaupun begitu, SBMPN pada masa pandemi ini tetap dilakukan semaksimal mungkin. Seleksi tetap berjalan dengan memerhatikan kualitas sebaik-baiknya.

Seleksi ini bisa diikuti oleh siswa Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Madrasah Aliyah dan Kejar Paket C yang lulus pada tahun 2018, 2019 dan 2020.

Selain itu, jalur SBMPN ini tetap akan mengakomodir calon peserta/siswa yang berasal dari keluarga dengan ekonomi kurang mampu. Juga mereka yang berprestasi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi yang kini berubah menjadi KIP-Kuliah.

Kemendikbud mengajak generasi muda Indonesia menentukan jurusan sesuai passion, minat dan bakatnya. Dengan memilih program studi sesuai dengan passion dan harus disertai visi yang jelas.

BACA JUGA!  Cara Buat Rekening BNI Prakerja Online, Login e-form.bni.co.id

Keunggulan SBMPN

Ada banyak keunggulan jalur SBMPN ini. Seperti ditawarkan prodi Sarjana Terapan (D4) dan prodi D3. Untuk Sarjana Terapan, yang se-level S1, menerapkan komposisi pembelajaran minimal 60% Praktek dan 40% Teori, sama dengan prodi D3.

Oleh karena itu, calon mahasiswa harus bisa menentukan passion, apakah condong ke praktikal dan penerapan ilmu pengetahuan, atau condong ke analisis dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Sebagian besar lulusan vokasi akan terjun dan mewarnai dunia kerja secara signifikan, dan sebagian lain yang menginginkan studi lanjut, maka bisa melanjutkan ke Magister (S2) Terapan.

Studi lanjut tersebut sudah mulai banyak dibuka di Indonesia. Bisa juga melanjutkan di kampus-kampus ternama di luar negeri. Kelak dapat melanjutkan ke jenjang Doktor (S3) Terapan.

Mendikbud Nadiem Makariem mengatakan, dunia pendidikan harus benar-benar menikah dengan industri dan dunia kerja. Artinya pendidikan tinggi vokasi, harus terus melakukan inovasi dan terobosan untuk berkolaborasi, serta mengoptimalkan link & match dengan industri & kerja.

BACA JUGA!  Belajar di Rumah Dengan Kuota Edukasi Smartfren Gratis

Cara Daftar SBMPN

– Login ke laman resmi sbmpn.politeknik.or.id.

– Selanjutnya klik daftar sesuai kotak biru dalam gambar.

Daftar SBMPN Politeknik 2020 LOGIN sbmpn.politeknik.or.id

– Klik registrasi.

– Masukkan NISN dan centang kode captcha lalu klik cek NISN.

– Perlu diketahui bahwa siswa yang bisa mendaftar adalah siswa yang memiliki NISN terdaftar di Dapodik Kemendikbud. Kesalahan data NISN harap diperbaiki terlebih dahulu di Kantor Dinas Pendidikan terkait.

– Setelah dicek dan NISN terdaftar, maka Anda sudah bisa daftar akun. Ikuti petunjuk selanjutnya.

– Sesudah akun berhasil didaftarkan, maka silahkan login menggunakan username dan password.

– Selanjutnya pendaftar akan diarahkan untuk memasukkan data secara online. Ikuti langkah-langkah pendaftaran selanjutnya.

Selain mengakses laman sbmpn.politeknik.or.id, peserta dapat juga menghubungi Politeknik Negeri terdekat yang tergabung dalam SBMPN.

Nah demikianlah informasi cara daftar SBMPN politeknik tahun 2020 dengan LOGIN ke sbmpn.politeknik.or.id. Semoga sonat lolos seleksi.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Makasih atas informasinya untuk sbmpn ini. Bisa nggk ikut SBMPN sama SBMPTN, maksudnya ikut kedua-duanya.